Bing Siap Tumbangkan Google
Dari sebuah artikel di AdAge ada indikasi bahwa Microsoft akan menggunakan nama 'bing' untuk search engine terbarunya ini, bukan 'kumo' seperti yang selama ini sudah diperkirakan akan dipakai. Tidak tanggung-tanggung, jumlah uang yang digelontorkan Microsoft untuk kampanye ini mencapai 100 juta dollar AS untuk iklan TV, web, radio, koran, dan juga majalah-majalah.
Melihat jumlah budget untuk promosi tentulah terlihat jelas bahwa Microsoft tidak main-main dalam mengkampanyekan produknya ini untuk masuk ke dalam pertarungan web search. Namun pada akhirnya kemenangan dari suatu produk web search adalah tingkat relevansi hasil pencarian dan pengalaman pencarian yang nikmat bagi para pengunjungnya, bukan dari besarnya budget pengiklanan. Bukan berarti tidak perlu pengiklanan, tentu saja perlu apalagi dalam kasus ini adalah kasus re-branding sebuah produk yang tentunya harus diperkenalkan ke semua orang.
Lalu bagaimana dengan relevansi dan pengalaman pencarian? Untuk pengalaman pencarian, Live Images Search merupakan salah satu yang paling menyenangkan untuk digunakan selain dari Yahoo Image Search, Google Images Search menurut saya tidak terlalu menyenangkan untuk digunakan. Namun untuk relevansi tentu Google merupakan pemenang dibandingkan dengan search engine lainnya.
Lalu, apakah menurut anda Microsoft akan sukses masuk ke dalam persaingan web search bersama Yahoo dan Microsoft? Ataukah kampanye rebranding ini hanyalah membuang-buang uang saja?