Salah satu kunci kesuksesan sebuah startup adalah menciptakan produk yang disukai dan digunakan oleh masyarakat secara rutin. Sebelum Anda memiliki produk yang tepat dan dapat bekerja dengan baik, sebaiknya tunda dulu untuk melakukan penggalangan dana, menambah jumlah pegawai dan hal-hal terkait lainnya.

Dalam tips DailySocial berikut ini, yang berdasarkan pengalaman founder Crazy Egg dan KISSmetrics Hiten Shah, akan disampaikan poin-poin penting yang bisa dilakukan oleh Anda pendiri startup yang hingga kini masih belum menemukan formula yang tepat untuk menciptakan produk yang berkualitas dan disukai oleh konsumen.

Pendanaan sendiri dan product-market fit

Saat mulai membangun startup pertamanya Crazy Egg, Shah memilih untuk mengeluarkan modal pribadi untuk pendanaan operasional startup miliknya. Selain itu Shah juga secara fokus mencoba untuk membuat produk yang berguna dan tentunya dibutuhkan oleh masyarakat. Dibutuhkan waktu selama 6 bulan penuh hingga akhirnya Crazy Egg menemukan product-market fit yang tepat dan bisa berfungsi dengan baik. Tentunya akan menjadi hal yang sulit untuk menemukan product-market fit yang tepat ketika Anda harus berkompetisi dengan pemain lain yang mungkin memiliki model bisnis yang serupa. Penting untuk menemukan product-market fit di awal proses membangun startup, agar bisnis Anda dapat berjalan stabil dalam jangka panjang.

Hiten Shah mengatakan:

“Pelajaran penting yang kami alami saat membangun perusahaan adalah pentingnya untuk fokus kepada product market fit sebelum masuk ke fase pertumbuhan. Ketika waktunya telah tepat penggalangan dana hingga meningkatkan pertumbuhan bisnis akan terjadi secara sendirinya pada waktu yang tepat.”

Disiplin dan perbaikan

Kunci kesuksesan lain yang perlu selalu diciptakan adalah inovasi dan ide-ide kreatif. Untuk dapat menghasilkan produk yang baik dibutuhkan disiplin yang tinggi dan banyaknya perbaikan, terutama dengan makin sengitnya persaingan dan semakin “demanding”-nya konsumen saat ini.

Segera luncurkan produk Anda

Ketika semua proses telah Anda lalui dan terlihat menunjukkan arah yang positif, segera luncurkan produk Anda kepada pasar yang dibidik. Di lain pihak, upayakan untuk tetap fokus kepada feedback dan masukan dari para konsumen. Pastikan Anda dan tim selalu siap menangkap semua kesalahan dan segera melakukan perbaikan, terutama terkait masalah dan kendala yang kerap dihadapi oleh konsumen.