Qazwa X Qasir, Perkuat Ekosistem Keuangan Islam untuk Pengusaha Mikro

Qazwa X Qasir, Perkuat Ekosistem Keuangan Islam untuk Pengusaha Mikro

Bersama makin #JadiManfaat. Begitulah semangat yang terus dipupuk oleh Qazwa dan Qasir. Dua perusahaan teknologi ini kini saling berkolaborasi untuk memajukan sektor usaha mikro di Indonesia. Bergerak di bidang yang berbeda, kolaborasi keduanya merupakan langkah baik untuk menjawab berbagai kebutuhan pelaku usaha mikro.

“Qazwa dan Qasir memang berbeda dalam cara yang ditempuh untuk memajukan usaha mikro, tetapi sebenarnya visi kami sama, yaitu sama-sama punya niat baik untuk memajukan usaha mikro di Indonesia. Dengan adanya kolaborasi ini kami jadi saling mengisi,” ujar Arman selaku Business Development Manager Qazwa.

Patut diketahui bahwa Qazwa merupakan platform pembiayaan syariah yang bergerak dalam sektor pembiayaan bagi pelaku usaha mikro. Sementara itu, Qasir merupakan platform pengelolaan usaha yang salah satunya menyediakan berbagai kebutuhan barang dagang bagi para pelaku usaha mikro.

“Cara kerjanya sendiri adalah usaha mikro seperti toko retail tradisional, warkop dan sejenisnya yang ingin membeli stok barang dagang kepada Qasir, dapat mengajukan pembiayaan kepada Qazwa. Pihak Qazwa selanjutnya akan membelikan kebutuhan barang dagang kepada Qasir. Barang dagang yang telah dibeli Qazwa kemudian dijual kembali kepada pihak pelaku usaha, dan mereka dapat melakukan pembayaran secara tempo kepada pihak Qazwa sesuai dengan kesepakatan,” ujar Arman.

Pembiayaan tempo menjadi sesuatu yang menarik di sini. Berdasarkan temuan lapangan yang diperoleh kedua platform tersebut, mayoritas toko atau warung tradisional memang membutuhkan pembiayaan tempo untuk menjalankan usahanya. Arman menjelaskan bahwa hal ini sangat berkaitan langsung dengan cash flow dari usaha retail tradisional itu sendiri. “Terkadang usaha mikro ini ingin mengembangkan bisnisnya, akan tetapi mereka tidak mempunyai uang. Atau sebenarnya mereka mempunyai uang, tetapi masih berada di tangan orang lain dalam bentuk piutang. Sedangkan mereka mungkin butuh uang untuk keperluan pemenuhan stok barang dagang toko atau pengembangan bisnisnya. Nah, Qazwa dan Qasir hadir untuk memberi solusi atas permasalahan tersebut,” tukas Arman.

Secara statistik, sekitar 98% UMKM di Indonesia didominasi oleh usaha mikro. Selain itu, kebutuhan sehari-hari masyarakat mulai dari sembako hingga perlengkapan cuci dan mandi pun banyak dipenuhi oleh toko atau warung retail tradisional. Oleh karena itu, usaha mikro yang merupakan tulang punggung dari perekonomian Indonesia ini harus terus didukung perkembangannya.

Selain dalam bentuk pembiayaan serta penyediaan stok barang dagang, ke depan Qazwa dan Qasir juga akan berkolaborasi dalam hal edukasi terkait pembiayaan syariah serta tata kelola usaha mikro. “Meskipun sudah mulai dikenal, terdapat masyarakat yang masih belum memahami apa dan bagaimanakah pembiayaan syariah itu. Qasir sendiri kan juga menyediakan beberapa fitur, seperti pencatatan penjualan dan manajemen usaha. Ini kan sejalan juga dengan prinsip syariah. Surat Al Baqarah (2) ayat 282 sudah mengamanatkan pada kita sekalian tentang praktik pencatatan dalam transaksi keuangan. Bersama dengan Qasir, kami mempunyai lebih banyak kesempatan untuk melakukan edukasi mengenai ekonomi syariah dan juga tata kelola usaha.”

Semangat terus untuk Qazwa dan Qasir untuk memperkuat ekosistem ekonomi keuangan Islam dan #JadiManfaat bagi usaha mikro di Indonesia.

 

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…