Tahun 2018 menjadi tahun kebangkitan konten Twitter di Indonesia. Dengan sifatnya yang live dan conversational, masyarakat menggunakan Twitter untuk mencari informasi secara real time serta berpartisipasi dalam beragam topik percakapan yang terjadi di linimasa; mulai dari destinasi wisata, olahraga, hiburan, politik, dan lain sebagainya.

Dari momen berskala global seperti #WorldCup dan #AsianGames2018, hingga yang berskala nasional seperti #JumatBerkah dan #Dilan1990; Twitter mewakili keberagaman ketertarikan pengguna di Indonesia — menjadikannya platform terbaik untuk melihat hal yang #RameDiTwitter dari berbagai sisi.

10 Tagar yang #RameDiTwitter di Indonesia

Berbagai momen telah terjadi selama 2018 dan meliputi berita terkini, politik, hiburan, musik dan olahraga. Tweet menghubungkan para pengguna dengan berbagai opini, ide, dan memungkinkan pengguna ambil bagian dalam sebuah percakapan global secara real time. Inilah 10 tagar terpopuler yang paling banyak digunakan oleh para pengguna di Indonesia tahun ini.

1. #BTS—Para ARMY (fans Bangtan Boys) seringkali meramaikan linimasa Twitter dengan tagar #BTS dan #방탄소년단. Tagar ini menyatukan para penggemar untuk mencari dan berbagi informasi terkini tentang grup Kpop kesayangan mereka.

2. #EXO — Group K-pop EXO memiliki emoji sendiri di Twitter dan EXO menggunakan emoji itu pada Tweet untuk merayakan satu tahun akun resminya, @weareoneEXO. Di tahun 2018, Twitter merilis emoji baru untuk EXO. Akun Twitter EXO yang mengumumkan kemunculan emoji ini langsung membuat beberapa tagar yang berhubungan dengan EXO dan menjadi trending topic di Twitter, salah satunya adalah tagar #EXO. Tagar dengan emoji baru ini akan tersedia sampai dengan tanggal 28 Februari 2019.

3. #AsianGames2018— Pada gelaran Asian Games 2018, Twitter mengeluarkan tiga emoji spesial yang bergambar yaitu logo resmi Asian Games 2018, obor yang melambangkan energi Asia serta 3 maskot: Bhin Bhin, Atung dan Kaka. Tagar #AsianGames2018dan#AG2018pun marak digunakan untuk memunculkan emoji logo resmi. Masyarakat Indonesia menggunakan tagar-tagar ini untuk berbagi keseruan secara live selama ajang bersejarah itu berlangsung.

4. #WorldCup— Perhelatan Piala Dunia 2018 tentunya meninggalkan kesan yang tidak terlupakan bagi para pengguna Twitter. Sejumlah momen terjadi di Rusia sepanjang Piala Dunia 2018. Ada kejadian seru, sedih, dramatis hingga kocak. Semuanya memberikan warna tersendiri bagi perhelatan sepak bola tersebut. Dengan tagar #WorldCup, Piala Dunia 2018 tidak sebatas pertandingan sepak bola saja, tetapi ada juga momen di luar lapangan yang menjadi viral. Indonesia kali ini boleh berbangga diri, karena dua anak asal Indonesia, Rania Premiera Gumay (9) dan Maula Alvaro Putra Ario Bimo (9) ikut meramaikan pertandingan Piala Dunia FIFA 2018 Rusia. Keduanya terpilih menjadi player escort setelah menyisihkan 4.000 anak di Indonesia dalam program eksklusif “Aku Duta Cilik Piala Dunia 2018”.

5. #2019TetapJokowi— Dengan akan diadakannya Pemilihan Umum tahun depan, percakapan yang terkait dengan gelaran tersebut tentunya tak terhindarkan di linimasa. Salah satu tagar yang banyak digunakan adalah#2019TetapJokowi, yang muncul sebagai bentuk dukungan terhadap pasangan Joko Widodo dan Maruf Amin.

6. #2019PrabowoSandi— Paska pengumuman Cawapres yang dilakukan baik itu oleh Presiden Joko Widodo maupun Prabowo, pengguna Twitter juga mulai meramaikan linimasa dengan tagar #2019PrabowoSandidan#2019JokowiMaruf. Kedua tagar ini digunakan untuk memberikan dukungan kepada masing-masing pasangan.

7. #JumatBerkah— Tagar ini kembali masuk ke jajaran 10 besar tagar yang banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia. Untuk menyambut keberkahan hari Jumat, pengguna Twitter sering menggunakan tagar#Jumatberkahuntuk menebar konten-konten positif. Selain untuk berbagi kutipan-kutipan agama yang menyejukkan, tagar ini juga menandai dimulainya akhir minggu yang menyenangkan.

8. #RecehkanTwitter— Linimasa Twitter Indonesia sempat dibuat ramai dengan tagar #RecehkanTwitteryang digunakan untuk berbagi humor-humor lucu. Tagar ini menjadi bukti, bahwa Twitter masih menjadi platform untuk mencari informasi atau hiburan bersifat real time. #RecehkanTwitterberisi berbagai cuitan kocak yang diunggah pengguna. Begitu lucunya, tidak sedikit pengguna Twitter yang tidak dapat berhenti menggali konten tagar ini jauh ke periode bulan-bulan sebelumnya.

