RateS Melakukan Terobosan untuk Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat melalui Konsep Inklusivitas di Social Commerce

RateS Melakukan Terobosan untuk Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat melalui Konsep Inklusivitas di Social Commerce

Pertumbuhan social commerce di dunia terus mengalami tren peningkatan, hal ini terlihat dari semakin tingginya transaksi jual beli yang terjadi melalui platform digital. Banyak masyarakat menganggap social commerce adalah proses jual-beli produk melalui media sosial, namun sebenarnya social commerce memiliki banyak konsep.

Platform media sosial seperti Instagram dan Facebook, misalnya, memungkinkan terciptanya social commerce di mana masyarakat mendapatkan pengalaman berbelanja langsung melalui platform, dari mencari produk, hingga melakukan pembayaran, meskipun yang terakhir mungkin hanya dapat dilakukan di negara-negara tertentu.

Disisi lain ada juga yang mendefinisikan social commerce sebagai metode untuk mendorong pembeli dan penjual dalam mempromosikan dan menjual produk maupun layanan mereka, serta mendiskusikan pengalaman belanja online mereka di forum dan komunitas.

Disamping itu, juga ada platform yang berfungsi sebagai “social commerce enablers”, dimana mereka menawarkan layanan yang membantu pengguna untuk membuat toko online dan menghubungkan bisnis mereka di banyak platform e-commerce dan media sosial.

Bagaimanapun juga, sebagian besar platform social commerce yang sudah dikenal masyarakat saat ini, umumnya hanya memfasilitasi pengguna yang telah memiliki produk. Sementara itu, masih banyak masyarakat Indonesia, terutama mereka yang tinggal di pedesaan tidak memiliki akses untuk mendapatkan produk yang hendak dijual.

Oleh karena itu RateS hadir sebagai platform yang membantu reseller untuk dapat terkoneksi dengan layanan terintegrasi dan mendapatkan akses ke berbagai pilihan produk langsung dari pihak produsen, tanpa perlu memikirkan proses pengiriman barang dari produsen hingga ke gudang yang akan menjadi pick up point.

Melalui RateS, reseller hanya perlu memilih dan mempromosikan produk yang akan dijual, dan ketika produk tersebut terjual, RateS akan bertanggung jawab dalam proses logistik hingga produk tersebut diterima oleh konsumen.

RateS mengedepankan kerjasama sebagai kunci

RateS menyediakan konsep layanan yang inklusif secara sosial dan ekonomi, dimana RateS memberikan support secara langsung dengan membekali reseller dengan berbagai hal yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis, termasuk juga menciptakan ekosistem yang saling mendukung.

Pertanyaan selanjutnya yang mungkin muncul adalah, apakah reseller dapat menggunakan platform ini secara efektif? Bagaimana mereka akan belajar menjalankan bisnis menggunakan platform yang telah disediakan?

RateS membangun jaringan yang unik di mana mereka dapat bergabung dan melatih reseller maupun agen dari komunitas yang berbeda. Dalam pelatihan ini, mereka mengajarkan bagaimana cara menjual kembali produk-produk e-commerce, FMCG, serta produk digital lain seperti paket data internet, baik online maupun offline.

Setelah pengguna bergabung menjadi reseller RateS, mereka akan tergabung dalam sebuah tim, dimana reseller terbaik dipilih menjadi ketua tim. Selanjutnya mereka akan bekerjasama dalam tim. Reseller akan dibimbing untuk menggunakan Facebook marketplace, Instagram, atau saluran lainnya sebagai sarana untuk dapat mempromosikan produk mereka. Sedangkan untuk metode penjualan secara offline, para reseller bisa menjadi point of contact (POC)  bagi komunitasnya di daerah seperti pedesaan.

Mengenai metode point of contact (POC), koordinasi antar tim yang baik, menjalin relasi, serta reputasi  menjadi kuncinya. Ketua Tim akan bertindak sebagai pembina dan menjadi pick up point bagi reseller di area tersebut, serta bertanggung jawab mengkonsolidasi seluruh anggota tim, juga pesanan yang diterima. Metode ini akan memungkinkan Pesanan dapat diambil dan dikirim langsung dalam jumlah besar, sehingga lebih ekonomis dibandingkan dengan pengiriman dalam jumlah kecil terutama ke daerah pedesaan terpencil.

Sebagai bentuk dukungan bagi reseller, RateS bertanggung jawab untuk mengirimkan produk yang telah dipesan dari produsen, hingga ke gudang terdekat. Sebagai catatan, RateS menyediakan gudang yang dapat menyimpan produk, dan memastikan proses logistik dan penyediaan barang bagi reseller dapat berjalan dengan baik.

RateS memiliki beberapa gudang yang menjadi mitra di berbagai kota seperti Sumatera, Jawa dan Sulawesi, dan selanjutnya akan dikembangkan hingga Kalimantan dan Nusa Tenggara.

Sebagai ringkasan, strategi RateS dengan memberdayakan reseller di berbagai daerah pedesaan, serta dukungan logistik dan tempat penyimpanan, telah dapat menjadi solusi untuk mengatasi tantangan distribusi ke kota-kota yang berada di tier-2 dan tier-3. Hingga saat ini, RateS telah memiliki lebih dari 500.000 reseller  yang tersebar di 400 kota di Indonesia.

RateS membantu reseller untuk meningkatkan pendapatan dan daya saing

Dengan membantu masyarakat mendapatkan produk yang dapat dijual, dan menyediakan dukungan logistik serta ekosistem kolaboratif, RateS telah menciptakan dampak sosial yang signifikan bagi masyarakat di pedesaan.

Jake Goh, Co-Founder dan CEO, RateS, menyatakan bahwa social impact yang tercipta dari platform RateS sejalan dengan konsep social inclusion, yang dapat mendukung masyarakat, terutama mereka yang kurang beruntung, untuk dapat meningkatkan mata pencaharian dan memiliki kesejahteraan yang lebih baik.

“RateS bertujuan menjadi pintu gerbang bagi masyarakat, terutama mereka yang memiliki tingkat ekonomi rendah untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, dengan memberi mereka kesempatan, akses ke sumber daya, dan dukungan ekosistem, sehingga mereka dapat mulai mendirikan dan menjalankan sebuah usaha,” ucap Goh.

Melalui sistem yang terintegrasi, hingga saat ini RateS telah berhasil membantu para istri pengemudi ojek online, pemilik warung, dan ibu rumah tangga yang ingin menjadi reseller. Dan, untuk mendorong mereka menjadi lebih kompetitif, RateS memberikan dukungan dengan menyediakan sumber produk yang lebih baik dengan potensi keuntungan yang lebih tinggi.

Dengan pilihan berbagai produk impor, dimana mayoritas langsung dari produsen, RateS memberikan variasi produk yang lebih banyak dan potensi keuntungan yang lebih tinggi bagi reseller. Sebagai catatan,rata-rata reseller RateS dapat memperoleh keuntungan 30% lebih tinggi untuk setiap produk yang terjual dibandingkan dengan platform re-selling lainnya.

Walaupun demikian, Goh selalu mengingatkan bahwa kunci sebuah kesuksesan adalah kerja keras dan ketekunan. “Reseller RateS yang sukses adalah mereka yang dapat mengoptimalkan penggunaan platform media sosial untuk mempromosikan produk yang mereka jual. Tidak hanya itu, mereka juga dapat menggunakan platform media sosial untuk menjalin relasi dengan konsumen dan membuat mereka tetap puas”, tutup Goh.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again