7 August 2015

by Glenn Kaonang

Dengan Action Cam Ini, Anda Tak Perlu Menyunting Video Lagi

Apa yang Anda cari dari sebuah action camera? Bodi ringkas? Tahan banting? Spesifikasi yang mumpuni? Atau malah ketiga-tiganya? Terlepas dari itu, Anda masih harus siap menghabiskan banyak waktu guna menyunting hasil rekaman videonya hingga menjadi sebuah klip yang layak mendulang like di YouTube.

Sebuah action cam baru bernama Graava ingin menjegal masalah ini. Graava tidak berusaha menyaingi GoPro atau action cam yang lain dalam hal desain maupun spesifikasi, melainkan dari segi kepraktisan.

Bentuk Graava sangat sederhana, menyerupai perangkat pager (masih ingat?) dengan sebuah lensa 130 derajat pada satu sisinya. Di dalamnya tertanam sensor yang bisa merekam video 1080p 30 fps atau 720p 60 fps. Tidak ada mode slow-motion di sini, tapi masih ada mode time lapse yang akan menggabungkan sejumlah foto beresolusi 8 megapixel menjadi sebuah video 4K.

Info menarik: Bosan Menyunting Video Aksi Ekstrem? Coba Aplikasi Shred Video

Sejauh ini Graava terdengar begitu standar. Namun seperti yang saya katakan, ia ingin menonjolkan aspek kepraktisan ketimbang spesifikasi. Aplikasi pendampingnya yang tersedia untuk Android dan iOS akan menyunting hasil rekaman Anda secara otomatis berdasarkan momen-momen tertentu yang memang pantas diabadikan.

Gampangnya begini: Anda baru saja pulang dari sesi perekaman memakai Graava yang berlangsung selama baterainya mampu bertahan, yakni 3 jam. Dari durasi total video selama 180 menit tersebut, Anda bisa meminta aplikasi Graava untuk membuatkan klip pendek, misalnya yang berdurasi 3 - 5 menit, yang berisikan seluruh momen yang layak ditonton dan tidak membuat Anda bosan.

Graava beserta aplikasinya memilah-milah momen-momen tersebut berdasarkan informasi yang ditangkap oleh beragam sensor miliknya, mulai dari accelerometer, gyroscope, sepasang mikrofon sampai GPS. Ia bahkan juga bisa mengambil informasi laju jantung Anda dari perangkat heart-rate monitor yang disambungkan dengannya. Sebagai bonus, aplikasi Graava juga siap menyesuaikan beat dari lagu favorit Anda dengan beragam aksi pada video.

Info menarik: Action Cam TomTom Bandit Tawarkan Fitur Penyuntingan Otomatis

Graava sebenarnya bukan yang pertama datang dengan ide pintar seperti ini. Bulan Mei kemarin, TomTom memperkenalkan sebuah action cam dengan fitur penyuntingan otomatis yang serupa. Meski demikian, penawaran Graava ini terkesan lebih sederhana dan sudah semestinya dibanderol dalam harga yang lebih terjangkau.

Graava saat ini sudah menerima pre-order untuk action cam perdananya senilai $249. Harga retail-nya akan naik menjadi $399. Sayang sekali kamera ini belum siap dikirim ke tangan konsumen sampai paling tidak awal tahun depan.

Sumber: The Verge.