1. Entrepreneur

7 Aplikasi Manajemen Keuangan untuk Pelaku Bisnis

Daftar aplikasi manajemen keuangan yang dapat digunakan oleh pelaku bisnis.

Di tengah luasnya peluang dalam berbisnis digital saat ini, pelaku usaha perlu memanfaatkannya sebaik mungkin. Pelaku usaha yang masih menggunakan cara tradisional dalam menjalankan bisnisnya dapat berinovasi dan beradaptasi menggunakan aplikasi bisnis digital.

Saat ini, ada banyak aplikasi bisnis digital yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha dalam setiap kegiatan usahanya, termasuk dalam mengelola keuangan bisnis. Berikut ini daftar aplikasi manajemen keuangan bagi bisnis beserta penjelasannya.

Daftar Aplikasi Manajemen Keuangan Bisnis

Aplikasi manajemen keuangan dapat  digunakan oleh pelaku usaha untuk mengatur keuangan bisnisnya. Pelaku usaha dapat memantau alur transaksi keuangannya dengan bantuan teknologi, sehingga dapat mengetahui keuntungan ataupun kerugian bisnis yang sedang dijalankan secara akurat.

Berikut beberapa aplikasi manajemen keuangan yang dapat digunakan oleh pelaku usaha, beserta fitur dan layanan pendukungnya:

1. Finansialku

Finansialku adalah aplikasi perencanaan keuangan berbasis SaaS, yang juga menyediakan layanan penasihat perencanaan keuangan dan media keuangan. Aplikasi ini menargetkan segmen keluarga dan individu, namun tak menutup kesempatan bagi pelaku bisnis untuk dapat menggunakannya.

Dengan aplikasi manajemen keuangan ini, pelaku bisnis dapat mencatat laporan keuangan bisnis, membuat perencanaan keuangan bisnis, mencatat pengeluaran dan pendapatan bisnis serta memonitor portofolio investasi.

2. Jurnal by Mekari

Jurnal by Mekari adalah software akuntansi online berbasis cloud yang dapat digunakan pelaku bisnis termasuk pelaku UMKM untuk mengatur pengelolaan pembukuan, keuangan, dan operasional bisnis.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur unggulan seperti Laporan Bisnis & Keuangan, Akuntansi, Mekari Pay, Invoice & Faktur, Produk & Inventory, Biaya & Anggaran, Perpajakan, Mobile App, dan Mekari Capital.

3. Sribuu

Sribuu merupakan platform keuangan yang dapat digunakan pelaku bisnis untuk mencatat, mengatur, dan menganalisis pengeluaran bisnis secara otomatis dari rekening bank dan dompet elektronik yang dimiliki.

Selain itu, platform ini juga memungkinkan pelaku usaha untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran bisnis secara manual, melakukan budgeting, konsultasi langsung dengan ahli finansial hingga berinvestasi.

4. BukuWarung

BukuWarung adalah aplikasi finansial yang mengklaim produknya sebagai solusi manajemen keuangan bagi pelaku bisnis khususnya UMKM. Sejak awal berdiri pada 2019 hingga kini, aplikasi ini memiliki misi memajukan bisnis lebih dari 60 juta UMKM Indonesia.

Aplikasi ini memungkinkan pelaku bisnis untuk dapat mengelola transaksi penjualan dan utang piutang usaha secara digital. Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan pelaku bisnis untuk mengelola stok, pembayaran, solusi modal usaha, serta pembuatan dan penggunaan QRIS.

5. BukuKas

BukuKas merupakan aplikasi keuangan usaha yang diperuntukkan bagi pelaku bisnis, khususnya UMKM. Aplikasi ini menjamin penggunanya akan merasakan kemudahan dan fleksibilitas dalam mencatat keuangan secara digital.

BukuKas menyediakan beberapa fitur unggulan di antaranya yakni fitur pencatat penjualan dan pengeluaran, pencatat hutang-piutang, pemantau keuntungan, pembuat dan pencetak invoice, pembuat laporan keuangan otomatis, pencatat banyak bisnis (multibook), grafik analisis keuangan, manajemen stok barang serta sistem pembayaran.

6. Finku

Finku adalah aplikasi manajemen keuangan yang dapat digunakan pelaku bisnis dalam mengatur keuangannya. Aplikasi ini memiliki misi untuk meningkatkan literasi finansial masyarakat agar dapat membuat keputusan finansial yang lebih baik.

Ada pun Finku menyediakan beberapa fitur unggulannya, seperti mencatat laporan keuangan secara otomatis, menguhungkan akun bank, e-wallet dan akun investasi, serta semua transaksi bisnis akan tercatat secara otomatis.

7. Halokas

Halokas merupakan aplikasi pengelola bisnis yang memungkinkan pelaku bisnis dapat mencatat keuangan bisnis, menerima pembayaran QRIS, dan memperoleh modal usaha secara online.

Aplikasi ini menyediakan fitur pencatatan transaksi digital yang dapat mencatat dan memonitor pemasukan dan pengeluaran sehingga laba rugi usaha dapat diketahui, mengelola utang piutang usaha, serta mencatat inventori usaha seperti nama produk, harga jual dan kategori produk.

Demikian tujuh aplikasi manajemen keuangan yang dapat digunakan oleh pelaku bisnis.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again