Teleglobal Hadirkan Layanan Akses Broadband dan Konektivitas Mobile ke Pelosok Indonesia via SES Networks

Teleglobal Hadirkan Layanan Akses Broadband dan Konektivitas Mobile ke Pelosok Indonesia via SES Networks

Masyarakat di wilayah pelosok Indonesia akan segera dapat menikmati akses internet broadband yang handal yang dihadirkan oleh Teleglobal dan didukung sepenuhnya oleh layanan data terkelola milik SES Networks dan satelit SES-12. Hal tersebut diungkapkan oleh SES dalam rilisnya hari ini.

Dalam dokumen perjanjian yang terbaru dinyatakan bahwa Teleglobal bersama dengan SES Networks akan bekerja sama dalam proyek universal service obligation (USO) di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui badan yang menangani USO, yakni Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). Keduanya akan turut ambil bagian menjadi penyedia layanan akses internet broadband sekaligus mobile backhaul untuk 150.000 titik lokasi di seluruh pelosok negeri.

Perjanjian dengan jangka waktu lima tahun tersebut meliputi kesepakatan kontrak Teleglobal untuk menyediakan 1.3 GHz kapasitas SES-12. SES-12 merupakan salah satu high throughput satellites (HTS) milik SES yang menjangkau seluruh kawasan Asia Pasifik. Perjanjian tersebut disertai pula dengan opsi perpanjangan kontrak untuk jangka waktu lima tahun berikutnya.

SES GEO HTS terbesar yang menjangkau seluruh kawasan Asia Pasifik tersebut mempunyai enam beam regional serta 72 high throughput user spot beams sehingga mampu menghadirkan solusi yang terjangkau bagi seluruh pelanggan dari beragam sektor, seperti penyiaran, operator konten, mobile operator, penyedia layanan internet, enterprise, kemaritiman dan kedirgantaraan, hingga pemerintahan di seluruh kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah.

Seperti disampaikan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dalam rilisnya, bahwa pada tahun 2017, sebanyak 55 persen penduduk Indonesia telah terkoneksi dengan internet. Penetrasi internet tercatat mencapai 72 persen di kalangan penduduk perkotaan dan 48 persen di wilayah tier kedua atau semi perkotaan. Namun demikian, masih terdapat kesenjangan yang lebar terkait angka penetrasi internet di Indonesia. Jawa masih mendominasi proporsi penetrasi internet, yakni sebesar 58 persen dan di Sumatera mencapai 19 persen dari komposisi penetrasi internet. Sementara itu, Maluku-Papua menjadi daerah di Indonesia dengan angka pengadopsian internet paling rendah, yakni hanya 2,5 persen.

Proyek yang akan dilaksanakan oleh Teleglobal bersama dengan SES nantinya diharapkan dapat saling melengkapi dan selaras dengan pelaksanaan proyek Palapa Ring yang dipelopori oleh BAKTI dalam upayanya menyediakan infrastruktur internet broadband bagi seluruh masyarakat Indonesia melalui dibangunnya jaringan kabel fiber optik bawah laut sepanjang 11.000 km yang menghubungkan pulau-pulau besar di Indonesia.

“Teleglobal merasa bangga telah mendapatkan kehormatan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia dan ditunjuk sebagai salah satu provider utama untuk kebutuhan satelit pada proyek BAKTI tersebut. Kami di Teleglobal yakin bahwa konektivitas akan mampu membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat Indonesia maupun di seluruh dunia,” tutur Candra Indianto, Teleglobal Director.

Candra melanjutkan, “Melalui penawaran layanan kami yang baru ini, Teleglobal berkomitmen untuk dapat menjembatani kesenjangan digital sekaligus menghadirkan layanan yang menjadi fondasi bagi sukses terwujudnya e-Government, maupun layanan-layanan esensial lainnya untuk seluruh masyarakat Indonesia. Jangkauan global yang luas, serta kepiawaian operasional SES Networks menjadikannya sebagai mitra yang tepat dalam menghadirkan konektivitas broadband berkecepatan tinggi dan yang handal hingga ke seluruh pelosok negeri.”

“Jaringan berbasis satelit sangat ideal dalam mendukung proyek USO karena kemampuannya dalam menghadirkan akses broadband dalam skala besar dan bisa digelar dengan mudah hingga ke lokasi-lokasi terpencil sekalipun, dibandingkan dengan apabila menggunakan jaringan konvensional berbasis terestrial yang acap kali mahal dan membutuhkan waktu lama untuk setiap proses penggelarannya,” tutur Imran Malik, Vice President, Global Fixed Data SES Networks.

Imran menambahkan, “Kami merasa terhormat dapat menjadi bagian dalam terwujudnya perubahan-perubahan dalam kehidupan masyarakat ke arah yang lebih maju melalui kemitraan yang kami jalin bersama dengan Teleglobal dalam menyediakan layanan konektivitas data berperforma tinggi hingga ke seluruh wilayah di Indonesia melalui SES-12. SES-12 sendiri telah mengantongi izin hak labuh untuk beroperasi di Indonesia dan siap untuk dioperasikan segera. Layanan konektivitas internet dan mobile tidak saja mampu memberdayakan masyarakat, namun juga akan membuka seluruh potensi ekonomi dari pesatnya pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia saat ini.”

Layanan baru berbasis satelit tersebut rencananya akan mulai digulirkan untuk 15.000 titik lokasi di Indonesia pada fase pertama dan diharapkan sudah dapat mulai memberi layanan pada kuartal ketiga tahun 2019.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…