Unilever Siap Mengembangkan Bisnis E-Commerce bersama SIRCLO

Unilever Siap Mengembangkan Bisnis E-Commerce bersama SIRCLO

Selama beberapa tahun terakhir, Indonesia terus konsisten menunjukkan pertumbuhan di sektor ekonomi digital. Data pada awal tahun 2019 menunjukkan bahwa platform e-commerce telah menyumbang hingga 20 persen ke jumlah penjualan total perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Angka ini diprediksi akan terus meningkat dan telah mengalami pertumbuhan sebesar 10 kali lipat dibandingkan pada tahun 2017. Faktor utama dari pertumbuhan ini adalah banyaknya usia produktif dalam komposisi populasi Indonesia. Para kaum muda yang memiliki gaya hidup yang modern dan serba cepat mempengaruhi perubahan perilaku berbelanja yang konvensional menjadi serba online.

Sebagai strategi untuk menghadapi perubahan perilaku berbelanja masyarakat dan pesatnya perkembangan industri e-commerce Indonesia, Unilever resmi menggandeng SIRCLO, perusahaan teknologi yang menyediakan solusi untuk membantu brand berjualan online, sebagai e-commerce enabler resmi channel penjualan digitalnya.

Dimulai dengan kerjasama atas pengelolaan channel Mitra Tokopedia pada September 2019, Unilever kini bersiap memperkuat bisnis di kanal e-commerce bersama SIRCLO. Hal ini juga sejalan dengan strategi Unilever Global untuk mulai mengembangkan bisnis secara digital. Dalam kerjasama ini SIRCLO mengelola 38 akun brand Unilever yang mencakup kategori makanan, minuman, home care dan personal care.

Menurut Founder dan Chief Executive Officer SIRCLO, Brian Marshal, perusahaan FMCG dapat meningkatkan penjualan melalui online marketplace dengan tiga cara utama, yaitu efektivitas proses produksi dan merchandising, promosi yang optimal dan penyediaan customer service yang memuaskan. Melalui salah satu layanan SIRCLO yaitu SIRCLO Commerce, sebuah solusi channel management distribusi online bagi brand corporate, Unilever mendapatkan pelayanan menyeluruh untuk mengembangkan bisnis e-commerce melalui berbagai kanal marketplace di Indonesia.

Sebagai perusahaan FMCG terdepan di Indonesia yang memiliki 44 brand, Unilever ingin terus memberikan manfaat kepada masyarakat melalui produk-produk berkualitas seperti, Sunsilk, Lifebuoy, Bango, Royco, Vixal, Superpel, Sariwangi dan banyak lagi. Sesuai dengan tujuan tersebut dan semangat untuk dapat menghadirkan produk sehari-hari yang berkualitas untuk masyarakat Indonesia, Unilever ingin lebih dekat dan memberikan pengalaman berbelanja yang mudah untuk pelanggan dengan hadir di berbagai channel e-commerce. SIRCLO membantu Unilever terintegrasi dan mengembangkan bisnis ke berbagai channel marketplace seperti Groceries Official Store di Lazada, Official Store di Tokopedia dan Bukalapak, serta St. Ives Official Store di Tokopedia.

Penandatanganan perjanjian kerjasama yang diadakan di Grha Unilever, BSD-Serpong ini dihadiri oleh jajaran direksi SIRCLO dan departemen E-Commerce Unilever. “SIRCLO menyediakan layanan channel management yang bersifat end-to-end untuk Unilever yang meliputi proses merchandising, pengiriman pesanan dan pergudangan untuk inventaris, manajemen gudang, penyediaan layanan pelanggan sampai pada order fulfillment,” jelas Brian.

Hira Triadi, selaku direktur E-Commerce Unilever menyatakan bahwa channel e-commerce merupakan salah satu kanal penjualan yang efektif bagi produk-produk Unilever. “Melalui channel ini, produk kami dapat lebih dekat dan mudah diperoleh oleh konsumen Unilever di seluruh Indonesia. Semoga kerjasama ini dapat membantu mengembangkan bisnis Unilever dan layanan yang diberikan oleh SIRCLO dapat memfasilitasi kami untuk memasarkan produk secara lebih luas lagi” tambahnya.

“Dengan adanya kerjasama ini kami berharap dapat lebih mendekatkan Unilever ke pembeli yang lebih luas sekaligus mengatasi tantangan bisnis yang ada sehingga dapat memaksimalkan penjualan di pasar online” tambah Brian Marshal.

Unilever telah menjadi salah satu perusahaan FMCG terbesar di Indonesia selama lebih dari 85 tahun dan menjangkau ratusan ribu supermarket, toko dan warung kecil di seluruh Indonesia. Kini, bersama SIRCLO, Unilever siap menghadirkan produk-produk berkualitas kepada seluruh konsumen di Indonesia dengan jangkauan yang lebih luas melalui jalur digital.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…