1. DScovery

10 Contoh Pantun Pendidikan berisi Motivasi untuk Merayakan Hari Pendidikan Nasional!

Pantun pendidikan adalah sebah karya tulis yang ditujukan untuk memberikan motivasi mengenai pendidikan. Berikut ini contoh pantun pendidikan yang dapat kamu gunakan untuk merayakan hari pendidikan nasional!

Pendidikan adalah suatu hal yang krusial dimana setiap masyarakat berhak untuk mendapatkannya. Untuk itu terdapat hari peringatan pendidikan nasional di Indonesia yang diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memeriahkan peringatan hari pendidikan nasional tersebut melalui sebuah pantun dengan tema pendidikan. Berikut ini 10 contoh pantun pendidikan berisi motivasi yang dapat kamu gunakan untuk merayakan hari pendidikan nasional:

Contoh 1

Setiap orang memiliki sebuah masa

Masa itu tidak dapat ditempa dan diputar lagi

Hendaklah kamu mengingat orang-orang yang berjasa

Supaya kelak kamu bisa bermimpi tinggi

Makna Pantun:

Sebagai seorang pelajar hendaklah kita tidak melupakan jasa dan perjuangan orang-orang yang mendukung. Hal ini bisa termasuk guru, orangtua, dan orang-orang terdekat. Karena melalui orang-orang yang mendukung tersebutlah kita dapat berjuang tanpa menyerah dan bangkit kembali saat tertimpa masalah.

Contoh 2

Burung camar terbang melintasi awan

Hujan turun membasahi bumi

Jika pelajar seorang amatiran

Tunggu dewasa kami bersemi

Makna Pantun:

Maksud dari pantun pendidikan tersebut adalah sebagai sebuah representasi atau gambaran, bahwa wajar jika seseorang saat ini masih belum bisa apapun atau masih menjadi bukan siapa-siapa, karena seseorang pada dasarnya bisa karena belajar. Seiring berjalannya waktu akan terus berputar dan bisa jadi orang tersebut kelak akan menjadi orang hebat di kemudian hari.

Contoh 3

Tempuhlah ilmu hingga ke negeri china

Waktu pergi membawa bekal

Kejarlah ilmu dengan bijaksana

Supaya kelak menjadi berakal

Makna Pantun:

Seseorang yang menempuh pendidikan haruslah menjalankan segala nasehat dan amanah dengan bijaksana. Dalam maksud bahwa masukan yang diberikan baik, maka alangkah baiknya jika diikuti untuk memperbaiki diri. Hal ini akan membantu kamu untuk dapat membedakan mana yang benar dan salah.

Contoh 4

Makan nasi lauknya garam

Tidur malam bangunnya fajar

Jika nanti hidup ku tenteram

Itu karena rajin belajar

Makna Pantun:

Pantun tersebut memberikan pelajaran bahwa pendidikan merupakan hal yang penting, terutama dalam hidup seseorang. Jika kita menginginkan kehidupan yang layak di masa tua, maka jangan sia-siakan waktu belajar untuk meningkatkan kompetensi diri.

Contoh 5

Siang hari makan durian

Jangan lupa buang kulitnya

Jika kamu punya pertanyaan

Jangan malu tanyakan ahlinya

Makna Pantun:

Terkadang seseorang memperlambat pengembangan dirinya karena malu untuk menanyakan hal yang tidak dimengertinya. Oleh karena itu, pantun pendidikan tersebut menjelaskan mengenai motivasi untuk jangan malu bertanya jika seseorang memiliki pertanyaan.

Contoh 6

Pohon beringin daunnya lebat

Musim kemarau daunnya meranggas

Jika ingin menjadi orang hebat

Jangan lupa kerjakan tugas 

Makna Pantun:

Seorang pelajar memiliki kewajiban untuk belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh seorang guru. Tugas berarti adalah tanggung jawab yang dapat dilaksanakan oleh orang lain, pantun pendidikan diatas menjelaskan mengenai representasi bahwa jika seorang pelajar ingin menjadi orang hebat maka mulai dari hal kecil seperti mengerjakan tugas sekolahnya.

Contoh 7

Bel sepeda bunyinya ting-ting

Tiap ditekan mengeluarkan irama

Pendidikan memang hal penting

Tapi akhlak tetap yang utama

Makna Pantun:

Pantun pendidikan diatas menjelaskan bahwa setinggi-tingginya ilmu dan pendidikan yang dimiliki seseorang, tetapi akhlak tetaplah hal utama yang tak boleh dilupakan. Karena akhlak mempengaruhi juga bagaimana seseorang akan bertindak, berucap dan bersikap kepada orang lain.

Contoh 8

Orang muslim membayar zakat

Hukumnya dilakukan secara sah

Belajarlah dengan lebih giat

Agar tuanya tidak merasa susah

Makna Pantun:

Makna pantun tersebut menjelaskan bahwa pendidikan adalah hal penting, jika ingin mendapatkan masa tua yang nyaman maka kita harus mengorbankan masa muda untuk belajar lebih giat.

Contoh 9

Sore hari ibu menjerit

Melihat ayah memakan buah lontar

Raihlah ilmu setinggi langit

Setiap orang berhak menjadi pintar

Makna Pantun:

Pantun pendidikan tersebut menjelaskan mengenai hak yang dimiliki setiap orang untuk meraih ilmu setinggi-tingginya, karena setiap orang berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layar dan menjadi pintar. Tidak ada yang bisa membatasi keinginan atau mimpi seseorang untuk dapat meraih pendidikan yang tinggi.

Contoh 10

Naik delman terburu-buru

Sampai jatuh wajah bersemu

Murid baik hormati guru

Kelak ridho ada padamu

Makna Pantun:

Seorang pelajar dalam menempuh pendidikan hendaklah menghormati guru sebagai orang yang orang yang berjasa. Karena melalui gurulah, seorang murid mendapatkan keridhoan dan ilmu yang bermanfaat.

Demikian kumpulan pantun dengan tema pendidikan yang dapat kamu jadikan untuk memeriahkan peringatan pendidikan nasional. Semoga pantun tersebut bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again