Categories

Ruangguru Hadirkan Video Belajar Animasi Interaktif Bagi Pelajar SD Kelas 4, 5, dan 6

DailySocial Newswire - 20 August 2021

Untuk memperingati hari anak nasional, Ruangguru telah memperhatikan berbagai kendala yang dihadapi anak untuk belajar jarak jauh di masa pandemi ini. Beberapa kendala PJJ antara lain turunnya minat anak dalam mengikuti materi pembelajaran, mengerjakan tugas, serta kesulitan konsentrasi selama kegiatan belajar mengajar. Memahami hal ini, dalam rangka perayaan Hari Anak Nasional, Ruangguru kini menghadirkan inovasi video belajar animasi interaktif bagi pelajar SD kelas 4, 5 dan 6 untuk meningkatkan semangat belajar anak. Sekarang, pelajar SD kelas 4 ,5 dan 6 dapat belajar dengan cara menonton film kartun dengan gambar animasi canggih dan jalan cerita yang seru dan penuh petualangan.

Video belajar animasi ini bertajuk Legenda 8 Batu Sakti. Saat anak belajar di aplikasi Ruangguru, mereka dapat membantu 7 karakter utama, yakni Dafa, Lulu, Cika, Made, Puti, Dira dan Bona, untuk mengalahkan penjahat dengan cara memecahkan soal-soal yang ada di dalam video.

Sebelumnya, Ruangguru juga telah menggunakan pendekatan bercerita melalui animasi untuk pembelajaran SD kelas 1, 2 dan 3 di ruangbelajar SD. Untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, Ruangguru menggunakan materi tematik yang disesuaikan dengan kurikulum di sekolah, gamifikasi, video belajar full animasi interaktif, dan ditemani karakter Daffa dan Lulu untuk mendampingi waktu belajar, sehingga pengalaman belajar jadi lebih bermakna.

“Seluruh tim di Ruangguru selalu mencari cara terbaik dalam menghadirkan pembelajaran online yang efektif bagi semua jenjang. Kami menyadari bahwa banyak adik-adik yang merasa jenuh saat PJJ di masa pandemi dan mengalami penurunan motivasi dalam belajar. Orang tua pun juga turut merasa kewalahan dalam meningkatkan motivasi anaknya. Sementara, belajar seharusnya menyenangkan, sehingga anak akan selalu haus untuk menuntut ilmu. Itulah mengapa kami menghadirkan video belajar animasi agar dapat meningkatkan kembali semangat belajar adik-adik SD di bangku kelas 4, 5 dan 6”, tutur Belva Devara, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru.

Anak cenderung akan lebih tertarik untuk belajar saat belajar menjadi proses bermain dengan visualisasi yang lucu dan menarik. Video animasi ini tidak hanya menampilkan visual animasi yang baik, tetapi bersifat interaktif melalui berbagai macam kuis yang perlu dipecahkan oleh anak agar mereka dapat membantu mengalahkan musuh di video. Harapannya, anak bukan hanya akan menemukan bahwa belajar juga bisa seru, tetapi orang tua juga terbantu karena belajar online juga tetap bisa menjaga motivasi dan konsentrasi anak.

“Animasi yang interaktif menjadi salah satu pendekatan yang efektif di dalam pola belajar online. Selain konsentrasi anak terjaga, anak juga akan terus termotivasi untuk belajar karena dilibatkan di dalam misi petualangan di video. Materi yang lebih rumit sekali pun dapat lebih mudah dipahami karena dibantu oleh teks dan gambar. Kami berharap adik-adik akan memiliki pengalaman di mana belajar bukan menjadi beban, tetapi menjadi bagian dari bermain”, imbuh Iman Usman, Pendiri dan Direktur Produk dan Kerjasama Ruangguru.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.