1. DScovery

Kuliah Kerja Nyata (KKN): Pengertian, Tujuan, dan Contoh Rancangan Kegiatannya

KKN atau Kuliah Kerja Nyata adalah salah satu dari program perguruan tinggi yang dijalankan oleh mahasiswa. Berikut ini contoh rancangan kegiatan KKN yang bisa dilakukan oleh mahasiswa.

Perguruan Tinggi memiliki dasar berupa Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai suatu pedoman mengenai kewajiban yang harus dilakukan oleh para akademisi. Salah satu kegiatan dasar tersebut adalah kegiatan KKN yang dilakukan oleh universitas, dimana mahasiswa diberikan tanggung jawab dan kewajiban untuk menyelesaikan suatu permasalahan di wilayah tertentu.

Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai KKN yang dilakukan oleh para mahasiswa sebagai gambaran mu.

Pengertian KKN

KKN adalah singkatan dari Kuliah Kerja Nyata yang diselenggarakan bagi para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di universitas. KKN merupakan salah satu contoh dari tri dharma perguruan tinggi yaitu, pendidikan, pengajaran dan penelitian.

Kegiatan KKN dilaksanakan sebagai bentuk pemberian kontribusi secara langsung terhadap masyarakat, KKN dilakukan dengan interdisipliner. Maksudnya adalah kegiatan KKn menggabungkan berbagai fokus dalam satu kegiatan dengan durasi tertentu di suatu wilayah tertentu melalui kerjasama dengan pihak universitas.

KKN ini biasanya dilakukan di wilayah yang masih berkembang atau terdapat suatu permasalahan dan para mahasiswa bertanggung jawab, untuk menciptakan program kerja sebagai solusi atas permasalahan tersebut.

Durasi kegiatan KKN setiap universitas bisa berbeda-beda tergantung kebijakan setiap universitas, bahkan terdapat kampus yang tidak mewajibkan kegiatan KKN tetapi diganti dengan kegiatan lain menyesuaikan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan KKN

KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah bentuk implementasi langsung dari mahasiswa sebagai bentuk kepedulian terhadap negaranya sehingga memberikan kontribusi melalui program kerja yang dijalankan oleh mahasiswa. Berdasarkan hal tersebut, terdapat beberapa poin yang menjadi tujuan kegiatan KKN, berikut ini penjelasannya:

  • Pengabdian terhadap masyarakat

KKN bertujuan sebagai aktivitas pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat, dimana sebagai generasi penerus bangsa, kegiatan KKN ini memberikan makna bahwa generasi selanjutnya akan membawa perubahan yang lebih baik.

Pengabdian dari kegiatan KKN ini juga sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, pengajaran dan penelitian. Dimana setiap mahasiswa menjalankan ketiga poin tersebut dalam satu aktivitas bernama KKN.

  • Memberikan pengalaman nyata pada mahasiswa

KKN juga bertujuan untuk memberikan mahasiswa pengalaman nyata mengenai kehidupan sosial di masyarakat ketika mereka sudah lulus menjadi seorang sarjana. Melalui pengalaman ini maka diharapkan bahwa para mahasiswa mengetahui, bagaimana menjadi bagian dari masyarakat, bagaimana memberikan kontribusi positif terhadap kesejahteraan di negaranya dan lain sebagainya.

  • Sarana pengembangan pola pikir mahasiswa

Tujuan lainnya dari KKN adalah sebagai sarana pengembangan pola pikir mahasiswa, karena setiap mahasiswa yang terlibat akan dituntut untuk mencari solusi atas permasalahan yang terjadi di suatu wilayah. 

Solusi atau permasalahan akan melalui proses diskusi dan survei mengenai kebutuhan apa saja yang dibutuhkan, selanjutnya akan dituangkan ke dalam bentuk program kerja sebagai fokus dari kegiatan KKN tersebut.

  • Menumbuhkan empati para mahasiswa

KKN bertujuan untuk menumbuhkan empati para mahasiswa, karena mahasiswa kana terjun secara langsung untuk melihat, merasakan dan terlibat secara langsung terhadap setiap masalah yang terjadi di suatu wilayah. 

