101Red Wujudkan Jualan Online Tanpa Ribet, Gandeng Brand Lokal Jadi Kunci Utama

101Red lakukan pivot bisnis dengan menggandeng brand lokal dan luncurkan brand kosmetik, simak selengkapnya berikut ini

101Red merupakan sebuah platform bisnis online yang menyediakan berbagai pilihan produk untuk dijual kembali, atau penjualan secara dropship. Bukan hanya produk untuk dijual, 101Red juga menyediakan marketing kit berupa media promosi dan website replika, di mana website tersebut dapat menjadi wadah berjualan yang langsung diisi hingga 45.000 produk. 

Yang unik, seluruh orderan yang masuk akan dikelola oleh tim 101Red.101Red juga memiliki customer service yang dapat melayani pembeli Anda, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra. Kelihatannya sangat praktis, bukan?

Gandeng Brand Lokal

Di balik seluruh hal brilian tersebut, pada awalnya 101Red merupakan platform jual beli yang menjual ribuan produk-produk aksesoris import yang hits di tahun 2016, utamanya produk-produk aksesoris K-Drama dan K-Pop. 

Melebarkan sayapnya, pada tahun 2018 101Red mulai berkolaborasi dengan brand lokal untuk bekerja sama dalam memajukan produk lokal. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap brand lokal, sehingga brand lokal lebih digemari.

Terlebih, kini 101Red dihadapkan dengan keadaan di mana negara importir turut serta berjualan ke pasar Indonesia melalui marketplace, hal ini menyebabkan rusaknya persaingan pasar. Sebab, harga yang ditawarkan lebih rendah dan biaya impor yang lebih terjangkau.

Menyikapi situasi tersebut, 101Red melakukan pivot dengan menciptakan produk lokal bernama Lumecolors serta bekerja sama dengan brand lokal lainnya. Lumecolors merupakan brand penyedia kosmetik yang halal dan memiliki sertifikasi BPOM, dengan kualitas yang bersaing dengan brand luar negeri namun harganya lebih terjangkau.

Christina Lie, Founder 101Red menyatakan bahwa pencapaian terbesar 101Red adalah saat pihaknya melakukan pivot bisnis, dari yang semula importir produk hingga melahirkan brand kosmetik Lumecolors. Lumecolors pada awalnya hanya menjual produk lipcream, namun sambutan baik dari pelanggan membuat Lumecolors bisa melahirkan kategori kosmetik lainnya seperti foundation, compact powder, loose powder, dan akan terus kami berkembang dengan menyesuaikan kebutuhan orang indonesia.

Merangkul brand lokal dan melakukan pivot terbukti menjadi senjata ampuh bagi 101Red. Pivot dalam bisnis memang terkadang diperlukan untuk meningkatkan pendapatan bisnis agar tetap mampu bertahan. Disebutkan bahwa hal inilah yang membuat 101Red eksis hingga kini.

Pelayanan Jadi Fokus Utama

Dalam menyikapi ketatnya persaingan industri saat ini, Christina Lie menyatakan bahwa pihaknya selalu berupaya untuk memberikan pelayanan kepada seluruh pihak yang terlibat, mulai dari para seller, pemilik brand, hingga pelanggan. “Kami yakin, jika kami fokus kepada kebutuhan semua pihak, kami tidak perlu risau dengan kompetitor. Jadi, kami berkompetisi dalam  memberikan pelayanan yang terbaik untuk semua pihak,” ungkap Christina.

101Red berupaya menjadi jembatan antara pemilik brand dengan seller, dengan menyediakan layanan customer service yang ramah serta terus meningkatkan kecepatan pengiriman demi kepuasan pelanggan. Dengan begitu, 101Red berharap bahwa upaya tersebut bukan hanya mampu meningkatkan penjualan para seller, namun juga nama sebuah brand di mata pelanggan.

“Kami turut aktif menjaga harga jual dari semua brand, sehingga jika ada seller kami yang nakal, kami menghentikan jalur distribusinya sebagai tindakan tegas kami kepada seller yang tidak mengikuti harga jual. Kami juga menyediakan marketing kit tambahan berupa video dan foto pendukung, lalu pembinaan baik dari internal hingga mengundang pakar di bidang digital marketing untuk memberikan webinar ke para seller untuk bisa jualan online melalui platform marketplace, Instagram, Facebook, hingga Tiktok,” ujar Christina.

Pentingnya Relasi dan Negosiasi

Sumber: Youtube Christina Lie

Bicara soal modal, Christina mengaku bahwa memulai bisnis tidak melulu butuh modal yang besar. Membangun bisnis tanpa modal berupa materi yang besar mungkin saja terjadi, karena modal bisnis pada dasarnya bukan hanya materi.

“Menurut saya, modal yang diperlukan bukan hanya pinjaman modal. Tapi luasnya relasi juga kemampuan bernegosiasi menjadi modal penting selain modal materi. Sehingga kita bisa bekerja sama saling mengisi kekurangan masing-masing,” tegasnya.

101Red hingga kini tidak melakukan pinjaman modal dalam menopang bisnisnya. Hal tersebut adalah bukti nyata bahwa hal penting dalam memulai bisnis bukan hanya materi dalam jumlah besar, namun antara lain butuh niat yang kuat, kesiapan dalam menghadapi berbagai situasi, luasnya relasi, dan kemampuan negosiasi.

Jualan Online Tanpa Ribet

101Red berupaya meningkatkan kembali slogan jualan online tanpa ribet. 101Red akan terus berupaya untuk menggandeng brand lokal dalam memajukan produk-produk indonesia.

Mengingat saat ini adalah era kolaborasi, Christina menyadari bahwa pihaknya tidak bisa fokus ke banyak hal sekaligus. “Kita perlu untuk menyadari kekuatan dan kelemahan yang dimiliki, lalu mencoba mencari orang yang bisa melengkapi menopang kelemahan tersebut dan kita bisa fokus memaksimalkan kelebihan dengan tujuan untuk membesarkan bisnis.”

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again