1. Entrepreneur

5 Aplikasi Manajemen Aset untuk Bisnis, Kelola Aset secara Online!

Daftar aplikasi dan software manajemen aset yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengelola aset bisnis.

Pengelolaan aset perusahaan menjadi salah satu aktivitas bisnis yang rumit, apabila dilakukan secara manual. Perusahaan butuh banyak waktu dan tenaga kerja untuk menyelesaikannya. Selain itu, pengelolaan aset secara manual juga rentan terhadap ketidakakuratan.

Saat ini, perusahaan tidak perlu lagi melakukan manajemen aset bisnis secara manual, dengan menggunakan spreadsheet excel atau checklist. Ada banyak aplikasi dan software yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengelola aset bisnis secara lebih efisien.

Dengan menggunakan aplikasi dan software manajemen aset untuk bisnis, perusahaan dapat mengawasi, melacak, dan mengkategorisasi aset fisik perusahaan secara otomatis. Aset perusahaan tersebut dapat berupa produk, mesin, kendaraan, hingga database perusahaan.

Daftar Aplikasi Kelola Aset untuk Bisnis

Berikut ini beberapa aplikasi dan software manajemen aset untuk bisnis yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan dalam mengelola asetnya:

1. Talenta by Mekari

Talenta merupakan aplikasi yang fokus membantu perusahaan dalam mengelola sumber daya perusahaan. Salah satu layanan yang dimilikinya yakni manajemen aset bisnis. Layanan ini memastikan setiap aset yang dimiliki perusahaan terdokumentasi dan terdata secara menyeluruh.

Layanan manajemen aset bisnis oleh Talenta ini memiliki beberapa fitur, antara lain sebagai berikut:

  • Dokumentasi Aset Perusahaan

Aplikasi ini dapat membantu perusahaan merekap dan mendokumentasikan semua aset yang dimiliki perusahaan dengan lebih rapi. Selain itu, perusahaan juga mendapatkan akses untuk memonitor aset melalui aplikasi.

  • Rekap Aset Dipinjamkan Karyawan

Talenta memungkinkan perusahaan dapat meminjamkan aset perusahaan kepada karyawannya tanpa khawatir. Perusahaan dapat memantau asetnya melalui aplikasi sehingga meminimalkan risiko hilang atau bahkan fraud.

  • Inventaris Aset

Aplikasi ini memudahkan proses inventaris aset yang dimiliki perusahaan. Mulai dari kategorisasi hingga melakukan penomoran aset sehingga mudah dimonitor.

  • Tanggal Pinjam dan Kembali

Talenta by Mekari memudahkan perusahaan untuk mengorganisir peminjaman dengan pendataan tanggal pinjam dan kembali barang secara online dan terpusat.

  • Impor Data Aset Perusahaan

Perusahaan dapat melakukan dokumentasi aset-aset lama yang telah dimiliki dengan mudah lewat fitur impor data aset.

2. Hashmicro

Hashmicro merupakan aplikasi manajemen aset yang dapat digunakan oleh bisnis sebagai solusi pelacakan dan jadwal perawatan aset perusahaan seperti armada, alat berat dan mesin secara real-time.

Aplikasi ini menyediakan informasi mengenai aset bisnis melalui sistem yang terintegrasi, seperti kalkulasi ROI, majamenen perawatan hingga penurunan nilai aset. Hashmicro fitur-fiturnya dapat meningkatkan efektivitas pemantauan aset bisnis.

Ada pun fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan dalam mengelola aset, antara lain sebagai berikut:

  • Monitor Riwayat Aset

Aplikasi ini memungkinkan perusahaan dapat meninjau seluruh riwayat aktivitas aset secara lengkap, termasuk risiko terjadinya riwayat perubahan.

  • Pembuatan Laporan Aset

Hashmicro menyediakan fitur yang membantu perusahaan dalam membuat laporan aset secara instan, dengan berbagai metrik dan diagram yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

  • Rekomendasi Pengambilan Keputusan

Hashmicro memiliki teknologi artificial intellegence (AI) yang dapat membantu perusahaan dalam mempertimbangkan pengambilan keputusan melalui analisis biaya.

