1. Lifestyle

Tahukah Anda, Pembuat Candy Crush Ternyata Lebih Kaya Dibanding Para Pencipta GTA

Hanya butuh tiga hari bagi Grand Theft Auto V untuk memberikan keuntungan sebesar US$ 1 miliar pada sang publisher. Enam minggu setelahnya, Rockstar telah mendistribusikan hampir 29 juta kopi kepada para retailer. GTAV juga berhasil memecahkan tujuh rekor Guiness World. Menariknya, tingkat kekayaan sang pencipta game fenomenal ini masih belum sebesar pencipta Candy Crush.

Berita ini ditulis IGN berdasarkan Rich List yang dipublikasikan The Sunday Times. Rich List adalah daftar 1.000 orang atau keluarga terkaya di Inggris Raya, yang dirilis dan di-update tiap tahun pada bulan April. Daftar orang terkaya di tahun 2014 baru saja dikeluarkan pada tanggal 18 Mei kemarin.

Di sana kita bisa melihat sebuah data yang unik: aset yang dimiliki developer King pencipta Candy Crush Saga masih belum bisa dikalahkan oleh kakak-beradik Dan dan Sam Houser yang menjabat sebagai presiden dan wakil presiden Rockstar Games.

Dan dan Sam Houser berada di posisi ke-947 dengan kekayaan total £ 90 juta. Memang apa yang mereka miliki masih lebih banyak dibandingkan COO King, Stephane Kurgan, dengan aset sebesar £ 85 juta dan duduk di peringkat 989.

Tapi seperti developer game lain, King memiliki founder, lebih tepatnya dua orang co-founder. Bahkan jika aset kakak-beradik Houser dijumlahkan dengan milik Stephane Kurgan, mereka masih belum mampu mengalahkan modal yang dimiliki kedua co-founder King itu.

 

Info menarik: Layanan Streaming Musik Rdio Kini Hadir di Indonesia

 

Berada di posisi ke-458, Sebastian Knutsson memiliki aset sebesar £ 200 juta. Rekan 'kerjanya', Riccardo Zacconi, bahkan memiliki uang yang lebih banyak lagi: £ 354 juta dan berada di urutan 458.

Tersebut nama Mel Morris sebagai individu terkaya di bidang gaming dalam Rich List The Sunday Times. Ia adalah seorang pengusaha asal Derbyshire yang kebetulan memegang 12 persen saham King, dengan total kekayaan £ 430 dan mengamankan posisi ke-238.

Beberapa nama lain dari industri gaming yang masuk ke dalam daftar orang terkaya tersebut adalah Andrew dan Paul Gower dari Jagex Games Studio sebagai developer game online independen terbesar asal Inggris, yang memegang franchise RuneScape dan Transformers Universe. Mereka memiliki aset sebesar £ 102 juta.

Kemudian ada Neil Taylor dalam Rich List, founder dari jaringan toko retail GAME berbasis Inggris dengan total kekayaan £ 220 juta.

Mungkin dengan membaca artikel ini kita akan berpikir, "Bukankah itu artinya menjadi developer game mobile akan membuat kita cepat sukses dengan instan dibandingkan susah-susah mengembangkan title blockbuster untuk console dan PC?" Masalahnya Rich List hanya menghitung kekayaan yang tampak, dan tidak meliputi faktor lainnya.

Apa itu? Jumlah aset kekayaan perusahaan dan anak perusahaan, harga franchise dan intellectual property, hingga licensing. Itu artinya, Rockstar Games tidak 'semiskin' yang kita pikirkan, dan keuntungan di mobile game hanya merepresentasikan sedikit porsi dari keseluruhan industri hiburan digital. Kita bahkan belum membahas aset yang Valve miliki...

Gambar header: RockstarGames.com.