1. Startup

5 Tips Optimalkan Pertumbuhan Bisnis Startup

Mulai dari memanfaatkan teknologi hingga mengukur dengan matang keputusan yang akan diambil

Di hampir setiap siklus perjalanan hidup startup pertumbuhan menjadi kata kunci yang terus diperjuangkan. Banyak usaha dan cara yang diperjuangkan startup untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya. Tentunya semua startup mengharapkan pertumbuhan yang cepat dan terus meningkat. Berikut beberapa tips yang bisa diupayakan untuk membantu pertumbuhan startup.

Meningkatkan kapasitas

Permasalahan yang sering dihadapi startup yang sedang berkembang adalah masalah kapasitas. Masalah kapasitas ini bisa dari segi teknis maupun non teknis. Contohnya seperti jumlah pekerja, server, dan perangkat-perangkat yang produktif. Tidak mungkin sebuah startup tumbuh dengan kapasitas yang stagnan seperti kondisi di awal. Untuk menjaga kapasitas agar bisa tetap sejalan dengan pertumbuhan namun tidak banyak pengeluaran startup bisa mengoptimalkan dengan mulai mengurangi bagian-bagian yang kurang produktif untuk dialihkan ke bagian yang lebih produktif.

Menyelaraskan dengan teknologi yang ada

Sebagai bisnis yang menjadikan teknologi sebagai denyut nadinya startup mau tidak mau harus up to date dengan teknologi. Bukan untuk masalah lain, dengan menyelaraskan dengan teknologi terkini startup bisa mencari celah untuk mengembangkan bisnisnya. Secara sederhana contohnya bisa dilihat dari perkembangan teknologi mobile, setiap startup yang mengikuti tren dengan meluncurkan aplikasi mobile tentu akan memiliki angka pertumbuhan dengan yang tidak. Contoh ini berlaku untuk banyak contoh teknologi lainnya.

Upsell dan Cross-sell

Untuk perusahaan dengan loyalitas pelanggan yang tinggi, upselling dan cross-selling merupakan strategi yang baik untuk mengejar dan memaksimalkan nilai dari setiap pelanggan. Manfaat terbesarnya adalah tidak ada investasi lebih dalam hal iklan, pemasaran, atau hal-hal lainnya. Startup yang sudah memiliki basis yang kuat tinggal memanfaatkan itu untuk mengakselerasi pertumbuhan.

Menambahkan jalur revenue baru

Setelah sebuah startup berada cukup lama di dalam industri baru harusnya sudah mulai memikirkan untuk membuat jalur baru untuk menambah pendapatan. Misalnya dengan mengeluarkan fitur atau layanan premium yang bisa memberikan manfaat lebih ke pelanggan sekaligus menjadi aliran pendapatan baru.

Pengujian, mengukur, dan analisis

Pekerjaan mempercepat pertumbuhan startup tidak bisa dilakukan secara instan. Semua harus dilakukan melalui proses panjang dan diperlukan perhitungan-perhitungan matang. Melakukan pengujian, pengukuran, dan analisis menjadi sebuah hal yang tidak bisa ditinggalkan. Keputusan mengenai pasar, pelanggan, pendapatan, produk, dan lainnya harus direncanakan secara matang dan terukur.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again