Ramaikan BUMN Startup Day, Bank Mandiri dan ICON+ Gandeng Ayoconnect untuk Dukung Pertumbuhan di Lingkup Pembayaran Digital

Ramaikan BUMN Startup Day, Bank Mandiri dan ICON+ Gandeng Ayoconnect untuk Dukung Pertumbuhan di Lingkup Pembayaran Digital

Presiden RI Joko Widodo

Ayoconnect, platform Open Finance terbesar di Asia Tenggara, hari ini menandatangani perjanjian kerja sama dengan Bank Mandiri dan Icon+ di acara BUMN Startup Day yang diselenggarakan di ICE BSD City selama 3 hari, 26-28 September 2022. Lebih lanjut, kerja sama ini diharapkan bisa menjadi tombak kemajuan bagi masing-masing pihak. 

Kerja sama Ayoconnect dengan Bank Mandiri mencakup kerja sama biller sharing dan metode pembayaran menggunakan Mandiri Virtual Account. Kolaborasi ini memungkinkan kedua institusi untuk mengintegrasikan 300+ produk digital dan lebih dari 1,000 perusahaan penyedia tagihan. Lebih lanjut, fitur Mandiri Virtual Account yang dimungkinkan oleh jaringan Ayoconnect diharapkan dapat membantu lebih dari 11 juta nasabah pengguna aplikasi Mandiri Livin’ di penjuru Indonesia. 

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi dari PT Bank Mandiri (Persero) tbk berkomentar, “Kolaborasi antara industri perbankan dan fintech merupakan pondasi kuat untuk ekosistem ekonomi digital yang sehat dan kompetitif. Bank Mandiri terus berkomitmen dalam meningkatkan layanan mobile banking yang aman, mudah, dan cepat untuk mendukung produktivitas nasabah kami.” 

Sinergi antara Bank Mandiri dan Ayoconnect dimungkinkan dari produk API solusi pembayaran dan perbankan milik Ayoconnect yang membangun metode pembayaran baru dengan mengintegrasikan sistem antara bisnis non-perbankan dengan bank. Sebagai informasi, Ayoconnect baru-baru ini menjadi satu-satunya pemain di ekosistem Open Finance yang mendapatkan lisensi Payment Service Provider (PSP) – Penyedia Layanan Pembayaran Kategori 1 dari Bank Indonesia (BI). Lisensi ini menjamin manfaat kredibilitas, kepastian mengikuti regulasi, dan kepatuhan lisensi bank sentral. 

Ayoconnect juga menjalin kerja sama dengan PT. Indonesia Comnets Plus (ICON+) yang merupakan Entitas Anak PT PLN (Persero). Kerja sama ini didukung dan difasilitasi oleh Mandiri Capital Indonesia (MCI) selaku investor dari Ayoconnect. Dalam kerja sama ini, Ayoconnect membuka jalur untuk produk-produk yang dimiliki ICON+ seperti prepaid billing dan post paid billing PLN, billing ICONNET serta non tagihan listrik lainnya kepada jaringan yang dimiliki Ayoconnect, yang tentunya berdampak dalam peningkatan transaksi bulanan untuk ICON+. 

Ari Rahmat Indra Cahyadi Direktur Utama PLN ICON+ mengatakan, “Tingkat penetrasi internet di Indonesia tahun 2022 mencapai 77,02% dengan lebih dari 210 juta masyarakat terkoneksi

internet. Namun demikian, 75% dari total pengguna tercatat belum memasang jaringan fixed broadband di rumah. Kerja sama antara Ayoconnect dan ICON+ merupakan kolaborasi sinergis yang bertujuan tidak hanya untuk memperluas jaringan fixed broadband yang handal dan cepat, namun meningkatkan pengalaman melakukan transaksi digital.” 

Dalam tahap awal, integrasi ICON+ ke dalam jaringan Ayoconnect memberikan akses produk digital seperti PLN pre-paid, PLN post-paid, dan pembayaran internet Iconnect dari ICON+ untuk ditawarkan kepada rekanan Ayoconnect. Untuk melengkapi kerja sama tahap ini, Digital Products (PPOB) dan Bill Payment besutan Ayoconnect juga akan diadopsi oleh ICON+ untuk memberikan kemudahan bagi pengguna ICON+ dalam melakukan berbagai transaksi produk digital dari 25 kategori melalui aplikasi ICON+. 

Dennis Pratistha selaku Direktur Investasi dari Mandiri Capital Indonesia menyambut senang kerja sama ini dan mengatakan, “Ayoconnect sangat serius dalam menggarap API Open Finance yang dikembangkannya. Hadirnya ICON+ ke dalam jajaran biller Ayoconnect mampu menambah daya tarik dan tingkat transaksi dari semua rekan di jaringan Ayoconnect, sebaliknya ICON+ juga bisa menambahkan berbagai produk digital yang telah tersedia di API Ayoconnect ke dalam aplikasi mereka. Kerja sama ini tentunya memberikan dampak yang sangat positif untuk kedua belah pihak.” 

Sinergi antara Ayoconnect dan Bank Mandiri serta Ayoconnect dan ICON+ dalam memperluas akses ke Open Banking dan solusi pembayaran dipercaya akan mengakselerasi misi bersama masing-masing perusahaan dalam meningkatkan inklusi keuangan masyarakat sekaligus mencapai pemulihan ekonomi Indonesia. 

Menyambut bangga dua kerja sama yang terjadi dalam semarak BUMN StartUp Day, Jakob Rost, selaku Founder dan CEO Ayoconnect mengatakan, “Kolaborasi dari berbagai sektor industri dan fintech memiliki potensi yang luar biasa dalam meningkatkan inklusi keuangan masyarakat sekaligus mengakselerasi pertumbuhan bisnis perusahaan berbagai skala. Ke depannya, kami akan terus menggandeng lebih banyak institusi untuk bergabung dalam jaringan API Ayoconnect dan berkontribusi dalam akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional,”. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again