[Simply Business] Saran Tentang Bagaimana Caranya Untuk Sukses di Acara Networking
1. Pastikan Anda mudah untuk dicari!
Pertama-tama, bahkan sebelum pergi ke acara networking, pastikan Anda dapat mudah dicari secara online. Jangan membuat akun Twitter Anda privat, buka akun Facebook Anda untuk publik, dan memiliki akun di LinkedIn adalah keharusan. Usahakan untuk sebisa mungkin jujur, jangan tinggalkan hal yang buruk di internet. Ingat bahwa semua orang bisa melihat foto yang Anda ambil hari Jumat yang lalu ketika Anda sedang mabuk dan Anda akan tampak bodoh jika memutuskan untuk mempublikasikannya di Facebook.
Carilah nama Anda di internet dan lihat bagaimana apakah Anda mudah dicari atau tidak. Jika tidak, lakukan sesuatu untuk memperbaikinya.
2. Berpakaian yang rapih
Berpakaian yang rapih untuk menghadiri acara atau untuk bertemu seseorang adalah cara Anda untuk menghormati acara yang Anda hadiri dan orang yang Anda temui. Anda tidak perlu menggunakan pakaian terbaru dari koleksi Zara tetapi Anda juga jangan memakai kaos kemarin. Jangan lupa untuk menggunakan parfum atau cologne, terutama jika Anda akan menghadiri acara hackathon yang berlangsung 24 jam.
Saya menuliskan hal ini karena banyak dari kita para geek (termasuk saya), sering kali mengabaikan hal ini.
3. Jangan menghindar
Ingatlah bahwa konferensi dan acara networking dibuat agar Anda bisa berjejaring atau menambah relasi, hal itu berarti bahwa semua orang telah siap untuk berjejaring dan tidak akan apa-apa jika Anda mendekatinya secara baik-baik (kecuali mereka sedang buru-buru untuk pergi ke lain tempat). Bicaralah dengan semua pembicara yang Anda pikir menarik, dekatilah orang Anda yang produknya Anda anggap menarik, bicaralah pada temannya teman Anda dan coba untuk kenalan dengan gadis manis yang sedang duduk sendirian. Well, Anda pasti bisa menangkap maksud saya.
4. Jangan lupa kartu nama
Ini adalah satu hal yang paling penting untuk dibawa ke acara konferensi, dan bawalah dalam jumlah yang banyak. Kebanyakan orang melupakan nama Anda setelah 10 detik berkenalan tetapi jika mereka memiliki kartu nama Anda mereka bisa melihatnya lagi jika mereka membutuhkan bisnis Anda.
Kartu nama Anda mewakili diri Anda sendiri, buatlah sebaik mungkin.
5. Siapkan pitch pendek Anda
Anda akan berbicara dengan banyak orang, jadi jangan berlama-lama untuk memperkenalkan diri Anda, 30 detik cukup! Mengacu ke startup yang sudah ada juga bagus misalnya sebagai contoh, "Instagram untuk BlackBerry", atau "Facebook untuk anjing".
6. Tertariklah dan menjadi menarik pada saat yang bersamaan
Jangan pusatkan pembicaraan hanya pada diri Anda sendiri, ingatlah bahwa tujuan dari datang ke konferensi adalah untuk berkenalan dengan orang lain yang mungkin bisa membantu Anda di masa depan (selain dari memperkenalkan bisnis Anda). Rumus yang biasanya saya gunakan adalah: 30 detik perkenalan diri sendiri, 3 menit mendengarkan dan jika memang benar-benar menarik saya melanjutkan untuk sekitar 5-10 menit dan kemudian beralih ke orang lain. Hentikan pembicaraan jika Anda tidak tertarik untuk melanjutkan jadi Anda bisa terhubung dengan orang lain yang lebih cocok.
Jika orang yang Anda temui memang benar-benar menarik Anda bisa menghubunginya lain waktu lewat email, telepon atau bertemu malam harinya untuk percakapan yang lebih intens.
Berjabat tanganlah dengan keyakinan dan senyuman. Bicaralah dengan suara yang baik dan tegas, tidak terlalu cepat, tidak terlalu lambat. Ucapkan nama Anda dengan bangga dan dengarkan nama mereka juga secara baik, jangan ragu untuk bertanya lagi jika Anda tidak mendengarnya pertama kali. Perlihatkan ketertarikan pada apa yang mereka katakan sebagai tanda bahwa Anda menghormati mereka. Bersikap sopanlah! Kesan pertama yang hebat bisa berdampak jangka panjang.
7. Lakukan tindak lanjut setelah selesai
Setelah acara, saya biasanya mengumpulkan semua kartu nama yang saya dapat dan menggunakan aplikasi Cardmunch untuk mencatat semuanya. Lalu lakukan follow up nama yang menarik lewat email. Lalu buat daftar orang yang bisa saya ajak kerja sama dan kontak mereka untuk meet up bila perlu.
Daftar di atas pada dasarnya sudah semua, saya tahu itu semua adalah hal dasar tetapi lihatlah satu per satu daftar tersebut dan tanyakan pada diri Anda sendiri apakah ada yang Anda lewatkan. Anda pastinya tidak mau membuang waktu Anda di acara konferensi dan pulang dengan tangan hampa bukan?