1. Lifestyle

6 Game Star Wars Terbaik Sepanjang Masa

Karena kisah Star Wars terbaik tak hanya dihidangkan di layar lebar saja.

Saat-saat mendekati penayangan film Star Wars baru ialah momen menegangkan bagi fans, entah itu The Force Awakens ataupun Rogue One. Para penggemar sejatinya tentu saja mengharapkan kualitas cerita sekelas trilogi orisinal, dan tak mengulang arahan keliru The Phantom Manace. Tapi mereka juga tahu, kisah Star Wars terbaik tak hanya dihidangkan di layar lebar saja.

Permainan video adalah salah satu medium penyajian cerita Star Wars favorit fans. Dan dalam perjalanannya selama lebih dari tiga dekade, gamer telah dimanjakan oleh narasi-narasi apik berisi karakter-karakter tak terlupakan yang tidak kalah menarik dari film-film kreasi George Lucas. Dan lewat daftar ini, Anda bisa menyimak game-game Star Wars terbaik sepanjang masa.

6. Star Wars: Battlefront II (2005)

Meskipun upaya kedua Pandemic menciptakan versi Battlefield dari Star Wars masih belum berhasil, ada banyak aspek dari Battlefront II yang belum bisa disaingi oleh remake garapan DICE. Developer menambahkan banyak fitur dan konten baru sehingga ia betul-betul mampu menyuguhkan pengalaman Star Wars terlengkap, dari mulai bermain jadi Luke Skywalker sampai Boba Fett, menerbangkan TIE Interceptor, hingga melumat pasukan Clone dengan Droideka.

5. Star Wars: Dark Forces (1995)

Ada beberapa alasan mengapa Dark Forces layak disebut sebagai salah satu game Star Wars terbaik: mengusung teknologi paling unggul di masanya dengan desain level jempolan, menawarkan pengalaman first-person shooter seru ala Doom, serta mengenalkan karakter-karakter baru, memperkaya jagat Expanded Universe. Dark Forces juga merupakan permainan shooter pertama yang memungkinkan player melihat ke atas dan ke bawah, serta menunduk dan melompat.

4. Star Wars: Republic Commando (2005)

Merupakan satu dari sedikit permainan Star Wars yang tidak mengikuti tradisi LucasArts: tidak ada opening crawl familier serta kental dengan tema militer. Republic Commando fokus pada empat anggota Delta Squad, pasukan elit tentara Clone. Untuk pertama kalinya, gamer diberikan pengalaman menjadi prajurit biasa yang harus berhadapan melawan musuh-musuh mematikan tanpa bantuan Force dan lightsaber, hanya berbekal taktik jitu dan keakuratan menembak.

3. Star Wars: X-Wing vs. TIE Fighter (1997)

Banyak orang berpendapat, TIE Fighter adalah game simulasi tempur ruang angkasa berbasis jagat Star Wars terbaik. Namun buat saya, X-Wing vs. TIE Fighter menyajikan pengalaman paling lengkap. Di sana, Anda dipersilakan menerbangkan berbagai pesawat tempur baik dari kubu Rebel Alliance maupun Imperial. Awalnya didesain sebagai permainan multiplayer, developer Totally Games akhirnya membubuhkan mode singleplayer melalui expansion pack Balance of Power.

2. Star Wars - Jedi Knight II: Jedi Outcast (2002)

Jauh sebelum The Force Unleashed (yang mengecewakan) dirilis, LucasArt dan Raven Software sebetulnya sudah menemukan formula terbaik untuk menghidangkan permainan action berbasis pertempuran lightsaber dalam ruang tiga dimensi berbekal kombinasi keyboard dan mouse lewat Jedi Knight II. Metode ini merupakan terobosan besar di ranah permainan action, membuat game-game fighting berbasis 2D jadi terlihat sederhana dan mudah diprediksi. Sekuelnya, Jedi Academy, menawarkan opsi kustomisasi yang lebih banyak lagi.

1 .Star Wars: Knights of the Old Republic (2003)

Knights of the Old Republic menyimpan narasi yang boleh dibilang mampu mengungguli trilogi orisinal, lalu sebagian orang setuju, plot twist tak terduga di sana setara pengungkapan identitas Darth Vader di The Empire Strikes Back. Lewat permainan role-playing ini, developer BioWare mengajak Anda bertualang di galaksi 'nan jauh di sana' 4.000 tahun sebelum film A New Hope. Arahan ini membuat Star Wars kembali terasa menyegarkan. Game mengajak pemain mengunjungi lokasi-lokasi baru, menguak misteri Sith, bahkan menjelaskan mengapa Tusken Raider begitu membenci para pendatang.

Honorable mention:

Star Wars: Knights of the Old Republic II - The Sith Lords (2004), Star Wars: Empire At War (2006), Star Wars: Episode 1 - Racer (1999), Star Wars: Galaxies (2003), Star Wars: Rogue Squadron (1998).

Gambar header: Star Wars Wikia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again