1. Entrepreneur

Siapkan Rencana Cadangan, Ini Dia 6 Platform untuk Jualan Live Alternatif TikTok Shop!

Jangan panik, masih ada 6 platform lain yang bisa digunakan untuk jualan live kendati tidak menawarkan sistem penjualan terintegrasi

Pemerintah akhirnya resmi menerbitkan revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 50 Tahun 2020 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik, yang tertuang dalam Permendag No 31/2023.

Dalam revisi tersebut, salah satunya melarang platform media sosial berperan ganda sebagai eCommerce di dalam negeri. Salah satu platform yang saat ini tengah gencar menerapkan hal tersebut adalah TikTok Shop.

Kebijakan ini telah menimbulkan polemik dan perdebatan di sejumlah kalangan, tidak sedikit pula yang kecewa khususnya pengguna yang secara aktif menggunakan platform TikTok Shop untuk menjual barang dagangannya, melalui fitur live streaming yang memang sedang populer di masyarakat Indonesia.

Kendati saat ini TikTok Shop masih bisa diakses, namun jika Anda ingin segera mempersiapkan rencana B, berikut adalah beberapa platform yang menawarkan fitur live streaming yang bisa jadi alternatif menjangkau calon pembeli, kendati tidak didukung sistem transaksi.

Instagram Live

Instagram Live adalah fitur siaran langsung pada platform media sosial Instagram yang memungkinkan pengguna untuk berbagi momen secara real-time dengan pengikut mereka. Dalam mode Live, pengguna dapat berinteraksi dengan penonton melalui komentar dan "love" yang dapat dikirim oleh penonton selama siaran berlangsung.

Siaran langsung ini dapat diakses oleh pengikut melalui ikon profil pengguna di bagian atas feed mereka atau melalui Stories pengguna. Setelah siaran langsung berakhir, pengguna dapat memilih untuk membiarkan video tetap tersedia di IGTV atau menghapusnya.

Fitur ini memberikan pengalaman interaktif dan autentik antara pengguna dan pengikutnya, memungkinkan diskusi, tanya jawab, dan bentuk interaksi lainnya.

Anda tentu tidak bisa menemukan sistem pembelian otomatis seperti halnya TikTok Shop, tetapi platform ini tetap bisa Anda manfaatkan untuk menjangkau konsumen. Transaksinya bisa Anda siapkan secara manual atau menggunakan aplikasi pihak ketiga lain yang sudah mendukung pembayaran online, misalnya Orderfaz atau Selly, dan beberapa aplikasi serupa lain juga bisa dijadikan pilihan.

Youtube Live

YouTube Live adalah platform siaran langsung dari YouTube yang memungkinkan individu dan organisasi untuk menyiarkan video secara real-time kepada audiens di seluruh dunia. Ini menyediakan ruang bagi kreator untuk berbagi, mengajar, mendemonstrasikan, atau mendiskusikan topik dan kegiatan secara langsung dengan penonton.

Penonton dapat berinteraksi dengan kreator melalui komentar langsung dan memberikan apresiasi melalui fitur seperti Super Chat. Kelebihan utama dari YouTube Live adalah kemampuannya untuk menjangkau audiens global, fleksibilitas dalam jenis konten yang dapat disiarkan, serta potensi untuk monetisasi, bisnis dan pengembangan komunitas.

Snack Live

Snack Live adalah fitur dari aplikasi Snack Video yang memungkinkan pengguna untuk melakukan siaran langsung atau live streaming. Dalam siaran langsung ini, pengguna dapat berbagi cerita, kegiatan, atau konten lainnya secara real-time, sementara penonton dapat menonton, berinteraksi, dan terhubung dengan pengguna yang melakukan siaran.

Fitur ini menciptakan lingkungan yang interaktif dan terhubung, memungkinkan pengguna untuk menunjukkan momen-momen Anda dan berkomunikasi dengan audiens secara langsung.

Ini juga memberikan peluang untuk pelaku usaha untuk bercerita dan mengiklankan produk atau layanan Anda, memanfaatkan interaksi dan keterlibatan pengguna untuk menciptakan peluang dan manfaat bagi usaha Anda.

Facebook Live

Facebook Live adalah fitur canggih dari Facebook yang memungkinkan Anda, sebagai pemilik bisnis, untuk mempromosikan produk atau jasa secara langsung ke pelanggan dan pengikut. Jadi, misalnya, kalau Anda ingin launching produk baru atau ada promo menarik, Anda bisa langsung nyalain fitur ini dan pelanggan bisa ikutan lihat dan tahu info terbarunya secara real-time.

Dengan fitur ini, pelanggan bisa memberikan reaksi, komen, dan Anda bisa membalas komen mereka secara langsung. Jadi, bisa dibilang ini cara asyik buat lebih dekat dan interaktif lagi ke pelanggan atau pengikut di Facebook. Plus, video live Anda juga bisa disimpan di Timeline, jadi pengikut yang tidak sempat nonton bisa lihat kembali kapanpun mereka mau!

Shopee Live

Shopee Live adalah fitur live streaming dari platform e-commerce Shopee yang memungkinkan penjual untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk mereka secara langsung kepada para pembeli. Dengan menggunakan fitur ini, penjual dapat menampilkan detail produk, menjawab pertanyaan, dan bahkan menunjukkan demo produk secara real-time, memberikan pengalaman belanja yang lebih interaktif dan informatif bagi para pembeli.

Pembeli yang menonton Shopee Live dapat dengan mudah bertanya tentang produk, memberikan ulasan, dan melakukan transaksi pembelian langsung dalam sesi live streaming. Ini memudahkan penjual untuk menjalin interaksi yang lebih dekat dengan pelanggan, memahami kebutuhan mereka, dan meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas merek.

Shopee Live menghadirkan cara baru dalam berbelanja online yang lebih menarik dan dinamis, memungkinkan penjual dan pembeli untuk terhubung dan berinteraksi secara lebih langsung dan personal.

Bigo Live

membagikan momen, bakat, atau hobi mereka secara langsung kepada audiens dari berbagai belahan dunia. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat menyiarkan kegiatan mereka, berinteraksi dengan penonton, dan bahkan menerima hadiah virtual.

Dalam Bigo Live, penonton dapat mengirim komentar, memberi "like", dan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas yang diselenggarakan oleh penyiar. Ini menciptakan lingkungan yang interaktif dan menyenangkan, di mana pengguna dapat bertemu dan berkomunikasi dengan orang-orang baru, belajar hal baru, dan mengekspresikan diri mereka.

Bigo Live tidak hanya menyediakan hiburan, tetapi juga membuka peluang bagi pengguna untuk mendapatkan penghasilan melalui hadiah virtual yang diterima dari penonton. Ini menjadikan Bigo Live sebagai platform yang menggabungkan hiburan, komunitas, dan peluang bisnis dalam satu aplikasi.

Selain itu, Bigo Live juga bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan brand dan usaha Anda. Sebagai platform yang sedang berkembang, Anda bisa menjangkau pasar baru yang belum pernah disentuh.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again