12 August 2012

by wiku

3 Perangkat Game Yang Patut Ditunggu

Seiring perkembangan teknologi. pengalaman memainkan video game memang terus berkembang, tidak hanya dari sisi pilihan game-nya saja tetapi dari gadget yang digunakan untuk memainkan game, mulai dari console, handheld sampai dengan perangkat mobilesmartphone yang kini lumrah digunakan sebagai perangkat bermain game.

Beberapa bulan ini muncul 3 perangkat game yang patut diperhatikan sepak terjangnya, karena menarik perhatian banyak orang termasuk para gamer dan menawarkan pengalaman baru dalam memainkan game. Berikut 3 pertangkat game yang layak ditunggu kehadirannya dan patut diperhatikan perkembangannya:

1. Wikipad

 

Tablet bernama Wikipad ini dikembangkan oleh perusahaan dengan nama yang sama, menghadirkan sebuah pengalaman bermain game dengan perangkat tablet yang bisa ditempatkan pada 'pad' dengan tombol layaknya stick pada console atau menjadikan tablet ini handheld yang bisa dibawa kemana-mana untuk memainkan game favorit.

Perangkat ini akan menampilkan 10.1 inci layar dengan resolusi 16:10 1.280 x 800. Berat tabletnya saja 560 gram dengan ketebalan 8.6mm. Akan menggunakan NVIDIA Tegra 3 T30 1.4Ghz quad-core processor dengan 1GB DDR2 RAM. 8 megapixel kamera belakang dan 2 megapixel depan. Setidaknya akan memiliki16GB ruang penyimpanan internal serta kuat dimainkan selama 6 jam untuk bermain game serta 8 jam video. OS yang digunakan adalah Android 4.1 atau yang lebih dikenal dengan Jelly Bean. Kontroler akan disediakan terpisah yang memiliki beberapa tombl layaknya joystickconsole yang ada sekarang. Memiliki fungsi untuk memaksimalkan suara serta memiliki port untuk mengoneksikan ke sumber listrik.

Untuk awal tidak akan tersedia dalam display untuk 3D namun model selanjutnya akan mendukung tampilan ini. Dikabarkan Wikipad akan mulai dirilis tahun ini.

2. Ouya

Dengan bentuknya yang modern dan keren Ouya memang mencuri perhatian, tetapi bukan hanya karena desainnya saja, karena perangkat berbasis Android ini bisa membawa game yang terjangkau untuk bisa dimainkan di TV.

Meski mendapatk kritik dari industri game, namun dikabarkan waktu rilis nanti akan ada studio game ternama akan menyediakan game mereka di OUYA, seperti Square Enix yang akan menawarkan Final Fansaty III pada peluncurannya.

OUYA sebelumnya mengadakan kampanye di layanan Kickstarter (layanan untuk menggalang dana dari para konsumen) dan mendapatkan sambutan yang luar biasa untuk pengembangan perangkatnya sampai nanti bisa dirilis. Kini masa penggalangan dana untuk mendapatkan perangkat ini telah habis namun, mereka yang tertarik bisa melakukan pre-order lewat situs resmi OUYA.

Spesifikasi gadget game ini antara lain: prosesor Tegra3 quad-core dengan 1GB RAM dan penyimpanan internal sebesar 8GB koneksi HDMI ke TV, up to 1080p HD, WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth LE 4.0, satu buah slot USB 2.0, kontroler wireless dengan dua stick analog, d-pad, 8 tombol, serta sistem tombol dan touchpad. Akan menggunakan OS Android 4.0.

Direncanakan, peluncuran perangkat konsol game ini akan dilakukan Maret 2013.

3. Oculus Rift

Perangkat game yang satu ini masih dalam tahap pengembangan, penggalanan dana untuk dana pengembangan dilakukan di layanan Kickstarter sampai dengan akhir bulan Agustus ini.

Oculus Rift adalah virtual reality headset yang didesain secara spesifik untuk video games, dikatakan perangkat ini akan mengubah cara pemain memandang game secara keseluruhan. Dari demo perangkat ini bisa dilihat bahwa pengalaman bermain game yang membawa kita seolah-olah ada di game itu sendiri adalah salah satu pengalaman bermain game secara 3D yang ingin ditawarkannya.

Perusahaan dibalik perangkat ini bekerja sama dengan berbagai ahli di industri game, antara lain dari Epic Games, Unity, Valve serta id Software.

Meski telah ada perangkat sejenis, namun pengembangnya yakin bahwa Oculus Rift ini akan menawarkan pengalaman yang lebih baik dan harga yang lebih murah. Sebagai penarik untuk penggalangan dana, mereka juga telah menyertakan game DOOM 3 BFG sebagai game pertama yang siap digunakan bersama perangkat Oculus Rift.

Jika tertarik untuk menapatkan perangkat ini sambil mendukung pengembangannya Anda bisa menuju halaman Kickstarter di sini.

artikel ditulis dari berbagai sumber seperti VentureBeat, T3, KickStarter, serta situs resmi masing-masing perangkat. Gambar tumbnail artikel dari Acmi.net.au. Thanks untuk Arisetyo atas info Oculus Rift.