Tujuan dari menumbuhkan empati dalam kegiatan KKN juga selaras dengan norma dan nilai-nilai yang terkandung di masyarakat. Bagaimana setiap manusia yang menjadi satu dalam sebuah masyarakat akan saling membantu dan bekerja sama menyelesaikan suatu masalah.

  • Meningkatkan SDM yang berdaya guna

Melalui kegiatan KKN ini juga diharapkan mampu mencapai tujuan dalam meningkatkan SDM yang berdaya guna. Maksudnya adalah bagaimana pengalaman yang dirasakan langsung dilapangan dapat membuka wawasan baru secara lebih meluas. 

Setiap mahasiswa juga dilatih untuk menumbuhkan kerja sama yang baik, program kegiatan yang memberikan manfaat pada sasaran yang tepat hingga pada kemampuan analisis dalam memecahkan suatu masalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Contoh Rancangan Kegiatan KKN

Pada penjelasan sebelumnya telah disebutkan bahwa kegiatan KKN adalah aktivitas yang dilakukan dengan interdisipliner. Maksudnya adalah kegiatan ini berfokus pada pendekatan penyelesaian masalah dengan menggunakan berbagai cara, hal ini karena kegiatan KKN tidak hanya membahas mengenai satu permasalahan saja.

Contohnya dalam kegiatan KKN para mahasiswa biasanya akan diberikan topik mengenai fokus perancangan program kegiatannya, topik ini akan membahas berbagai aspek yang ada di masyarakat seperti, kesehatan, pendidikan, perekonomian dan lain sebagainya.

Topik kegiatan tersebut diberikan maka para mahasiswa akan membuat turunan dari program kerja yang mampu dilaksanakan oleh mahasiswa. Berikut ini beberapa contoh rencana kegiatan KKN berdasarkan topiknya:

  • Topik Pendidikan

Pada topik ini mahasiswa akan fokus membuat program kerja yang berkaitan dengan pendidikan, sebagai misalnya tujuan dari proker yang diinginkan adalah meningkatkan kemampuan literasi warga suatu desa. Pada intinya fokus topik penelitian ini akan berkaitan dengan tingkat pendidikan yang dimiliki orang-orang di suatu wilayah. 

Beberapa kegiatan yang akan berkaitan dengan topik ini adalah, perpustakaan keliling, membuat pojok membaca, memberikan pelajaran calistung kepada anak-anak dan memberikan pelajaran membaca alfabet.

  • Topik Kesehatan

Pada topik ini mahasiswa akan membuat program kerja mengenai tingkat kesehatan tempat mereka melaksanakan kegiatan KKN. Meskipun demikian kesehatan adalah suatu permasalahan yang sebenarnya membutuhkan seorang ahli di bidangnya, untuk itu mahasiswa juga harus merancang program kerja yang memang dapat mereka lakukan. 

Berikut ini beberapa contoh proker topik kesehatan adalah, seminar kesehatan untuk ibu hamil, bekerja sama dengan puskesmas atau perangkat kesehatan lainnya untuk memberikan edukasi mengenai kesehatan, memberikan praktik seperti tindakan pertolongan pertama dan lain sebagainya.

  • Topik Perekonomian

Topik perekonomian akan membahas mengenai program kerja yang berkaitan dengan kemampuan finansial atau ekonomi warga di tempat KKN dilaksanakan. Mahasiswa harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai apa yang dibutuhkan dan apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk membantu warga meningkatkan perekonomiannya.

Berikut beberapa contoh program kerja terkait topik perekonomian yaitu, seminar mengenai digital marketing, membantu membuat atau mengoptimalkan layanan koperasi, mencari ide bisnis jika wilayah tersebut memiliki bahan baku yang berpotensi untuk diolah, pelatihan copywriting dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan beserta contoh rancangan program kerja KKN yang dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam penyusunan proker KKN milik mu. Semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again