9. #PersijaDay— Tagar ini selalu digunakan oleh Jakmania setiap kali @Persija_Jkt bertanding. Dari berbagi live-update skor pertandingan hingga mencari informasi seputar pertandingan.

10. #SambutRamadhan— Sudah menjadi tradisi di Indonesia bahwa bulan suci Ramadan disambut secara suka cita oleh pemeluk agama Islam. Dalam rangka menyambut bulan istimewa ini, para pengguna Twitter menggunakan tagar #SambutRamadhanuntuk menyampaikan berbagai pesan seperti kegembiraan jelang Ramadan, tips-tips menjalani bulan Ramadan, informasi kuliner untuk buka puasa bersama serta tidak jarang yang sudah membahas rencana mudik padahal baru saja bulan Ramadan dimulai.

10 Akun di Indonesia yang paling #RameDiTwitter(per 5 Desember 2018)

Di tahun 2018, masyarakat Indonesia menunjukkan ketertarikan yang sangat beragam. Hal ini terlihat dari beragam akun yang sering dibicarakan di linimasa. Presiden Joko Widodo (@jokowi) berada di peringkat pertama; disusul oleh Fiersa Besari @FiersaBesari, Firgiawan Ramaulana@seterahdeh, Prabowo Subianto @prabowo dan yang baru saja masuk ke daftar jajaran 5 besar tahun ini yaitu Bayu Joo (@bayu-joo).

10 Brand dengan Engagement Terbaik (per 5 Desember 2018)

Sebagai platform yang bersifat real time, Twitter merupakan tempat terbaik bagi brand dan konsumen untuk saling terhubung. Interaksi dengan konsumen adalah hal terpenting agar mengetahui keluhan konsumen, hal hal apa saja yang menarik bagi konsumen dan membangun rasa kepercayaan karena adanya jalinan komunikasi dengan brand. Untuk tahun ini, BNI (@BNI) berada di posisi pertama disusul oleh Grab Indonesia (GrabID), Shopee (@ShopeeID), Samsung Indonesia (@samsungID) dan Bank Mandiri (@bankmandiri). Hal ini menunjukkan bahwa yang terpenting dalam meningkatkan reputasi sebuah brand tidak selalu mengenai jumlah pengikut, namun lebih kepada cara suatu brand mempertahankan dan meningkatkan layanan terhadap konsumennya.

Top Tweet 2018

Twitter telah menjadi platform bersifat real time dan conversational. Hal ini memungkinkan pengguna meraih perhatian pengikut mereka serta menuangkan ide dan gagasan yang unik dan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Di bawah ini adalah 3 Tweet Indonesia yang banyak di-Retweet oleh pengguna di Indonesia. Beberapa Tweet viral lainnya berasal dari Presiden Joko Widodo (@jokowi), Net TV (@netmediatama), Firgiawan Maulama (@seterahdeh).

1. Mas Bam @masxbam — Twitter telah menjadi saksi beragam momen penting di Indonesia. Mulai dari cerita inspiratif bagaimana kesuksesan seseorang. Menjadi platform komunikasi real time dengan warnanya sendiri, Twitter sajikan konten hiburan dan sumber data kegiatan jejaring sosial dunia maya dalam lingkungan nasional maupun dunia. Berbagai cara pengguna Twitter menghilangkan penat rutinitas harian. Cuitan-cuitan lucu tidak pernah menjadi topik yang membosankan salah satunya adalah Tweet dari @masxbam Tidak tanggung-tanggung, Tweet ini meraih Retweet tinggi sebanyak 39.000 kali.

2. Teddy Gusnaidi (@TeddyGusnaidi) – Tweet singkat namun mengocok perut ini mendapatkan Retweet sebanyak 36.000 kali. Postingan video dengan Tweet lucu “Cuma di Indonesia, Tornado gak punya harga diri,” ini memperlihatkan anak anak SD Indonesia yang sama sekali tidak gentar bermain main di dalam pusaran tornado. Jika ini terjadi di luar negeri, belum tentu anak anak di luar sana berani melakukan hal yang sama. Komentar-komentar dari pengguna Twitter pun tidak kalah lucunya di postingan yang satu ini.

3. Dr. Gia Pratama (@GiaPratamaMD) —Tweet yang berasal dari dr Gia Pratama (@GiaPratamaMD) ini membahas secara mendalam mengenai penyebab penyakit batu ginjal yang kerap melanda masyarakat ibu kota. Hal ini menjadi hal yang unik karena tidak seperti biasanya topik terkait kesehatan secara ilmiah dan mendalam mendapatkan reaksi dan umpan balik yang sangat signifikan dari para pengguna Twitter. Cara penyampaian konten dari dr. Gia pun disesuaikan berdasarkan gaya hidup sehari-hari dan komunikasi para pengguna dengan tagar #serisayangidirimu sehingga terasa sangat relevan. Tweet ini telah di-Retweet sebanyak lebih dari 35.000 kali.

Apapun yang terjadi, di berbagai belahan dunia, dan tentang topik yang mungkin tidak terduga sebelumnya; semuanya terjadi dan akan menjadi perbincangan di Twitter. Gunakan tagar #RameDiTwitter untuk berbagi cerita tentang apa yang menurutmu ramai dibicarakan di Twitter di Indonesia tahun ini.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.