1. DScovery

7 Cara Memilih KPR, Kamu Perlu Paham KPR yang Sesuai dengan Kebutuhan

KPR adalah fasilitas yang diberikan oleh bank kepada nasabah perorangan yang berencana membeli atau merenovasi rumah.

Menemukan pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran adalah salah satu tips untuk memilih KPR yang tepat. Jika seseorang ingin membeli atau membangun rumah, bank akan memberikan mereka Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Untuk menghindari masalah di masa depan, menemukan pemberi pinjaman yang terbaik sangat penting karena pembelian rumah adalah masalah jangka panjang. Kamu juga harus mengetahui beberapa tips tentang memilih KPR sebelum membeli rumah.

Apakah kamu tahu apa saja itu? Langsung saja simak ulasannya hingga akhir!

Pastikan kamu mampu membayar

Kemampuan untuk membayar adalah hal utama yang perlu diperhatikan sebelum kamu mulai mengambil KPR. Jika keuangan kamu masih belum terlalu stabil, jangan terburu-buru mengambil KPR.

Sebaiknya kamu menyisihkan tiga puluh persen dari penghasilan untuk mempersiapkan pengambilan KPR. Kamu harus membayar cicilan KPR setiap bulan hingga lunas. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengambil rumah KPR, kamu harus mempersiapkan uang sebaik mungkin.

Survei rumah

Jangan malas membandingkan harga pasar rumah satu per satu. Pilih yang sesuai dengan kemampuan. Pastikan lokasi yang akan dipilih juga harus dipertimbangkan. Faktor-faktor seperti kemungkinan banjir di daerah tersebut dan jarak dari lokasi ke kantor. Lihat lingkungan perumahan, jalur transportasi umum, dan fasilitas umum di sekitarnya.

Tinjau kredibilitas developer dengan teliti

Selain itu, untuk memilih KPR yang tepat, lakukan penelitian menyeluruh tentang kredibilitas developer sejak awal. Dengan demikian, kamu tidak perlu tertipu dengan promosi yang berlebihan yang hanya akan berdampak negatif di masa depan.

Oleh karena itu, lakukan rekam jejak developer yang dipilih ketika menjual properti selama beberapa tahun sebelumnya. Selain itu, kamu dapat melihat pencapaian, visi misi, dan kredibilitas developer melalui website resmi mereka atau media sosial.

Teliti tentang program KPR yang disediakan

Setelah memeriksa kredibilitas developer, periksa juga program KPR yang disediakan.  Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan harga yang tidak sesuai dengan keadaan rumah yang sebenarnya. Selain itu, periksa apakah rumah memerlukan banyak renovasi, dan tanyakan riwayat perbaikan sebelumnya.

Tentukan apakah diperlukan perbaikan atau renovasi

Dalam beberapa situasi, informasi tentang harga yang tercantum pada iklan mungkin tidak selalu sesuai dengan keadaan sebenarnya. Jangan sampai setelah kamu membeli, banyak bagian yang perlu diperbarui.

Hal ini pasti sangat berisiko, terutama jika kamu tidak mempersiapkan uang untuk kebutuhan yang tidak terduga. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kondisi rumah, jangan lupa untuk bertanya tentang sejarah perbaikan selain menentukan apakah mungkin diperlukan renovasi.

Hitung besaran plafon kredit

Untuk menjadi lebih mudah bagi bank untuk memenuhi kebutuhan kamu, sangat penting bahwa kamu mengetahui batas kredit. Plafon biasanya merujuk pada batas maksimal transaksi keuangan yang diizinkan.

Sebaliknya, plafon KPR adalah batas biaya untuk transaksi tertentu. Ini dibuat untuk mengurangi kemungkinan debitur tidak dapat membayar. 

Cara menghitungnya adalah dengan mengurangi jumlah uang muka yang kamu bayarkan pada bank dengan harga rumah. 

Singkatnya, plafon KPR adalah total utang yang harus kamu lunasi. Misalnya, kamu memilih rumah KPR dengan bunga 30% dan harga total Rp400.000.000. Kamu harus membayar DP sebesar Rp120.000.000, sehingga bank akan memberikan plafon KPR sebesar sekitar Rp280.000.000 kepada kamu.

Pastikan tempo pengajuan dengan serah terima kunci

 Masing-masing pihak bank biasanya memiliki kebijakan tersendiri tentang waktu pengajuan KPR. Pengajuan biasanya memakan waktu antara dua minggu dan satu bulan. Oleh karena itu, pastikan untuk menanyakan berapa lama waktu pengajuan agar kamu dapat memenuhi kebutuhan tambahan.

Selain itu, saat memilih rumah yang siap huni, pastikan untuk bertanya kepada developer kapan serah terima kunci pasti akan dilakukan. Jadi, pastikan hak kamu sebagai pembeli dapat dipenuhi dan jangan ragu untuk menyatakan keberatan jika waktu penempatan rumah tidak sesuai dengan kesepakatan awal.

Apakah sekarang kamu lebih termotivasi untuk mendapatkan hunian segera setelah membaca nasihat memilih KPR di atas? Semoga tulisan di atas bermanfaat, ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again