Platform Berbasis “Interest” Twitter Klaim Peningkatan Percakapan dan Pengguna Aktif

Platform Berbasis “Interest” Twitter Klaim Peningkatan Percakapan dan Pengguna Aktif

Sebagai negara dengan jumlah pengguna media sosial terbesar di Indonesia, Twitter mencatat, Indonesia merupakan pengguna aktif terbanyak Twitter, dibandingkan negara tetangga. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia menyukai berbagai platform media sosial, termasuk Twitter yang kini sudah bertransformasi menjadi conversational platform yang berbasis minat dari penggunanya.

Country Industry Head Twitter Indonesia Dwi Adriansah mengungkapkan, kekuatan Twitter adalah, mampu menjadi platform Go-To bagi penggunanya untuk mencari informasi terbaru, rekomendasi hingga melakukan pembelian. Jumlah tersebut dalam beberapa tahun terakhir diklaim makin meningkat.

“Kami mencatat secara global pengguna harian Twitter bertambah jumlahnya mulai dari kuartal pertama tahun 2018 hingga kuartal ketiga tahun 2019. Di Indonesia sendiri kebanyakan pengguna mencari inspirasi (39%), melakukan pembelian (94%) dan berbagi informasi (48%) memanfaatkan Twitter.”

Berbagai fitur yang ditawarkan sudah mulai banyak digunakan oleh pengguna. Di antaranya adalah Twitter for Business, Live Video hingga fitur pencarian atau Trending Topics yang menjadi unggulan dari Twitter. Bukan hanya digunakan untuk mencari informasi terkini dan apa yang terjadi disekitar, fitur tersebut juga sudah mulai banyak dimanfaatkan oleh brand hingga UKM untuk mengakuisisi pelanggan hingga mempromosikan brand.

“Selain secara organik, kini sudah banyak UKM hingga brand besar memanfaatkan fitur Twitter for Business untuk mempromosikan bisnis mereka. Mulai dari meluncurkan produk baru, fitur tersebut juga mulai banyak dimanfaatkan untuk menjalin engagement langsung dengan pelanggan,” kata Dwi.

Disinggung berapa besar jumlah UKM hingga brand besar yang telah menggunakan Twitter for Business, Dwi enggan menyebutkan lebih lanjut. Namun demikian berbagai macam industri diklaim sudah banyak yang memanfaatkan fitur tersebut, karena sifatnya yang viral dan tentunya real time. Untuk Live Video sendiri Twitter mencatat pertumbuhannya meningkat hingga tiga kali lipat year-on-year (YoY) khusus untuk pengguna di Indonesia.

“Kami melihat Live Video dari Twitter juga mulai banyak digunakan oleh brand untuk menampilkan kegiatan internal mereka atau acara off air kepada publik. harapannya tentu saja untuk memperluas jangkauan audiens memanfaatkan Twitter,” kata Dwi.

Tahun 2020 mendatang perusahaan memiliki visi dan target untuk bisa menjadi platform ideal bagi brand hingga UKM yang ingin mempromosikan bisnis dan menjalin engagement lebih besar lagi dengan target pengguna mereka. Twitter juga bersedia untuk mendampingi pihak-pihak yang membutuhkan, terkait penggunaan hingga pemanfaatan fitur yang tersedia dalam platform.

Meningkatnya pencarian produk wisata dan belanja online

Secara keseluruhan sekitar 83% dari pengguna Twitter di Indonesia melakukan pencarian dan membeli produk secara online. Dari hasil analisa yang dilakukan oleh Twitter tercatat, ada 9 kategori produk yang paling banyak dicari oleh pengguna. Di antaranya adalah fesyen dan aksesoris (69%), produk terkait travelling (54%) serta kecantikan dan perawatan pribadi (50%), mobile phone (44%), consumer electronics (41%), restaurant / takeaway delivery (40%), groceries dan makanan kemasan (32%), buku, film dan musik (30%), home furnishing dan dekorasi (26%).

Jumlah Tweet yang diunggah seputar produk terkait perjalanan mengalami peningkatan hingga 3 kali lipat menjelang akhir tahun. Sementara jumlah Tweet yang berisikan informasi seputar belanja online atau produk terkait didalamnya mengalami peningkatan hingga dua kali lipat, mulai dari bulan Oktober hingga Desember. Membuktikan bahwa percakapan seputar produk terkait cukup efektif dan bisa dimanfaatkan oleh brand yang ingin melakukan promosi. Secara demografi Twitter juga mencatat, kebanyakan pengguna Twitter yang aktif di Indonesia berasal dari kalangan muda. Sebanyak 80% pengguna yang berusia 18-35, cukup aktif mencari informasi hingga mengunggah Tweet mereka dalam platform.

Mengedepankan konsep Interest, yaitu informasi yang direkomendasikan oleh Twitter mengedepankan minat dan kesukaan dari pengguna, Twitter mampu menghubungkan brand dengan pengguna tersebut. Twitter mengklaim mulai dari melakukan pencarian produk hingga melakukan pembelanjaan dan pemberian testimoni produk yang sudah dibeli, kebanyakan dituangkan sebagai Tweet di twitter.

“Sebagai platform berbasis minat yang bersifat publik, digabungkan dengan fakta bahwa pengguna Twitter Indonesia merupakan mobile shopper dan social shopper, menjadikan Twitter platform ideal untuk meluncurkan kampanye atau produk baru, sekaligus untuk terhubung dengan audiens brand mereka pada momen liburan akhir tahun,” tutup Dwi.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…