23 April 2014

by Bambang Winarso

Rangkuman Fitur Baru yang Dibawa WordPress 3.9 'Smith'

Di penghujung tahun 2013 lalu, tim pengembang WordPress merilis versi 3.8 mengusung kode Parker. Sejumlah fitur baru yang memanjakan juga diperkenalkan kepada pengguna setia WordPress. Tak berhenti sampai di situ, pada pertengahan April lalu versi teranyar WordPress 3.9 hadir dengan nama kode Smith.

Sama seperti versi sebelumnya, nama kode pengembangan Smith diambil dari nama musisi Jazz legendaris, Jimmy Smith. Smith hadir dengan penambahan fitur-fitur baru, di antaranya adalah:

Gallery Preview

 

Info Menarik: Garuda Nest Rescue Sudah Bisa Anda Unduh dari Google Play

 

Elemen gallery mendapatkan perhatian yang cukup serius dari pengambang WordPress. Hal ini dibuktikan dengan penambahan preview gallery rancangan baru berupa grid yang lebih inovatif. Alih-alih 'tersembunyi' seperti yang ditemukan di versi-versi sebelumnya, tampilan gallery akan langsung terlihat saat masih berada di halaman editor.

Audio dan Video Playlist

Hal baru berikutnya yang akan membuat pengguna WordPress kian tersenyum lebar adalah fitur playlist yang dapat diisi dengan video ataupun audio. Pengguna dapat dengan leluasa membuat daftar putar berdasarkan musik atau video favoritnya.

Preview Header dan Widget Secara Live

Fitur kustomisasi theme makin diperkaya dengan tambahan widget dan header. Dengan adanya penambahan ini pengguna dapat melakukan penilaian atas perubahan widget dan header terhadap rancangan theme baru sebelum memutuskan untuk menggunakan theme tersebut. Seperti sebelumnya perubahan akan terlihat secara live di halaman yang sama.

 

Info Menarik: Kompetisi Game Eksklusif Apple dan Google Kian Memanas

 

Desain Tatap Muka Direktori Theme Baru

Memilih theme yang tepat membutuhkan proses yang tak mudah, paham betul akan hal tersebut WordPress menghadirkan rancangan tatap muka baru khusus di menu direktori theme.

Seperti desain sebelumnya, ada tiga menu tab utama yang ditawarkan seperti Featured,Popular dan Latest. Di sisi paling ujung terdapat ikon gear yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pencarian theme.

Fitur Organisasi Media yang Lebih Mudah dan Cepat

Dari ketiga fitur baru yang sudah kita bahas, elemen media mendapatkan perhatian yang paling besar karena setidaknya ada 3 hal baru untuk satu tool ini saja.

 

Info Menarik: Akuisisi Nokia Oleh Microsoft Tuntas Pada 25 April Mendatang, Lahirkan 3 Kesepakatan Baru

 

Hal baru pertama yang dibawa WordPress 3.9 adalah panel editor visual yang kian diperhalus,  dipercepat dan mendukung platform mobile.

Kedua, pengguna kini dapat dengan mudah meng-crop gambar langsung melalui halaman editor. Perbaikan ini sudah barang tentu yang paling menarik, karena sebelumnya pengguna harus melewati tiga proses untuk melakukan hal serupa.

Terakhir adalah fitur drag and drop yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah foto ke editor langsung dari desktop tanpa melalui proses unggah konvensional. Kemampuan baru ini sudah barang tentu akan mempercepat kinerja pengguna yang mempunyai jam terbang tinggi khususnya di dunia blogging.

Itu tadi sejumlah fitur baru yang dibawa oleh WordPress 3.9 Smith. Pengguna dapat mengunduh dari WordPress atau langsung update dari dashboard blog masing-masing.

Sumber berita WordPress.