RPX Group Hadir di Tiongkok

RPX Group Hadir di Tiongkok

RPX pionir pengiriman logistik terpadu (One Stop Logistics) menandatangai memorandum of understanding (MoU) dengan mitra strategisnya, Guangdong Smart International Logistics Co., Ltd., di Hotel Guangzhou, Tiongkok ppada 24 April 2019. Kedua pihak menandatangani perjanjian kerja sama strategis untuk memberikan solusi logistik terpadu bagi Tiongkok dan Indonesia dalam membuka era baru logistik e-commerce lintas batas (cross border) di Indonesia. Sejak tanggal tersebut RPX Group resmi memiliki representative di Tiongkok.

Pada acara tersebut CEO RPX Group, Taufick D Mochtar menjelaskan bahwa RPX merupakan perusahaan pengiriman logistik terpadu (one stop logistics) dengan pengalaman selama 35 tahun di Indonesia mendukung pasar bisnis dan konsumen. Melalui 16.500 mitra yang tersebar di seluruh Indonesia, RPX melayani pengiriman melalui darat, laut, dan udara untuk produk dalam dan luar negeri.

Taufick menambahkan saat ini RPX tengah memperluas network serta mengembangkan manajemen logistik melalui transportasi udara dan darat “Kehadiran RPX di Tingkok melalui kerja sama dengan Guangdong Smart International Logistics membuka peluang untuk mempromosikan layanan logistik secara dua arah antara Indonesia dan Tiongkok. Tentunya ini sejalan dengan keinginan RPX untuk memajukan produk Indonesia di negara lain salah satunya Tiongkok. Kami yakin dengan pengalaman dalam layanan cross border serta custom clearance yang dimiliki akan menghasilkan sinergi yang baik bagi kerja sama ini”.

Melalui penandatanganan kesepakatan tersebut, RPX akan menyediakan layanan one stop logistics yang terdiri dari transit warehouse sebagai penyimpanan sementara ketika barang Smart International Logistics sampai di Jakarta. Layanan distribusi (trucking) juga di gunakan sebagai mobilisasi barang yang ada, hingga layanan last mile delivery atau tahap akhir untuk mengirimkan paket ke tangan konsumen.

Ma Yangwei, Managing Director Guangdong Smart International Logistics Co., Ltd., menyampaikan dalam sambutannya bahwa sejak diluncurkannya strategi “One Belt, One Road” di Tiongkok pada tahun 2015, bisnis e-commerce lintas batas Tiongkok di Asia Tenggara menjadi semakin populer, terutama di negara-negara dengan lebih dari 260 juta penduduk seperti Indonesia. “RPX telah beroperasi dengan sukses di Indonesia selama 35 tahun dan merupakan penyedia layanan logistik terlengkap di Indonesia melalui one stop logistics yang dimiliki. Dengan posisi terdepan dari RPX Group di Indonesia dan solusi logistik inovatif dari Smart International Logistics, akan menjadi aliansi yang kuat untuk memberikan pengalaman layanan logistik yang tak tertandingi untuk platform e-commerce internasional” ungkap Yangwei.

Setelah acara penandatanganan, perwakilan RPX Group dan peserta lainnya berkunjung ke kantor pusat Guangdong Smart International Logistics Co., Ltd. untuk memahami operasi internal perusahaan serta berdiskusi lebih lanjut terkait rencana kerja sama strategis di masa depan.

Pengembangan e-commerce lintas batas tidak terlepas dari dukungan logistik dengan kemampuan lintas batas. Hal ini dikarenakan distribusi barang tidak lagi hanya terbatas pada omset di wilayah domestik tetapi, melibatkan banyak hubungan antar negara, sistem logistik setiap negara, dan juga proses kepabeanan.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…