Tokopedia Resmikan Tokopedia Care di Puri Kembangan

Tokopedia Resmikan Tokopedia Care di Puri Kembangan

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia yang terus bertransformasi menjadi Super Ecosystem, hari ini (04/09/19) meresmikan Tokopedia Care Puri Kembangan untuk lebih mempermudah masyarakat dalam mendapatkan kualitas terbaik layanan Tokopedia. Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional, Tokopedia Care Puri Kembangan menjadi wujud salah satu DNA perusahaan, Focus on Consumer.

 

Chief Operating Officer Tokopedia, Melissa Siska Juminto, mengatakan, “Selama 10 tahun ini, Tokopedia telah menjadi lebih dari sekadar perusahaan e-commerce. Lebih dari 6,2 juta masyarakat telah memulai dan mengembangkan bisnis mereka bersama Tokopedia untuk menjangkau lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan di 97% kecamatan di Indonesia.” Melissa melanjutkan, “Mengapresiasi dan terus mempertahankan hubungan yang baik dengan pengguna kami, dengan menjawab berbagai kebutuhan mereka, merupakan esensi dari salah satu 3 DNA Tokopedia, yaitu Focus on Consumer. Oleh karena itu, kami berharap keberadaan Tokopedia Care Puri Kembangan menjadi salah satu jembatan untuk membangun kepercayaan pengguna dengan memberikan kemudahan bagi mereka dalam mengakses layanan Tokopedia dengan lebih dekat.”

 

Pada kesempatan yang sama, VP of Operations Tokopedia, Rudy Azhary Dalimunthe, mengungkapkan, “Sejak berdiri di tahun 2009, Tokopedia merupakan bisnis kepercayaan. Tokopedia juga merupakan perusahaan teknologi Indonesia pertama yang mengimplementasikan Digital Customer Service di Tokopedia Care, yaitu layanan pelanggan yang sepenuhnya berbasis digital. Tim Tokopedia Care akan selalu bersedia 24 jam dalam seminggu untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pengguna, yang sudah memberikan kepercayaannya kepada kami, baik untuk menciptakan peluang hingga mencapai lebih.”

 

Layanan Tokopedia Care sudah tersedia untuk seluruh pengguna sejak awal Tokopedia berdiri, yaitu pada tahun 2009. Pertumbuhan pengguna yang sangat signifikan dari tahun ke tahun membuat Tokopedia melihat adanya kebutuhan untuk mendirikan Tokopedia Care Tower di kawasan Puri Kembangan pada tahun 2018 lalu, kemudian di Yogyakarta dan Semarang. Kini tim Tokopedia Care telah mencapai hampir 2.000 Nakama (sebutan karyawan di Tokopedia), sehingga Tokopedia Care terus mengembangkan diri demi meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

 

Salah satu fasilitas yang disediakan Tokopedia Care adalah Service Experience Center dan dapat ditemukan di gedung Tokopedia Care Puri Kembangan. Terbuka untuk umum setiap hari kerja mulai dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB, fasilitas Service Experience Center ini dihadirkan sebagai kemudahan alternatif bagi pengguna Tokopedia untuk mendapatkan edukasi produk dan layanan Tokopedia atau menyelesaikan kendala mereka secara langsung (walk-in).

 

Fasilitas lainnya yang diresmikan adalah Tokopedia Customer Engagement Hub, yaitu sistem pusat kendali operasi untuk memantau kinerja Digital Customer Service secara real-time, termasuk suara pelanggan baik di media sosial maupun kanal lain layanan Tokopedia serta menerima berbagai data serta sumber informasi berbasis teknologi dari Tokopedia Care di Jakarta, Yogyakarta dan Semarang.

 

Tokopedia Customer Engagement Hub ini berfungsi untuk lebih mempermudah tim Tokopedia Care bertindak secara cepat dan tepat dalam memberikan kualitas layanan terbaik bagi masyarakat secara mudah dan transparan.

 

Di sisi lain, layanan pengguna Tokopedia kini juga memanfaatkan teknologi AI (Artificial Intelligence) melalui chatbot yang membantu menjawab segala pertanyaan pelanggan secara lebih cepat dan tepat. Selain teknologi AI, Tokopedia Care yang mengimplementasikan Digital Customer Service juga menyediakan berbagai kanal layanan termasuk email, media sosial seperti Twitter dan Facebook, live chat, dan pusat resolusi sehingga segala kendala yang dihadapi oleh pengguna Tokopedia dapat ditangani secara tepat dan transparan.

 

Product Lead of Chatbot, Dispute Settlement, and Operations Tokopedia, Felix Yuwono Kurniawan, mengatakan, “Kami melihat tingginya kebutuhan pengguna akan respons layanan yang cepat dalam menyelesaikan masalah pengguna Tokopedia yang beragam. Maka itu, melalui Tokopedia Care, kami menciptakan layanan chatbot yang efisien dan cepat dalam menanggapi pertanyaan pengguna Tokopedia.” Felix melanjutkan, “Layanan chatbot berbasis AI (Artificial Intelligence) ini akan semakin mempermudah tim Tokopedia Care dalam memberikan layanan terbaik dan tercepat dalam hitungan detik untuk seluruh pengguna Tokopedia.”

 

Komitmen Tokopedia untuk lebih mempermudah masyarakat dalam mendapatkan kualitas terbaik layanan pengguna melalui Tokopedia Care berhasil mencatatkan prestasi di tingkat internasional pada Contact Center World Competition yang berlangsung di Phuket, Thailand, pada 13 hingga 20 Juli 2019 lalu.

 

Contact Center World adalah asosiasi global untuk praktisi terbaik dalam bidang Contact Center dan Customer Engagement. Setelah bersaing dengan 10 negara di wilayah Asia Pasifik, tim Operations Tokopedia berhasil meraih 4 medali emas dengan kategori Best Customer Service dan Best Use of Self Service Technology, 5 perak dan 2 perunggu pada ajang tersebut.

 

“Perolehan penghargaan pada Contact Center World Competition yang berlangsung di Phuket, Thailand pada 13 hingga 20 Juli 2019, adalah hasil dari komitmen penuh dan konsistensi Tokopedia untuk selalu berusaha memberikan layanan terbaik bagi pengguna,” tutup Rudy.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…