1. Startup

Inilah 5 Aplikasi Penunjang Ibadah Anda di Bulan Ramadhan

Menjalani serangkaian ibadah di bulan suci Ramadhan tentu menjadi hal yang “wajib” bagi seluruh umat muslim untuk menjalankannya. Serangkaian ibadah yang dijalankan selama 30 hari ini mau tak mau harus beriringan dengan aktifitas kita sehari-hari seperti bekerja, sekolah, kuliah, dan lain sebagainya yang tentu juga tak bisa kita tinggalkan.

Melihat hal itu, sinergi antara aktivitas dunia sehari-hari dengan ibadah di bulan Ramadhan haruslah berimbang agar kita dapat memperoleh manfaat lahir batin yang sempurna. Berbicara mengenai hal tersebut, kami mendapati lima aplikasi pilihan baik itu untuk smartphone maupun web yang menurut kami sangat berguna untuk mendukung Anda menjalani kualitas ibadah di bulan suci Ramadhan dengan sempurna dan aktivitas sehari-hari dapat berjalan dengan lancar.

Bukp.us Bukp.us (baca: bukpus) adalah singkatan populer di masyarakat yang kepanjangannya adalah Buka Puasa, namun bukan istilah ini yang akan kami bahas tetapi bukp.us disini adalah sebuah aplikasi web hasil kreasi web developer lokal, Jakweb, yang menghadirkan informasi penghitungan waktu mundur (countdown) dari waktu berbuka puasa. Bukp.us bekerja secara real-time, dan dengan mendeteksi lokasi pengguna, bukp.us akan memberikan countdown hingga waktu magrib tiba. Tak hanya itu, bukp.us juga memberikan informasi lain seperti waktu jadwal sholat dan info lainnya. Walaupun didukung dengan tampilannya yang sederhana dan informatif, tampaknya bukp.us saat ini baru hanya bisa dinikmati oleh pengguna yang berdomisili di wilayah Jakarta. Tak menutup kemungkinan jika nantinya akan diperluas ke wilayah-wilayah lain.

Ramadan 2013 Ramadan 2013 adalah aplikasi lifestyle untuk smartphone yang berisikan informasi-informasi yang dapat digunakan oleh para muslim memperoleh informasi yang sangat berguna seperti Masjid Locator, Jadwal Sholat, Check in Tarawih, dan juga Tausiyah Harian. Ramadan 2013 dikembangkan oleh mobile app developer lokal asal Jakarta Firzil Tech dan sudah dapat diunduh secara gratis di laman Google Play dan App Store.

Jadwal Imsak Indonesia Aplikasi yang dikembangkan oleh GITS Indonesia ini menghadirkan informasi jadwal sholat dan jadwal imsakiyah di seluruh wilayah Indonesia. Aplikasi ini dapat membantu pengguna mengetahui jadwal-jadwal ibadah secara keseluruhan dengan dilengkapi alarm sebagai pengingat. Sebagai pelengkap, aplikasi ini juga memberikan informasi arah kiblat yang sangat membantu pengguna menentukan arah ibadah sholat dimana saja.

Muslim Pro Muslim Pro dikenal sebagai aplikasi yang menghadirkan informasi dan referensi yang lengkap bagi umat muslim. Muslim Pro menghadirkan fitur-fitur yang sangat berguna bagi umat muslim memperoleh segala informasi yang berkaitan dengan ibadah dan info lainnya mulai dari Jadwal Sholat, Penentu Arah Kiblat, Lokasi Mesjid, Kalender Hijriah, Jam Adzan, hingga informasi lokasi restoran Halal. Muslim Pro hadir dalam dua versi yaitu dalam versi mobile app dan juga versi website yang belum lama ini baru saja diluncurkan. Tentu dengan kehadiran dua versi tersebut, Muslim Pro dapat dinikmati bagi seluruh pengguna. Untuk pengguna smartphone Muslim Pro tersedia di laman Google Play dan App Store untuk segera diunduh.

Ramadhan Apps (RAppz) Ramadhan Apps adalah aplikasi penyedia informasi seputar ibadah di bulan Ramadhan yang dikembangkan oleh Telkomsel. Dalam aplikasi Ramadhan Apps, pengguna dihadirkan sejumlah fitur dan kanal informasi berkaitan dengan nuansa Ramadhan seperti Jadwal Sholat, Hadits pilihan, Uztadz menjawab, Akhlak Muslim, dan layanan muslim lainnya yang hadir dalam aplikasi tersebut. Sebagai catatan, aplikasi ini sejatinya hanya dapat dinikmati oleh pelanggan Telkomsel yang menggunakan smartphone berbasis Android.

Itulah lima aplikasi pilihan redaksi kami untuk menunjang kegiatan ibadah Anda selama bulan Ramadhan. Dengan bantuan aplikasi-aplikasi tadi diharapkan aktifitas ibadah Anda dapat berjalan dengan lancar seiring dengan aktifitas Anda sehari-hari, sehingga Anda dapat memperoleh manfaat yang sempurna.

[sumber foto: A still-life image of Koran (Holy Book of Muslims) from: shutterstock]

 

 

This mobile channel is brought to you by Samsung Developer Competition 2013. SDC ’13 is an app competition for Android apps that leverage Samsung’s mobile technologies. For more information please visit http://techne.dailysocial.net/sdc.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again