Categories

Berita

10 Aplikasi Terbaik Dari Ajang CodeForVote Untuk Pemilu 2014

Avi Tejo Bhaskoro - 12 March 2014

Pada hari Minggu (9/3) kemarin, acara hackathon Code for Vote telah usai diadakan. Dengan partisipasi ratusan peserta untuk berkreasi menciptakan aplikasi mobile yang bermanfaat dalam menyambut Pemilu 2014 yang akan diadakan pada 9 April mendatang, inilah 10 daftar aplikasi teratas bersama nama tim yang berhasil memukau dewan juri yang datang dari DailySocial, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan beberapa pihak lain. Dari 10 tadi, enam di antaranya dinyatakan sebagai pemenang dalam gelaran ini.

10 Besar Aplikasi Code for Vote

VoteYuk (Zero Potatoes) Dirancang oleh dua developer muda, VoteYuk adalah aplikasi yang ditujukan untuk menyebarkan informasi lengkap seputar Pemilu kepada seluruh masyarakat. VoteYuk menawarkan layanan browsing informasi dari profil partai, calon legislatif, berita terkait Pemilu, serta fitur laporan rakyat dalam pengawasan Pemilu.

Hayu Nyoblos (K-Team) K-Team merancang sebuah aplikasi yang berisi seputar informasi lengkap perihal Pemilu 2014. Sejumlah info disajikan seperti profil lengkap caleg dan partai. Aplikasi ini dilengkapi dengan konten video seputar Pemilu, dan istimewanya konten video yang tersaji dapat disesuaikan oleh pengguna yang memiliki keterbatasan penglihatan

Info Pemilu 2014 (HD Creative) Info Pemilu 2014 merupakan aplikasi khusus yang memuat informasi seputar Pemilu 2014. Di dalamnya akan terdapat banyak konten informasi seperti profil partai dan caleg, pembagian daerah pilihan untuk para calon legislatif, hingga fitur pelengkap lain seperti sejarah pemilu, jadwal, informasi lembar suara. Ke depannya, HD Creative berencana untuk mengembangkan fitur DPT (Daftar Pemilih Tetap) serta laporan pelanggaran secara langsung.

Pemilu Hore! (Ciheulang) Pemilu Hore! tampil sebagai satu-satunya aplikasi yang menawarkan permainan kuis interaktif seputar Pemilu 2014. Permainan kuis yang disajikan seputar pengetahuan Pemilu secara umum seperti nama-nama partai, dan caleg. Uniknya, data soal permainan dapat disesuaikan dari daerah pemilihan bagi pengguna masing-masing.

Mata Pemilu (Soo Young) Sesuai namanya, aplikasi ini dikembangkan untuk melihat dan mengawasi seluruh komponen Pemilu. Pengguna bisa mengecek daftar pemilih tetap dengan memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), kemudian untuk pengawasan dan penyebaran informasi, pengguna bisa langsung memanfaatkan fitur sosial media di dalamnya dengan adanya API dari Instagram dan Twitter. Pengembang juga tak lupa menyertakan informasi profil peserta Pemilu.

One Vote (OneBit) Aplikasi One Vote menawarkan layanan pusat kanal informasi Pemilu 2014 secara spesifik. Data informasi yang ditampilkan dalam aplikasi One Vote berdasarkan daerah pemilihan yang telah dimasukkan oleh pengguna. Konten yang disajikan tak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya yakni berita seputar Pemilu dan profil para peserta Pemilu. Yang spesial dari aplikasi ini ialah tersedianya fitur yang dapat memantau reputasi calon legislatif di sosial media berikut dengan komentar yang dapat diberikan pengguna.

Pemiloe! Aplikasi Pemiloe! menawarkan sejumlah layanan informasi yang ditujukan bagi pengguna untuk mengenal lebih dalam seluk beluk Pemilu 2014. Selain profil lengkap para peserta Pemilu, aplikasi ini juga menyediakan berita-berita seputar Pemilu yang diagregasi dari banyak sumber berita online. Tak lupa, berita yang dihadirkan dapat dibagikan kepada teman melalui banyak jejaring sosial yang tersedia.

Me Loe One Selain menampilkan informasi tentang para calon legislatif yang bersaing di ajang Pemilu tahun ini, aplikasi ini juga mengajak para penggunanya untuk mengawasi jalannya proses pemilu, melaporkan berbagai macam pelanggaran yang terjadi dalam proses pemilihan umum, dan tentunya mengikuti pemilu itu sendiri, dengan menawarkan insentif berupa poin dan lencana.

Caleg Store (Alexcier) Masih sama seperti aplikasi peserta lainnya yang menghadirkan informasi seputar Pemilu 2014, Caleg Store menonjolkan sisi antarmuka yang mudah dengan tampilan yang menarik. Fitur-fitur andalannya yaitu pengecekan daerah pemilihan, comparison antar caleg, dan fitur memberi ulasan serta pendapat dari para pengguna.

OrangBaik (AppKitchens) Konsep yang ditawarkan aplikasi OrangBaik cukup unik. Di saat aplikasi lain berkutat seputar informasi peserta Pemilu, OrangBaik menawarkan fungsi pengukuran kapabilitas para peserta pemilu. Dengan mengandalkan perhitungan algoritma, pemilih bisa menemukan peserta pemilu mana yang cocok dengan keinginannya dengan memasukkan sejumlah kriteria yang diinginkan. Selain itu, aplikasi OrangBaik juga menyediakan fitur perbandingan antar caleg dan juga ruang diskusi Pemilu terbuka bagi siapa saja.

Pemenang Setelah proses hackathon yang berlangsung selama 24 jam dan diikuti dengan proses penjurian, dari ke-10 peringkat aplikasi teratas tadi, terpilih enam yang dinyatakan sebagai pemenang Code for Vote. Saat ini memang semua aplikasi para peserta belum tersedia di toko-toko aplikasi mobile, dan kelanjutan masing-masing aplikasi tergantung kepada tim pembuatnya yang akan memutuskan apakah akan dilanjutkan untuk dipublikasikan secara umum atau tidak.

Acara Code for Vote ini digelar berkat hasil kerja sama antara Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), KPU, RumahPemilu, dan DailySocial, yang juga didukung oleh Bandung Digital Valley. Selamat bagi para pemenang!

  1. Orang Baik (AppsKitchen)
  2. Pemilu Hore! (Ciheulang)
  3. Caleg Store (Alexcier)
  4. One Vote (OneBit)
  5. Mi Loe 1
  6. Hayu Nyoblos (K-Team)

 

 

[foto: Dok. DailySocial]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter