1. Entrepreneur

Cara Menambahkan Website ke Search Console - UMKM Go Digital Series Bagian XI

Search Console membantu pemilik website untuk memonitor keamanan, indeks, dan juga error halaman

Sekarang kita sudah sampai di seri bagian XI, saya berharap Anda tidak melewatkan seri-seri yang lain agar dapat memahami setiap tahapan yang akan dilakukan.

Jika Anda baru saja menemukan artikel ini dan belum mengikuti seri-seri terdahulu, silahkan ke tautan ini terlebih dahulu untuk membaca panduan lengkapnya dari awal.

Apa itu Search Console?

Google Search Console (dulu dikenal sebagai Google Webmaster Tools) adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google yang membantu pemilik situs web memonitoring, menjaga, dan memperbaiki presensi situs mereka di mesin pencari Google.

Alat ini memberikan pemahaman tentang bagaimana Google melihat situs Anda dan bagaimana Anda dapat meningkatkan kinerja situs Anda di hasil pencarian.

Berikut adalah beberapa fungsi utama dari Google Search Console:

  1. Pemantauan Performa Situs: Melihat statistik tentang bagaimana situs Anda muncul di hasil pencarian Google, termasuk impresi, klik, CTR (Click Through Rate), dan posisi rata-rata.
  2. Pemeriksaan Kesalahan: Menemukan dan memperbaiki masalah yang mungkin menghambat situs Anda dari indeks atau ranking di mesin pencari. Ini termasuk kesalahan pada pemuatan halaman, masalah aksesibilitas, dan lain-lain.
  3. Sitemap: Mengajukan dan memeriksa sitemap Anda untuk membantu Google lebih efisien dalam merayapi dan mengindeks halaman-halaman situs Anda.
  4. Pemeriksaan Kesalahan Laman Mobile: Melihat masalah yang dapat mempengaruhi pengalaman pengguna pada perangkat seluler.
  5. Pemeriksaan Keamanan: Mengetahui jika situs Anda terpengaruh oleh malware atau isu keamanan lainnya.
  6. Penghapusan URL: Meminta Google untuk sementara menghapus URL dari hasil pencariannya.
  7. Tautan ke Situs Anda: Melihat situs mana yang menautkan ke situs Anda, serta teks tautan yang digunakan.
  8. Pemeriksaan AMP (Accelerated Mobile Pages): Jika Anda menggunakan AMP, Anda bisa memeriksa kesalahan yang mungkin ada pada halaman AMP Anda.
  9. Pemeriksaan Struktur Data: Mengetahui kesalahan dalam data yang disematkan (seperti schema markup) yang membantu dalam menampilkan rich snippets di hasil pencarian.
  10. Pengujian dan Pelaporan untuk Core Web Vitals: Metrik yang berfokus pada pengalaman pengguna seperti kecepatan pemuatan, responsivitas, dan stabilitas visual.

Google Search Console adalah alat penting bagi pemilik situs web, spesialis SEO, dan developer untuk memastikan bahwa situs web mereka dioptimalkan untuk mesin pencari dan menawarkan pengalaman pengguna yang terbaik.

Tahapan  Menambahkan Properti Website ke Search Console

  • Langkah pertama, kunjungi web Search Console atau klik tautan ini.
  • Kemudian klik tombol Mulai sekarang.

  • Pastikan Anda sudah login ke akun Google Anda.
  • Lalu, masukkan url toko online Anda ke pilihan URL Prefix. Sebenarnya Anda juga bisa menggunakan Domain, tapi dari pengalaman saya, opsi domain verifikasinya sedikit lebih sulit dan lebih lama.

  • Ketika muncul popup seperti ini, unduh file verifikasi domain lalu upload file tersebut ke root website Anda menggunakan Cpanel ataupun Plesk.
  • Jika sudah diunggah, sekarang klik tombol Verify.

  • Selesai, domain Anda sudah diverifikasi.

  • Berikutnya, Anda sudah bisa memonitor berbagai elemen situs yang akan membantu Anda melakukan optimalisasi indeks dan lain sebagainya.

Sampai ketemu lagi di seri berikutnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again