11 February 2015

by Bambang Winarso

5 Hal yang Bisa Anda Lakukan Saat Smartphone Jadi Korban Banjir

Cuaca di Jakarta dan beberapa wilayah di pulau Jawa sedang kurang bersahabat. Hujan yang turun terus menerus mengakibatkan beberapa titik tergenang air. Bukan hanya mematikan nadi perekonomian, banjir juga mengakibatkan kerugian harga benda. Salah satunya yang sering dikeluhkan adalah smartphone yang terkena air.

Jika Anda sedang berada dalam situasi tersebut, jangan coba-coba menghidupkan atau berusaha mengisi ulang smartphone, karena keputusan tersebut justru akan memperparah keadaan. Lalu apa yang harus dilakukan?

Ada 5 hal yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan smartphone dari kerusakan, antara lain:

Lepaskan Semua Peralatan Tambahan

Yang pertama tentu saja bergerak cepat mengeluarkan perangkat dari air, kemudian lepaskan semua peralatan tambahan seperti baterai, memori eksternal dan kartu SIM. Tujuannya agar air yang tersisa di dalam perangkat mendapat jalan untuk keluar.

 

Info Menarik:Tips Mencari Perangkat Windows Phone Jika Terselip di Dalam Rumah

 

Keringkan Smartphone dan Baterai

Berikutnya, upayakan untuk mengeringkan seluruh peralatan termasuk smartphone dengan kain kering, tisue atau handuk yang halus. Lakukan sebaik yang Anda bisa, jangan terburu-buru atau panik karena hal itu justru akan membuat Anda menjadi tidak teliti.

Sedot Air yang Tersisa

Jika Anda mendapatkan saran untuk menggunakan hair dryer, jangan dengarkan karena hair dryer justru akan mendorong air masuk ke dalam komponen perangkat dan berpotensi memperburuk keadaan. Hair dryer juga menghasilkan panas yang beresiko membakar komponen perangkat.

Sebaiknya gunakan vacum cleaner mini yang khusus untuk keyboard komputer, alat ini dapat Anda beli di toko-toko komputer di kota Anda.

Gunakan Dryer Box dan Silica Gel

Selain kesabaran, tindakan pertolongan berikut ini dapat juga Anda coba. Jika punya, letakkan smartphone ke dalam dryer box ditambah dengan silica gel (bungkusan kecil yang biasa ditemukan di kemasan makanan) yang bertujuan menyerap kelembapan.

Simpan di dalam box tersebut setidaknya delapan jam sebelum kembali memasang kartu SIM, memori dan baterai.

 

Info Menarik:Siap Hadapi Banjir Dengan Aplikasi Android Untuk Musim Hujan Dari MoboMarket

 

Kubur dengan Beras

Apabila tidak mempunyai dryer box atau silica gel, Anda bisa memakai beras sebagai alternatif. Caranya ambil toples atau wadah tertutup lain dan kubur smartphone dengan beras selama beberapa hari sampai beras menyerap kandungan air yang tersisa di dalam perangkat.

Setelah semua langkah di atas Anda kerjakan, sekarang pasang kembali semua peralatan ke smartphone dan coba hidupkan.

Sumber gambar header Shutterstock.