1. Startup

Inilah Daftar 10 Startup Finalis Peserta Echelon 2013

Mencari kandidat terbaik merupakan hal yang sangat melelahkan. Setelah berhasil mengelilingi 9 negara di benua Asia, dan menjaring lebih dari 100 startup yang tersebar di 9 negara tersebut melalui event Echelon Satellite, tim e27 akhirnya secara resmi mengumumkan daftar 10 peserta pitching startup pada perhelatan akbar Echelon 2013.

Kesepuluhnya merupakan startup terbaik yang layak tampil di panggung Echelon 2013 yang akan diadakan pada tanggal 4-5 Juni di Singapura. Berikut daftar 10 startup tersebut:

  1. GridMarkets (Malaysia) GridMarkets merupakan startup yang paling menjanjikan menurut Satellite Echelon Malaysia yang beberapa waktu lalu berhasil dinobatkan sebagai salah satu finalis Echelon 2013. GridMarkets sendiri merupakan marketplace yang dikhususkan untuk perusahaan-perusahaan atau lembaga yang ingin menjual kapasitas CPU mereka yang berlebih untuk dapat dijual langsung ke lembaga yang membutuhkan kemampuan komputasi yang lebih meningkat dibanding sebelumnya. Implementasinya, penjual dapat menguangkan aset berlebihnya tersebut kepada lembaga yang membutuhkan untuk kemudian pencapaian B2B dapat terjalin antar kedua lembaga tersebut. 
  2. MathSpace (Australia) Bidang pendidikan merupakan konsentrasi utama yang dijalankan oleh startup yang berbasis di Sydney Australia ini. Tidak seperti halnya e-learning lainnya, MathSpace menawarkan cara yang berbeda dalam pelatihan pelajaran Matematika. Melalui software cloud yang disediakan MathSpace pelajar dapat dengan mudah mempelajari pelajaran Matematika dengan cara yang menyenangkan. Saat ini, MathSpace telah melakukan trial bagi 15 sekolah yang terletak di wilayah New South Wales dan Victoria. MathSpace merupakan startup yang sedang berkembang pesat di negara asalnya dan dipercaya juga merupakan salah satu startup yang menjanjikan pada Echelon Satellite Australia. 
  3. MyLegalWhiz (Filipina) MyLegalWhiz adalah startup yang bergerak di bidang penyedia layanan riset dan studi hukum. Startup ini sangat berguna bagi para praktisi di bidang hukum seperti Lawyer, dan profesional hukum lainnya. Mungkin bisa di-ibaratkan MyLegalWhiz merupakan “google” bagi siapa saja yang ingin mencari tahu dunia hukum secara cepat dan dapat diakses dimana saja. Saat ini, MyLegalWhiz di-inkubasi oleh Kickstart, dan diberi dana awal oleh Launchgarage sebagai bagian dari gelombang pertama dari Garageheads pada Oktober 2012 silam. Sampai hari ini, MyLegalWhiz memiliki sekitar 1300 pelanggan berbayar yang berasal dari kalangan hukum seperti Pengacara, mahasiswa, dan profesional lainnya dengan biaya berlangganan sebesar PhP 500 atau setara dengan US $ 12,50 per bulannya. 
  4. NoonSwoon (Thailand) NoonSwoon adalah startup mobile app yang dapat membantu Anda mencari pasangan secara online dan real time. Uniknya, cara kerja NoonSwoon berbeda dengan layanan blind datinglainnya. NoonSwoon dapat mencarikan Anda “kandidat” teman kencan melalui jaringan teman Anda. Sehingga aplikasi ini bukan pencari blind date melainkan mencari teman yang berstatus single melalui jaringan teman Anda. NoonSwoon merupakan runner up dalam acara Echelon Satellite di regional Thailand. 
  5. POP (Taiwan) POP adalah mobile app yang sedang naik daun di Taiwan. POP merupakan mobile app yang dikembangkan oleh startup developer yang berbasis di Taipei, Taiwan. Aplikasi ini dapat membantu designer aplikasi yang sedang mengerjakan prototype design aplikasinya di atas kertas dan mengkonversikannya ke tampilan di Smartphone dan “mensimulasikan” prototype yang dirancang. Saat ini, POP telah bergabung inkubator raksasa yang berbasis di Silicon Valley yaitu Avos dan juga akselerator 500Startups. 
  6. Stamp (Thailand) Stamp adalah aplikasi unik besutan negeri “Gajah Putih” Thailand. Aplikasi yang didirikan oleh developer startup asal Bangkok ini dapat menggantikan fasilitas stempel resmi konvensional. Aplikasi ini dibuat untuk menghindarkan pemalsuan stempel yang banyak merugikan. Sejak diluncurkan pada Oktober 2012, Stamp telah berhasil mencetak angka 75.000 download dengan 55 merchant yang terdaftar secara official.
  7. TanyaDok (Indonesia) TanyaDok adalah satu-satunya startup perwakilan Indonesia di ajang Echelon 2013. TanyaDok merupakan penyedia layanan portal kesehatan online yang dimotori oleh praktisi kesehatan Dr. Gregorius Bimantoro. TanyaDok melayani layanan dan konsultasi kesehatan yang dibantu langsung oleh 200 dokter dan praktisi medis. TanyaDok juga menyediakan layanan konsultasi medis langsung secara online. Melalui ajang Echelon Satellite Indonesia, TanyaDok merupakan satu-satunya peserta startup paling menjanjikan dan diandalkan Indonesia. 
  8. TradeHero (Singapura) TradeHero adalah sebuah mobile app yang dapat membantu Anda dalam financial trading. Diluncurkan pada Desember 2012, TradeHero telah berhasil membukukan transaksi virtual currency sebesar US $ 5 Milyar melalui 350.000 penjualan dari 50.000 user lebih yang terdaftar. Aplikasi ini juga dapat membantu pengguna dalam berlatih penjualan uang virtual melalui fitur-fitur di dalamnya. Selain itu pengguna juga dapat memantau kondisi pasar dan pelaku pasar dalam in-app leaderboards yang disediakan. TradeHero merupakan startup andalan yang juga menjanjikan ajang Echelon Satellite di Singapura. 
  9. TopAdmit (Taiwan) TopAdmit merupakan startup yang menawarkan jasa editing essay untuk berbagai kebutuhan admission bagi undergraduate, post-graduate, hingga siswa PhD yang membutuhkan. Selain editing essay, TopAdmit juga melayani editing riset paper dan keperluan surat bisnis. Untuk menikmati layanan TopAdmit, pengguna dikenakan biaya 30 cent per kata dalam bahasa Inggris, atau bisa membayar upah per bulan sebesar US $ 500. 
  10. WayGo (Taiwan)WayGo merupakan startup aplikasi mobile yang mampu menjalankan program terjemahan secara instan melalu teknologi Optical Character Reader (OCR). WayGo mampu menerjemahkan karakter-karakter kanji China dan diterjemahkan langsung ke dalam smartphone tanpa menggunakan koneksi internet. Startup yang berbasis di Taiwan ini melakukan monetisasi dengan in-app purchase yang disediakan di dalamnya. WayGo juga merupakan bagian dari 500Startups akselerator yang baru saja “lulus” pada awal Feburari kemarin.

Itulah kesepuluh pitching startup yang berhasil masuk ke perhelatan akbar Echelon 2013 yang diadakan di Singapore Expo Max Atria, Singapura. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi event akbar tahunan ini, Anda bisa memesan tiketnya di sini dan dapatkan discount menarik dengan mengunjungi laman ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again