Telah terbukti secara studi ilmiah dari beberapa ahli, bahwa otak manusia dapat merekam sebuah pesan di memorinya 60.000 kali lebih cepat dengan bantuan gambar. Bagi para pebisnis, fakta ini sebetulnya dapat Anda dimanfaatkan untuk memasarkan brand di Instagram–tempat di mana Anda bisa berbagi gambar dan video. Tak terkecuali, hal ini juga berlaku bagi para pebisnis startup.

Audiens di Instagram adalah pasar yang memikat untuk berbisnis, dan mereka bisa ‘ditaklukan’ dengan cara-cara khusus. Tentunya, tidak dengan spamming di kolom komentar para influencer. Sebagai startup, Anda harus kreatif dalam mengelola melebarkan sayap bisnis dan pemasaranmu. Jangan melakukannya dengan cara-cara konvensional.

Ini saatnya Anda membuat strategi pemasaran di Instagram dengan langkah-langkah di bawah ini!

1. Tayangkan Apa yang Ingin Audiens Lihat

Tenang, target audience Anda belum tentu menginginkan gambar-gambar yang telah di-edit sedemikian rupa dan terlihat mencengangkan. Yang perlu Anda perlihatkan adalah nilai dari pesan visual yang ingin Anda sampaikan.

Secara mendasar, itu yang ingin dilihat oleh para pengguna Instagram. Sisanya, Anda hanya perlu lebih dekat lagi dengan targetaudience Anda.

2. Libatkan Influencer

Umumnya, Anda harus membayar influencer untuk membuat konten dan Anda mengharapkan exposure yang besar, misalnya peningkatan followers. Percaya atau tidak, langkah ini perlu Anda ambil. Meskipun, cara ini bukanlah satu-satunya.

Keuntungan bagi Anda bila Anda dikelilingi para influencer. Anda hanya perlu mengundang koneksi Anda tersebut untuk menjadi content writer di akun brand Anda. Ajak mereka untuk berkontribusi membuat konten, dengan kontra prestasi yang sesuai.

3. Konsistensi = Kunci

Seperti kanal media sosial lainnya, mengelola pemasaran di Instagram memerlukan konsistensi yang tinggi. Konsisten dalam karakter brand voice adalah satu hal, dan konsisten untuk urusan waktu penayangan konten adalah hal lainnya. Sedangkan, untuk mencapai hal tersebut scheduling disebut-sebut sebagai cara yang efektif.

Scheduling di Instagram? Kenapa tidak? Anda bisa memanfaatkan fitur dari ombaQ untuk pekerjaan rumah Anda yang satu itu. Dalam waktu dekat, ombaQ akan merilis sebuah fitur baru yang memungkinkan Anda menjadwalkan penayangan konten Instagram. Nantinya, mobile apps ombaQ akan memunculkan notifikasi di smartphone Anda, dan Anda hanya perlu menekan tombol “publish”.

Tidak sulit sebenarnya memasarkan startup Anda di Instagram. Anda hanya perlu memahami karakter media sosial yang satu ini dan ceruk bisnis yang bisa dikelola, serta menerapkan cara-cara jitu marketing yang telah kami rangkum dalam tiga poin di atas. Sekarang, saatnya Anda mengenalkan startup Anda kepada dunia, lewat Instagram!

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung ombaQ. Sumber gambar header: Pixabay