MicroAd Jepang Masuki Pasar Indonesia
Kerjasama di luar Jepang ini adalah yang kedua kalinya untuk MicroAd. Sebelumnya di bulan April, MicroAd sudah berekspansi di pasar Cina. MicroAd merupakan bagian dari CyberAgent yang didirikan tahun 2004 dan telah menguasai 10% pasar online advertising di Jepang. Di Indonesia sendiri, MicroAd menargetkan kisaran angka yang tidak jauh berbeda. Untuk itu di tahun pertama ini MicroAd menargetkan untuk mendapatkan 100-200 klien. CyberAgent Jepang sebagai induk MicroAd tentunya tidak asing di telinga pembaca. Sebelumnya, kami memberitakan tentang CyberAgent Venture, investment arm CyberAgent yang memberikan pendanaan untuk Tokopedia.
MicroAd sendiri di-spin off dari bisnis inti CyberAgent di tahun 2007. Di Jepang, MicroAd melayani 7 miliar ad impression dan 55
Ini bisa dilihat di dua sisi sebagai peluang sekaligus tantangan. Tentunya di jaman globalisasi ini, perusahaan startup di Indonesia harus siap untuk bersaing dengan pihak asing. Selain kelompok CyberAgent, perusahaan Jepang lainnya Rakuten juga telah lebih dulu masuk untuk mengembangkan bisnis e-commerce-nya dengan nama Rakuten Belanja Online (RBO) yang secara resmi diluncurkan awal Juni lalu dan bekerja sama dengan MNC Group.