1. Startup

25 Game Hasil Mobile Game Developer War 4 Siap Diunduh

Final Mobile Game Developer War 4 telah dilakukan hari Minggu kemarin dalam acara ComFest 2012 di Depok. Game Sakera Math mengantarkan party (tim peserta MGDW 4) Solite Studio terpilih menjadi Rookie of the Year dalam kompetisi tersebut. Selain Sakera Math, ada 24 game lain yang pada saat tulisan ini ditulis, telah dapat diunduh melalui Nokia Store.

Ada game 17-an The Game, yang mengantarkan pengembangnya Sundae Cola, meraih gelar Most Favourite Winner. Game ini menghadirkan berbagai lomba yang biasanya diadakan dalam peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Ada game “Panjat Pinang”, “Balap Karung”, dan “Makan Kerupuk” yang bisa dimainkan oleh pengguna dalam game ini. Tak perlu menunggu hingga 17 Agustus, pengguna yang ingin merasakan meriahnya lomba-lomba ini bisa mengunduh game 17-an The Game di halaman Nokia Store.

Selain pada game 17-an the Game, konten lokal juga banyak ditemui dalam game-game lain hasil MGDW 4 ini. Contohnya ada game Gowes Becak, Ramachron, Balap Enggrang, Petualangan si Malin, Jagoan Pramuka, dan Path to Alengka. GamePath to Alengka misalnya, mengangkat kisah kepahlawanan Rama dan Shinta. Pada game ber-genre Puzzle ini, pemain akan mengarahkan Rama, Hanoman, atau bahkan keduanya untuk menemukan jalan dalam menyelamatkan Shinta, istri Rama. Game Path to Alengka ini berhasil membawa pengembangnya, party Tsuchinoko menjadi finalis kompetisi MGDW 4 ini.

Sementara gameJagoan Pramuka yang dikembangkan oleh party bernama Dart, mengangkat kisah petualangan tiga anak Pramuka dalam usaha membebaskan satwa-satwa langka Indonesia dari usaha penyelundupan. Satwa asli Indonesia ini juga muncul dalam gameEndemic Defender. Dalam game buatan tim pengembang Croopok ini, satwa-satwa tersebut diculik oleh alien. Tugas pemain melalui karakter Roki dalam game ini adalah untuk menyelamatkan satwa-satwa tersebut.

Game dari Para Finalis

Dalam final MGDW 4 yang digelar kemarin, ada 13 finalis bertanding. Ketiga belas finalis tersebut, dipilih dari seluruh 253 party yang mengikuti MGDW 4 ini. Beberapa game dari ketiga belas finalis tersebut juga telah bisa diunduh di Nokia Store. Game-game tersebut misalnya adalah gamePetualangan si Malin karya pengembang Inside Team. Game ini menceritakan usaha karakter Malin yang merupakan anak miskin untuk mengubah nasibnya. Untuk itu, Malin harus melewati sejumlah tantangan agar bisa menjadi kaya.

Finalis lain, Altair, menghadirkan gameGowes Becak!. Game ber-genrearcade ini menceritakan tentang kehidupan seorang tukang becak yang ingin membantu membiayai pembangunan jembatan di desanya dengan cara menarik becak. Pemain harus mengarahkan becak untuk mengantarkan penumpang dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda pada setiap levelnya.

Game lain dari finalis MGDW 4 antara lain game Daru: Lab Run! dari party Kernel, game Catatan Suminten dari party GG , game Typing Guardian - The Seeking of Ethnic Weapon (Parahjangan Team), Kite Master (Inspedio), Goniac (Popepo), Defends the Forest (Left Hand), Evil Culinary (Achemust) dan game MiawVenture(Lynx-Project). Kebanyakan game-game tersebut telah bisa diunduh melalui Nokia Store.

Daftar lengkap game hasil karya rookie-rookie peserta MGDW 4 ini bisa dilihat di halaman ini. Sepertinya jumlah tersebut masih akan terus bertambah, karena kompetisi MGDW 4 ini masih memberi waktu hingga 4 Desember untuk para party men-submit game-nya ke Nokia Store. Pada 6 Desember nanti, MGDW 4 akan mengumumkan pemenang kategori Most Download, Best Graphic, Best Team, Best Education Game, Best Cultural Game dan Best Gameplay untuk game yang telah berhasil di-submit ke Nokia Store.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again