  • Identifikasi Aset

Aplikasi ini memberikan fitur intergrasi barcode dan serial number yang digunakan untuk mengidentifikasi dan memantau rincian informasi aset.

  • Perhitungan Nilai Aset

Hashmicro menyediakan informasi akurat terkait perhitungan nilai aset bisnis melalui kalkulasi ROI, expense hingga nilai kapital aset.

3. Gamatechno

Gamatechno merupakan software atau aplikasi ERP yang dapat menjadi solusi dalam mengelola perencanaan sumber daya perusahaan secara real-time dan terintegrasi. Perusahaan dapat memantau seluruh informasi aset bisnisnya dengan fitur-fitur yang disediakan aplikasi ini.

Ada pun beberapa fitur manajemen aset yang dapat digunakan oleh perusahaan, di antara sebagai berikut:

  • Tracking Status dan Lokasi Aset

Dengan menggunakan software manajemen aset ini, perusahaan dapat mengetahui jumlah dan lokasi aset bisnis. Selain itu, perusahaan juga dapat memantau perpindahan, pelelangan, pengurangan dan penambahan fixed asset, sehingga memudahkan proses reporting dan audit perusahaan.

  • Kodefikasi Otomatis

Software manajemen aset ini terintegrasi dengan platform lain dan memiliki barcode scanner yang terpasang pada aset, sehingga memudahkan perusahaan untuk mendata aset tersebut.

  • Master Data Asset

Fitur ini memudahkan perusahaan dalam melakukan pendataan aset yang dimiliki. Pendataan aset tersebut meliputi nama aset, tipe aset, vendor, lokasi aset, dan departemen pemakai aset tersebut.

  • Perhitungan Depresiasi

Aplikasi aset ini memiliki fitur penyusutan, simulasi dan posting jurnal penyusutan untuk membantu perusahaan menghitung depresiasi, tanpa perlu menyewa konsultan untuk melakukan hal ini.

4. Odoo

Odoo merupakan software ERP yang memiliki layanan manajemen aset melalui fitur ‘Accounting Odoo ERP’ yang dimilikinya. Perangkat lunak satu ini memungkinkan perusahaan mengelola aset bisnisnya dengan merencanakan kebutuhan aset, menginvetarisasi aset, menilai aset, mengoperasikan dan memelihara aset, memperbarui dan menghapuas aset, serta melakukan legal audit.

5. AsetKita

AsetKita merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dalam pengelolaan aset tetap, melalui layanan ‘Fixed Asset Management & Tracking System’ yang dimilikinya.

Perusahaan dapat mendokumentasikan asetnya secara detail dengan metode pencatatan yang rinci terkait setiap perubahan, penambahan dan pergerakan aset. Selain itu, perusahaan juga dapat melacak asetnya melalui smartphone dengan scanner 2D.

AsetKita memberikan layanan yang mencakup konsultasi dan perencanaan, migrasi data aset, mendesain tag/label, instalasi dan training penggunaan aplikasi. Selain itu, ada beberapa fitur manajemen aset yang dapat digunakan oleh perusahaan, di antaranya:

  • Teknologi Web

Aplikasi AsetKita yang berbasis web membantu perusahaan untuk mengakses informasi aset perusahaan secara fleksibel, hanya dengan browser. Fitur ini memungkinkan perusahaan dapat mengakses data secara bersamaan karena sentralisasi data.

  • Teknologi Mobile

Perusahaan dapat melakukan pemindaian aset melalui aplikasi di smartphone, tanpa perlu menggunakan pemindai lain seperti handheld scanner ataupun wireless scanner. Dengan begitu, fitur ini dapat membantu perusahaan saat melakukan audit atau inventarisasi.

  • Teknologi QR Code

Seluruh aset yang telah didaftarkan ke dalam aplikasi AsetKita memiliki nomor unik yang menjadi QR code sehingga memudahkan tag labeling aset. Ukuran tag label tersebut juga dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

Demikian penjelasan terkait aplikasi dan software manajemen aset untuk bisnis yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again