1. DScovery

5 Cara Mudah Membersihkan Virus di HP, Kamu Perlu Tahu ini!

HP yang terinfeksi virus dapat menyerang siapa saja. Maka lakukan beberapa langkah untuk membersihkan virus yang menyerang HP mu.

Saat seseorang menemukan aktivitas tak biasa pada ponsel pribadinya, cara menghilangkan virus di HP adalah salah satu cara yang umum dilakukan. Secara umum, virus di perangkat dapat menimbulkan berbagai bahaya.

HP tidak hanya membantu orang berkomunikasi jarak jauh, tetapi ponsel juga berfungsi sebagai alat penting untuk banyak hal, seperti membayar tagihan, melacak biaya, dan berbagai tugas lainnya yang terkait dengan ponsel.

Jika ponsel terkena virus, berbagai aktivitas menjadi terhambat. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara menghilangkan virus di HP agar ponsel tetap bekerja dengan baik.

Cara Menghapus Virus pada HP Android

Terlepas dari kenyataan bahwa virus umumnya pada perangkat tidak dapat menginfeksi HP, beberapa jenis malware dapat melakukannya. Jika Android kamu menunjukkan gejala infeksi, bersihkan virus di HP atau tablet Android kamu dengan cara berikut:

  1. Singkirkan Aplikasi Berbahaya

Sebagian besar virus Android datang dalam bentuk aplikasi berbahaya. Meskipun Google menghapus malware dari Play Store secepat mungkin, aplikasi berbahaya sering diunduh ribuan kali terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat dihapus dengan penghapus malware ponsel.

  1. Bersihkan Cache dan Mengunduh dalam Browser

Menjaga cache dan download peramban dapat mengurangi kemungkinan virus menyebar di ponsel. Untuk menggunakannya, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka ‘Pengaturan’ pada ponsel.
  • Lalu, ketuk opsi ‘App & Notifications’.
  • Kemudian, pilih ‘Chrome’ atau jenis peramban lainnya yang terpasang di HP.
  • Setelah itu, pada menu ‘Storage & Cache’, pilih opsi untuk menghapus cache dan download di HP.
  • Selesai.
  1. Menjaga Android

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, kamu dapat mengeluarkan steker dan memulai dari awal dengan mengatur ulang pengaturan ponsel kamu ke pengaturan standar pabrik. Ini adalah upaya terakhir kamu sendiri. Coba gunakan aplikasi penghapus virus Android sebelum menyetel ulang ponsel kamu.

  1. Aktifkan Google Play Protect

Google Play Protect adalah fitur di Google Play Store yang berfungsi untuk memantau perilaku aplikasi yang tidak biasa yang dapat menyebabkan malware pada ponsel Android. Kamu dapat memasang fitur ini untuk menjaga ponsel Android aman.

Untuk mengaktifkan fitur ini, ikuti langkah-langkah sederhana ini.

  • Untuk membuka Google Play Store, pilih foto profil akun Anda di pojok kanan atas. Kemudian, cari menu yang muncul dan aktifkan Google Play Protect.
  • Mengetuk "Scan" akan memungkinkan Google Play Protect untuk memindai aplikasi di ponsel kamu. Jika ada aplikasi yang dianggap membawa malware, laporan akan ditampilkan.
  1. Install Aplikasi Antivirus

Memasang aplikasi antivirus dapat menjadi cara untuk melindungi ponsel dari virus. Kamu dapat memilih berbagai aplikasi keamanan di Google Play Store.

Kamu dapat mencoba cara-cara ini untuk menghilangkan virus di HP Android. Dengan menggunakan cara di atas, potensi bahaya virus pada ponsel pribadi bahkan dapat dihilangkan sepenuhnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again