Saat membangun startup fokus utama dari pemilik startup dan tim adalah, bagaimana menciptakan produk atau layanan yang terbaik untuk target pengguna. Namun demikian hal penting lainnya yang juga wajib untuk dicermati adalah, bagaimana Anda mampu melakukan penjualan produk dan layanan startup.

Artikel berikut ini akan membahas 5 cara terbaik melakukan kegiatan penjualan untuk startup baru.

Pemilik startup harus melakukan penjualan sendiri

Masa awal startup merupakan masa yang sangat krusial bagi pemilik startup untuk memahami dan tentunya mengetahui dengan jelas siapa saja target pasar dan seperti apa feedback langsung dari mereka. Sebelum Anda pemilik startup mulai melakukan perekrutan untuk tim pemasaran dan penjualan yang handal, ada baiknya untuk mulai melakukan penjualan secara langsung sendiri kepada target pasar. Selain untuk melakukan interaksi langsung, sebagai pemilik startup, tentunya Anda memiliki informasi yang sangat luas terhadap produk, sehingga memudahkan saat penyampaian informasi tersebut kepada calon pembeli.

Targetkan kepada rekanan dan pelanggan baru

Untuk startup baru tentunya akan menjadi lebih sulit untuk meyakinkan supplier atau perusahaan yang sudah mapan dan profesional. Untuk memudahkan Anda melakukan penjualan dan pemasaran, coba dekati supplier atau perusahaan yang masih baru dan target pengguna dari kalangan millennial yang lebih terbuka menerima perubahan dan layanan terbaru berbasis teknologi.

Fokus kepada early adopter

Jika Anda telah mendapatkan beberapa pelanggan pertama yang telah mencoba dan membayar layanan atau produk startup Anda, ada baiknya untuk selalu membina relasi yang baik dengan mereka, early adopter. Pelanggan yang masuk dalam kategori early adopter biasanya tidak memiliki keraguan dan cukup yakin untuk menggunakan produk startup Anda. Ke depannya pertahankan terus early adopter, atau pelanggan awal Anda, dengan memberikan perhatian dan bonus saat layanan atau fitur baru hadir.

Pasarkan produk yang dibutuhkan oleh pengguna

Kebanyakan startup yang berbasis kepada teknologi memiliki visi dan misi serta target cukup tinggi terkait dengan layanan, fitur dan teknologi yang akan diimplementasikan. Saat startup masih berada pada tahap awal dan mulai memasuki kegiatan pemasaran dan penjualan, ada baiknya untuk memfokuskan kepada fitur dan layanan yang saat ini dibutuhkan oleh target pengguna. Jika memang sudah waktunya dan feedback atau permintaan sudah didapatkan dari pengguna setia, coba hadirkan inovasi baru yang relevan dan tentunya dibutuhkan.

Uji coba gratis atau diskon

Cara yang cukup ampuh untuk menarik perhatian pembeli adalah dengan memberikan diskon khusus atau uji coba gratis (free trial) terhadap layanan atau produk startup Anda. Dengan demikian Anda bisa melihat siapa saja calon pelanggan yang berpotensi untuk menjadi pelanggan setia berdasarkan penawaran istimewa tersebut. Manfaatkan juga masa-masa awal ini untuk mengumpulkan feedback sekaligus melakukan kegiatan pemasaran dan penjualan secara agresif.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.