Industri mobil bekas di Indonesia diprediksi akan terus tumbuh hingga tahun 2021. Kemunculan platform jual/beli mobil online serta partisipasi perusahaan pembiayaan dalam memfasilitasi kredit untuk membeli mobil bekas, disinyalir menjadi faktor-faktor yang memicu pertumbuhan ini.

Hal lain yang juga membuat industri mobil bekas semakin bergeliat adalah peraturan pelat mobil ganjil/genap yang baru-baru ini disahkan oleh pemerintah. Masyarakat cenderung untuk memiliki dua mobil dengan pelat nomor tertentu, untuk memudahkan mobilitasnya sehari-hari.

Munculnya berbagai macam variasi permintaan mobil bekas pun menjadikan OLX turut merasakan imbas dari geliat industri ini. Setidaknya, terdapat lebih dari 5,5 juta pembeli yang mencari mobil di OLX, setiap tahunnya. Permintaan pun tidak hanya datang dari Jabodetabek, tetapi juga kota-kota besar seperti Surabaya, Medan, Bandung, dan Makasar.

Dari sisi suplai, OLX menawarkan jenis, merek, harga mobil bekas yang sangat bervariasi. Data internal OLX memperlihatkan bahwa delapan dari sepuluh mobil yang dijual online, terdapat di platform iklan baris online ini. “Kecepatan menjual dan jangkaun yang luas, menjadi alasan pengguna untuk menjual mobilnya, di OLX,” Olaf van Schagen, General Manager OLX Indonesia, memberikan informasi.

Mobil sendiri telah mengakar kuat pada bisnis OLX, sejak awal platform ini beroperasi di Indonesia. Hampir setiap tahunnya, terdapat 6 juta iklan mobil, di OLX, yang dipasang oleh penjual individu ataupun pebisnis/dealer. Hingga tahun ini, terdapat lebih dari 9.000 dealer mobil bekas yang memanfaatkan OLX untuk memasarkan mobil dagangannya.

Tren Jual-Beli Mobil di OLX
Para dealer yang memanfaatkan OLX untuk bisnisnya mengungkapkan bahwa mobil 7- seater masih menjadi favorit banyak pembeli. Ini dapat dilihat dari merek dan tipe mobil yang paling banyak diiklankan melalui OLX, yaitu Toyota Avanza. Dari tahun ke tehun, mobil ini selalu menempati urutan pertama mobil yang paling banyak dijual. Dari sisi pembeli pun, Toyota Avanza juga menjadi mobil yang paling banyak dicari oleh calon pembeli.

Selaras dengan ungkapan para dealer di OLX, Toyota Avanza dinilai masih mendominasi pasar mobil bekas, khususnya di wilayah Bali, Jakarta, dan Surabaya. Harga yang tejangkau dan efisiensi bahan bakar menjadi daya tarik bagi Toyota Avanza dibandingkan dengan mobil setipe lainnya.

Di Bali khususnya, Toyota Avanza sangat diminati oleh jasa penyewaan mobil untuk mengantar turis berkunjung ke berbagai tempat rekreasi. Beberapadealer di OLX menginformasikan bahwa mereka memiliki persediaan Toyota Avanza yang tinggi karena harga jual yang tetap stabil, meskipun telah digunakan selama tiga hingga lima tahun.

Di urutan kedua terdapat Honda Jazz. Selain menjadi mobil yang paling banyak dicari oleh penguna OLX, dari sisi suplai, mobil ini juga menempati urutan kedua. Honda Jazz banyak dipasarkan dengan harga 105 juta – 180 juta rupiah di OLX, dan banyak dijual di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Denpasar.

Menurut informasi para dealer, Honda Jazz paling banyak dicari oleh wanita, khususnya ibu muda dan mahasiswi. Ukurannya yang compact, pilihan warna yang beragam, serta efisiensi bahan bakar, menjadi daya tarik utama dari mobil ini. Selain itu, harga jual Honda jazz cukup dinilai cukup stabil oleh para dealer, meskipun telah digunakan 2 – 3 tahun.

Dari segi segmen mobil, MPV menempati urutan pertama sebagai mobil yang paling banyak dicari oleh pengguna OLX. Diurutan selanjutnya terdapat Hatchback, SUV, Sedan, dan Pickup/Truck secara berurut. Toyota Avanza pun masih menempati posisi pertama sebagai mobil MPV yang paling banyak dicari. Harga jual Toyota Avanza, di OLX, mancapai 110 juta – 150 juta rupiah.

Kebutuhan masyarakat akan segmen mobil tersebut, disambut oleh suplai mobil yang dijual para penjual individu ataupun dealer. Data OLX menyebutkan bahwa mobil berjenis MPV, Hatchback, SUV, Sedan, dan Pickup/Truck menjadi mobil yang paling banyak diiklankan melalui platform ini, dengan Jabodetabek dan Bandung sebagai area di mana mobil-mobil tersebut paling banyak dijual.

Fokus Pada Kategori Mobil
Lebih dari sepuluh tahun lalu, OLX hadir untuk menawarkan kemudahan menjual dan membeli barang secaraonline, di antaranya adalah mobil bekas. Banyak orang memanfaatkanplatform iklan barisonline ini untuk membeli maupun menjual mobil bekas. Tidak hanya penjual individu, banyak pula dealer mobil bekas yang memanfaatkan OLX.

Melihat pertumbuhan yang positif pada kategori mobil, OLX pun memutuskan untuk memfokuskan bisnisnya pada kategori ini dengan menghadirkan servis dan fitur-fitur yang memudahkan pengguna melakukan jual/beli mobil melalui platform ini, seperti menambahkan detail informasi tentang mobil, serta menampilkan profil khusus para dealer (Profil Penjual Profesional).

Detail informasi tentang mobil memungkinkan pengguna mencari mobil dengan lebih mudah—misalnya menemukan mobil dengan fitur tambahan atau kapasitas mesin tertentu. Sementara, Profil Penjual Profesional ditujukan bagi para dealer untuk memudahkan pengguna menemukan detail informasi tentang dealer tersebut, seperti alamat dan jam operasionalnya.

OLX juga memberikan nilai tambah bagi penjual dengan layanan terbaru dalam menjual mobil. Saat ini penjual memiliki pilihan untuk dapat menjual mobilnya dalam waktu satu jam dengan nyaman. Penjual cukup memberikan informasi detail tentang mobilnya. Kemudian penjual akan mendapatkan penghitungan harga jual dari OLX.

Untuk menginformasikan tentang fokus bisnis terbaru ini, OLX pun meluncurkan kampanye #PusatnyaMobil pada awal bulan Oktober, 2018. Kampanye ini menjadi bagian dari upaya OLX dalam mengembangkan ekosistem mobil bekas terbesar dan paling komprehensif. “Posisi OLX sebagai pemimpin di industri mobil bekas tidak lepas dari para dealer yang selama ini mempercayakan bisnisnya pada platform kami,” ujar van Schagen. “Setidaknya, tahun ini terdapat ribuan dealer mobil bekas yang mempercayakan bisnisnya kepada OLX. Kami harap, jumlahnya akan meningkat setiap tahun,” tutupnya.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.