10 Ide Peluang Usaha di Bulan Puasa Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momentum yang tepat bagi Anda yang ingin memulai usaha.

Pada bulan Ramadan, umat muslim beramai-ramai menjalankan ibadah berpuasa selama satu bulan. Momentum ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membuka usaha. Hal ini terjadi seiring dengan peningkatan konsumsi masyarakat saat Ramadan.

Usaha yang dibuka saat bulan Ramadan ini dapat dimulai dari usaha kecil-kecilan yang sifatnya musiman. Namun, dapat juga bersifat jangka panjang apabila dikembangkan menjadi lebih besar. Dengan kata lain, usaha tersebut dapat terus berjalan meski Ramadan telah usai.

Bagi Anda yang juga ingin memanfaatkan momentum tersebut untuk mendapatkan pundi-pundi keuntungan, simak beberapa ide peluang usaha yang dapat menjadi inspirasi usaha Anda, sebagaimana berikut ini.

Daftar Ide Usaha di Bulan Ramadan

Berikut ini 10 ide peluang usaha yang dapat menjadi referensi bagi Anda yang baru ingin memulai usaha di bulan Ramadan.

1. Menu Berbuka atau Takjil

Waktu berbuka puasa menjadi saat yang sangat dinanti-nantikan orang yang berpuasa. Ketika saat itu telah tiba, hal yang pertama dicari tentu saja takjil atau hidangan berbuka. Sehingga, ini dapat menjadi peluang usaha yang tepat.

Takjil sendiri dapat berupa berbagai jenis hidangan, mulai dari makanan ringan hingga minuman segar. Contoh takjil yang dapat dijual seperti gorengan, kolak pisang, biji salak hingga bubur sumsum dan masih banyak lagi.

2. Katering Makanan

Saat hendak atau selepas menjalankan ibadah puasa, pastinya membutuhkan banyak asupan makanan, seperti makanan berat. Katering makanan dibutuhkan oleh orang ang tidak sempat untuk mempersiapkan menu untuk berbuka maupun sahur.

Peluang ini dapat dimanfaatkan bagi Anda yang pandai memasak makanan berat seperti hidangan rumahan. Contoh menu katering yang dapat ditawarkan seperti nasi kotak dengan menu ayam, sayuran, telur, tahu, tempe, sambal dan lainnya.

3. Kurma dan Buah-buahan Lainnya

Kurma adalah buah manis khas Timur Tengah yang sering diburu ketika Ramadan. Permintaan akan buah ini melonjak di pasaran tiap kali bulan puasa tiba. Momen ini dapat dimanfaatkan untuk berjualan kurma. Pastikan kurma yang dijual memiliki kualitas dan harga terbaik.

Selain kurma, buah-buahan lainnya juga banyak dicari saat bulan puasa. Kandungan yang terdapat pada buah baik dikonsumsi saat sahur maupun berbuka. Buah yang dapat dijual ketika Ramadan misalnya seperti blewah, buah naga, semangka dan buah-buahan segar lainnya.

4. Kue Kering

Bagi Anda yang pandai baking atau membuat kue, ide usaha kue kering cocok untuk Anda. Menjelang berakhirnya puasa, banyak orang yang membutuhkan persediaan kue kering untuk hari raya lebaran.

Kue kering umumnya akan menjadi hidangan wajib yang disajikan kepada tamu keluarga dan kerabat yang berkunjung saat lebaran. Ada pun kue kering yang biasanya dicari adalah nastar, putri salju, kastengel dan lainnya.

5. Toples

Meski terkesan sederhana, kebutuhan masyarakat akan toples atau wadah makanan juga meningkat saat Ramadan. Biasanya, toples ini digunakan untuk menyimpan kue kering sebagai hidangan hari raya.

Kebutuhan toples baru biasanya bertujuan untuk mempercantik meja dan memberi nuansa baru saat hari raya. Sehingga, bagi yang ingin memulai usaha berjualan toples, pembuatan toples dengan bentuk atau motif unik hingga secara customize dapat jadi inspirasi ide usaha.

6. Hampers atau Parsel

Selain kue kering, permintaan hampers atau parsel juga melonjak menjelang hari raya lebaran. Hampers atau parsel biasanya dibutuhkan untuk orang yang ingin mengirimkan bingkisan kepada kerabat dan keluarga.

Ada pun jenis isi hampers atau parsel yang dapat menjadi ide jualan, misalnya seperti aneka kue kering, makanan ringan, bahan pokok, peralatan ibadah, produk perawatan tubuh, dan lain sebagainya.

7. Perlengkapan Solat

Ramadan merupakan bulan suci bagi umat islam, sehingga bulan ini menjadi waktu yang tepat bagi orang-orang mendekatkan diri kepada Tuhan, melalui ibadah. Sehingga, banyak orang yang membutuhkan perlengkapan solat baru untuk digunakan pada bulan suci atau hari raya.

Dengan begitu, permintaan tersebut dapat direspon dan dimanfaatkan bagi yang ingin memulai usaha di bulan ini. Perlengkapan solat yang umum dibutuhkan, antara lain seperti sajadah, mukena, peci hingga tasbih.

8. Busana Muslim

Permintaan pasar akan busana muslim biasanya melonjak menjelang akhir ramadhan. Busana muslim tersebut umumnya diperuntukkan saat hari raya lebaran.

Bak tradisi, membeli busana muslim baru saat lebaran sudah menjadi kebiasaan kebanyakan muslim di tanah air. Hal tersebut dapat menjadi peluang yang bagus bagi yang ingin membuka usaha di bidang fashion.

9. Jasa Jahit

Jelang lebaran, permintaan masyarakat terhadap jasa jahit biasanya meningkat. Jasa jahit dibutuhkan untuk membuat baju dengan kain pilihan pelanggan, yang secara khusus dipesan untuk special occassion seperti hari raya lebaran.

Bagi Anda yang mempunyai keterampilan jahit, peluang ini dapat dimanfaatkan untuk menyalurkan keterampilan Anda menjadi bisnis yang menjanjikan.

10. Ketupat

Ketupat merupakan salah satu hidangan yang dapat dikatakan sebagai simbol perayaan Hari Raya Idul Fitri. Oleh karena itu, menjelang lebaran, permintaan akan ketupat meningkat. Baik ketupat yang sudah berisi nasi matang atau masih dalam bentuk anyaman.

Sehingga, dapat menjadi opsi bagi yang baru ingin memulai usaha di bulan Ramadan, khususnya bagi yang ingin bergelut di bidang kuliner atau pengrajin anyaman ketupat.

Demikian beberapa ide peluang usaha di bulan puasa Ramadan bagi yang baru ingin memulai usaha. Semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again