1. Entrepreneur

Mengenal Smart Logistic, Solusi OrderOnline.id untuk Kirim Paket COD Anti Gagal

Dengan menggunakan fitur Smart Logistic dari OrderOnline.id, penjual dapat terhindar dari masalah pengiriman barang yang melelahkan

Selama beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi semakin pesat dan merambah ke berbagai sektor penggerak kehidupan, salah satunya yaitu ekonomi. Digitalisasi bisnis dan UMKM menjadi produk dari penerapan teknologi di bidang ekonomi. Hal ini tentunya tidak lepas dari dukungan dan antusiasme masyarakat. Sebagai hasilnya, mayoritas masyarakat Indonesia cenderung lebih suka berbelanja online ketimbang datang ke toko langsung, sebab cara ini memudahkan mereka untuk membeli barang dan menghemat biaya yang dibutuhkan.

Meledaknya minat masyarakat untuk berbelanja online menyebabkan munculnya berbagai variasi metode dalam proses transaksi jual-beli, seperti pengembangan metode pengiriman yang semakin beragam. Salah satu metode pengiriman yang paling sering digunakan adalah COD atau cash on delivery. Menurut survei yang diadakan oleh BPS, 83.11% transaksi di e-commerce lebih banyak menggunakan metode COD. Hal ini karena pembeli dapat memeriksa keadaan barang yang dipesan terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran.

Namun, dalam pelaksanaannya, baik pembeli maupun penjual masih mengalami kesulitan dalam menggunakan metode COD untuk mengirim barang, seperti kesalahan di logistik, antrian pengiriman yang panjang, keterlambatan admin dalam menginput informasi pengiriman, dan lain-lain.

Menanggapi masalah ini, OrderOnline.id sebagai mitra yang berkomitmen untuk membantu pengembangan bisnis dan UMKM lokal menghadirkan fitur Smart Logistic sebagai solusi pengiriman COD anti gagal. Smart Logistic adalah fitur yang akan membantu seller untuk menentukan ekspedisi terbaik untuk pengiriman COD secara otomatis.

Smart Logistic Meminimalisir Kerusakan Barang

Smart Logistic dari OrderOnline.id memberikan banyak benefit untuk pengguna. Pertama, seller tidak perlu lagi mengirimkan barang ke logistik karena barang akan langsung dijemput oleh kurir, sehingga hal ini akan mengurangi risiko kerusakan barang di ekspedisi.

Kemudian, seller akan mendapatkan cashback ongkos kirim dari setiap transaksi yang terjadi di aplikasi OrderOnline.id. Tidak hanya itu, seller juga tidak perlu mengurus biaya pengiriman barang setiap hari, sebab Smart Logistic menerapkan sistem invoicing setiap dua minggu sekali untuk mengatur pembayaran ongkir.

Selain berbagai benefit menarik di atas, alur pengiriman COD yang mudah dan sederhana juga menjadi keunggulan dari fitur Smart Logistic. Setelah customer membeli barang dari toko dengan metode COD, penjual hanya tinggal melakukan request pick up barang ke kurir.

Kurir akan langsung menjemput dan mengantarkan barang ke customer. Setelah pembayaran selesai, uang hasil penjualan akan masuk ke OrderOnlineCredit milik penjual. Kemudian, penjual hanya perlu melakukan withdrawal dari OrderOnlineCredit ke rekening bank untuk menerima hasil penjualan.

Saat pengiriman, penjual juga dapat memantau prosesnya dengan mudah menggunakan fitur Logistic Monitoring. Fitur ini akan secara otomatis mendeteksi potensi kendala selama proses pengiriman paket dan memberitahukannya kepada penjual, sehingga penjual dapat langsung memberikan tanggapan dengan cepat.

Hal ini dapat meningkatkan success rate pengiriman hingga 90%. Mengenai jasa pengiriman, penjual dan pembeli juga tidak perlu khawatir, sebab Smart Logistic telah bekerja sama dengan berbagai ekspedisi berkualitas yang sudah berpengalaman, di antaranya yaitu JNE Express, J&T Express, SAP Express Courier, Ninja Xpress, dan ID Express.

Dengan menggunakan fitur Smart Logistic dari OrderOnline.id, penjual dapat terhindar dari masalah pengiriman barang yang melelahkan sekaligus meningkatkan penjualan. Berjualan online akan terasa lebih mudah dengan bantuan dari fitur-fitur profesional yang dihadirkan oleh OrderOnline.id.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again