1. Startup

4 Hal yang Perlu Anda Terapkan Bila Bekerja Secara Remote

Mulai dari menerapkan lingkungan kerja yang bersih, buat jadwal istirahat, hingga hindari pengganggu konsentrasi

Bekerja secara remote di startup memaksa Anda untuk keluar dari zona nyaman. Keuntungannya tidak ada waktu masuk atau pulang kantor, tidak ada ketentuan berpakaian, dan lainnya. Meski demikian, bekerja secara remote bukan berarti membuat Anda jadi bebas dan semaunya dalam bekerja.

Ada beberapa sikap disiplin yang perlu Anda terapkan, tujuannya sederhana yakni membuat Anda tetap produktif dan deadline pekerjaan bisa terselesaikan. Dikutip dari laman ini, ada empat hal yang perlu Anda terapkan:

Lingkungan kerja harus bersih

Salah satu keuntungan yang bisa Anda temukan saat bekerja di bukan perusahaan startup adalah lingkungan kerja yang selalu bersih dan rapi. Untuk itu, tips ini juga bisa Anda terapkan saat bekerja dari rumah. Pastikan Anda tidak kerja di ruang tidur dan pilih ruangan kerja yang jauh dari gangguan konsentrasi (distraction) kegiatan orang rumah.

Apabila Anda bekerja saat traveling, pastikan lokasi kerja bersih dari segala macam gangguan sehingga Anda bisa berpikir jernih.

Buat jadwal istirahat

Bekerja remote memungkinkan Anda untuk bekerja sepanjang waktu yang diinginkan. Hal ini sekaligus menjadi sisi negatif. Untuk itu, Anda perlu siasati dengan membuat jadwal istirahat sekitar satu jam atau dua jam setelah serius bekerja.

Dengan mengambil frekuensi jam istirahat yang teratur, dapat membantu menyegarkan pikiran sehingga akan ada banyak ide baru bermunculan.

Buat deadline kerja

Ketika Anda bekerja remote di startup, Anda harus membuat deadline kerja yang ketat. Ini memastikan agar Anda bekerja sesuai dengan target yang ditetapkan. Kendati Anda kini tidak lagi harus bekerja selama 9 jam ketika masih bekerja di perusahaan lama, Anda masih memerlukan strategi sejenis untuk menjaga produktivitas kerja.

Jika Anda ingin menyelesaikan satu pekerjaan dalam satu harinya, Anda bisa memecahkan deadline menjadi sebuah timeframe khusus untuk tugas tertentu yang harus diselesaikan. Ambil contoh, Anda bisa menjadwalkan pengiriman email pada pagi hari selama satu jam dan satu jam sebelum selesai kerja.

Kemudian, Anda membuat promosi media sosial pada waktu kerja yang telah ditentukan dan sisa waktu akan Anda habiskan untuk menciptakan produk. Kira-kira Anda butuh waktu sekitar satu atau dua minggu untuk menyesuaikan diri dengan ritme kerja seperti itu. Untuk memastikan kinerja tetap produktif, coba modifikasi deadline kerja Anda sebulan sekali.

Hindari gangguan konsentrasi

Bekerja remote artinya banyak memicu timbulnya distraction. Anda harus menjaga hubungan dengan keluarga dan teman-teman, namun pada saat yang sama mereka menjadi beban Anda. Sebagai founder startup, ide untuk bekerja remote menjadi jalan baru untuk mendapatkan teman dan rekan kerja baru. Hal ini sekaligus menjadi gangguan bagi Anda ketika benar-benar ingin fokus mengembangkan bisnis.

Belum lagi bila Anda memilih untuk bekerja dari rumah ada banyak gangguan yang timbul, seperti dari televisi, tugas, dan radio.

Hindari segala macam gangguan dengan membuat jadwal, mengingatkan lingkungan mengenai jadwal Anda, bahkan memakai aplikasi yang membuat Anda terlindung dari beberapa situs yang berpotensi bisa mengalihkan perhatian Anda. Semakin sedikit gangguan, Anda akan semakin produktif dalam bekerja.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again