1. Startup

Kartumuu Bikin Lomba Untuk Memperingati Hari Ibu

Melakukan program promosi atau lomba bagi para startup yang disesuaikan dengan tema atau hari atau acara tertentu bisa menjadi salah satu pilihan strategi, baik untuk tujuan promosi dan mendapatkan pengguna baru atau sebagai sarana untuk menjaga aktivitas para pengguna lama.

Salah satunya adalah Rockto.com yang memberikan hadiah bagi pengguna mereka dengan mengambil tema suasana liburan.

Kini ada Kartumuu.com yang memanfaatkan momen Hari Ibu untuk dengan mangadakan lomba berhadiah voucher. Menyambut Hari Ibu yang diperingati hari ini, 22 Desember, Kartumuu mengadakan lomba bagi para pengguna mereka untuk mengapresiasi peran ibu dan mengirimkan kartu ucapan digital yang tersedia di Kartumuu dan membagikannya di Twitter selama dua hari, 22 dan 23 Desember 2010.

Pengguna harus menggunakan desain kartu Hari Ibu yang tersedia di Kartumuu, menambahkan ungkapan kata untuk mengungkapkan jasa seorang ibu, ungkapan yang paling menarik akan mendapatkan hadiah berupa voucher belanja dari Carrefour.

[blackbirdpie url="http://twitter.com/KartuMuu/status/17380687011119104"]

Meski memang layanan Kartumuu tidak bisa lepas dari berbagai momen, baik individual atau pun momen yang diperingati bersama, internasional atau lokal, namun cukup menarik melihat program lomba dari Kartumuu ini, pertama karena kultur pengguna Twitter lokal yang memang aktif untuk menyatakan apresiasi mereka di timeline, sudah sering kali para pengguna Twitter lokal mengucapkan selamat atau mengapresiasi momen tertentu, baik peringatan atas hari atau momen internasional tertentu atau lokal, seperti peringatan Hari Ibu.

Kartumuu bisa memanfaatkan kultur ini, yang disesuaikan dengan layanan mereka yaitu kartu ucapan digitalyang bisa dibagikan ke media sosial, yang sampai saat ini memang dimaksimalkan untuk dikirimkan di Twitter.

Pada layanan Kartumuu terdapat fasilitas untuk menambahkan keterangan Tweet, bisa berupa tagar atau akun tertentu, jadi pengguna bisa tetap menjalankan aktivitas apresiasi Tweet yang selama ini mereka jalankan, ditambah pula dengan gambar kartu ucapan dari Kartumuu. Mengajak pengguna untuk menggunakan layanan dari Kartumuu tanpa harus mengubah secara drastis pola perilaku yang telah ada.

Meski ada barrier untuk pengguna yang diharuskan mendaftarkan diri ke layanan Kartumuu namun ini juga bisa disiasati dengan menambahkan unsur lomba dan iming-iming hadiah.

Selain itu menjadi menarik melihat voucher hadiah yang diberikan Kartumuu, apakah ini bisa mengindikasikan strategi monetisasi Kartumuu sudah berjalan?

Seperti yang dituliskan DailySocial, Kartumuu juga merencanakan strategi monetisasi atas layanan mereka (lebih lengkap bisa di cek di artikel ini) meski kali ini Kartumuu yang memberikan hadiah pada para penggunanya, berupa voucher belanja di Carrefour namun, bisa saja ini akan menjadi awal kerjasama antara Kartumuu dengan merchant atau pihak lain, misalnya secara rutin memberikan voucher belanja dari Carrefour dengan mengirimkan kartu ucapan dengan desain yang terdapat logo Carrefour.

Kartumuu merupakan salah satu pemenang SparxUp Award 2010, pertumbuhan anggota yang terdaftar juga cukup cepat, padahal layanan masih dibilang sangat baru, mereka membuka layanan untuk publik bersamaan dengan acara SparxUp. Liputan media juga cukup besar, setidaknya ada dua media mainstream yang telah membahas layanan mereka.

Penambahan desain serta tampilan situs mereka juga cukup aktif, mereka juga menyesuaikan desain tampilan serta desain kartu mengikuti momen yang sedang berlangsung, saat ini Natal dan seperti yang dituliskan di blog, mereka juga menyiapkan tampilan untuk tahun baru nanti. Sebuah pilihan yang cukup baik dan harus mereka lakukan, mengingat layanan utama mereka adalah kartu yang identik dengan momen tertentu.

Tentunya, selain Kartumuu ada banyak startup lain juga yang memanfaatkan momen tertentu yang sedang terjadi atau populer untuk menjalankan strategi, baik promosi atau penjualan mereka. Dan untuk Kartumuu, kalau dilihat dari timeline di situs mereka, lomba ini cukup mendapat sambutan dari pengguna.

Kita lihat kedepannya, apakah lomba ini akan menjadi titik awal bagi Kartumuu untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak lain, sekaligus menjadi salah satu strategi monetisasi mereka.

ps: hmm, sepertinya saya kenal desain template yang dipakai blog Kartumuu. :)