8 Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi Online paling Mudah

Ada beberapa alternatif yang bisa kamu lakukan untuk download video instagram online tanpa aplikasi dengan mudah. Berikut ini langkah-langkahnya.

Instagram atau yang sering disingkat dengan IG merupakan salah satu media sosial paling populer digunakan masyarakat. Fitur story maupun berbagai konten menarik lainnya seringkali membuat kita lupa waktu dalam mengakses media sosial ini. Pernahkah kamu melihat video di Instagram dan kamu ingin membagikannya ke platform lain?

Atau misalnya kamu bertemu dengan video kucing lucu di Instagram kemudian ingin download video instagram tersebut? Instagram sayang sekali tidak memiliki fitur supaya kita dapat mengunduh video yang lewat di beranda kita secara langsung. Walaupun begitu, ada beberapa alternatif yang bisa kamu lakukan untuk download video instagram online tanpa aplikasi dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa perkenalan mengenai fitur instagram dan cara untuk download video Instagram tanpa aplikasi paling mudah.

Fitur-fitur di Instagram

Ilustrasi Fitu-fitur Instagram | Pixabay

Instagram merupakan salah satu media sosial dengan fitur yang banyak dan hampir semuanya menarik. Beberapa tahun berlalu story instagram masih menjadi pilihan bagi banyak orang untuk menghabiskan waktu santai. Akhir-akhir ini pun instagram mengeluarkan fitur baru bernama Reels. Apa saja sih fitur yang ada pada instagram? Yuk, simak penjelasan singkat mengenai fitur-fitur instagram ini

Upload Foto dan Video melalui Feed

Unggah foto feed merupakan fitur utama yang dimiliki instagram. Sebelum memiliki fitur seperti story dan reels,  Instagram adalah aplikasi yang secara garis besar digunakan untuk sharing foto dan video pendek melalui feed. Dengan fitur ini, banyak yang memilih instagram sebagai platform portofolio berbasis foto, contohnya fotografer dan desainer grafis.

Story Instagram

Instagram Story merupakan salah satu fitur paling laris yang digunakan oleh banyak orang. Fitur story pertama kali dirilis pada Agustus 2016, bersamaan dengan berkembangnya Snapchat. Story Instagram memungkinkan penggunanya untuk menambahkan foto atau video dalam kilas cerita mereka.

Tidak hanya itu, Story instagram memiliki berbagai macam filter dan fitur permainan yang memungkinkan penggunanya untuk mengeksplorasi fitur ini di kala senggang. Foto atau video pada Instagram Story nantinya akan hilang dalam waktu 24 jam.

Highlights atau Sorotan

Pernahkan kamu melihat beberapa bulatan di bagian profil akun IG seseorang? Terkadang mungkin kamu melihat bulatan tersebut bertuliskan bendera negara dan isinya adalah negara yang seseorang tersebut pernah kunjungi. Nah, itulah yang dinamakan highlights atau sorotan. Fitur ini memungkinkan pengguna instagram untuk menyimpan Story Instagram yang biasanya menghilang dalam waktu 24 jam menjadi tersimpan dalam profil akun pengguna tersebut.

IGTV

Fitur IGTV adalah salah satu menu dalam Instagram yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah video dengan durasi maksimal 10 menit. IGTV pertama kali dikenalkan pada Juni 2018 dan pengguna dapat mengunggah video vertikal, tidak seperti instagram yang basisnya portrait. Ukuran maksimal file video yang dapat diunggah adalah 650 MB.

Reels

Menu reels dalam Instagram memberi kesempatan bagi user Instagram untuk membuat video-video pendek untuk dibagikan pada teman maupun semua pengguna instagram lain. Jika akun Instagram kamu merupakan akun publik, video yang kamu miliki dapat menjangkau lebih banyak orang. Hal ini mungkin mengingatkan kamu dengan FYP dari Tik Tok. Reels dapat memungkinkan siapapun untuk menjadi kreator pada komunitas Instagram. 

Explore

Fitur Explore merupakan salah satu fitur dalam Instagram yang sudah ada sejak lama. Explore pertama kali dikenalkan pada pengguna pada Juni 2012. Foto dan media yang berada pada tab menu Explore ini biasanya adalah foto yang mungkin akan disukai pengguna (menurut algoritma yang dimiliki oleh Instagram). Instagram biasanya akan mengolah dan melakukan kurasi atas gambar dan media yang pengguna Like.

Instagram Shopping

Salah satu fitur terbaru yang dimiliki Instagram adalah Instagram Shop atau dapat juga disebut Instagram Shopping. Fitur ini dirilis di Indonesia pada Oktober 2020 setelah sebelumnya rilis di berbagai negara. Dengan fitur Instagram Shopping, pengguna dapat memiliki etalase digital di Instagram.

Fungsi utama fitur ini adalah agar user Instagram dapat melihat berbagai macam produk yang dimiliki oleh toko-toko bisnis di Instagram. Sebenarnya, konsumen –di negara lain– bisa langsung membeli produk melalui Instagram. Hal tersebut dilakukan seperti ketika kita berbelanja pada e-commerce, yaitu kita memasukkan barang ke keranjang lalu melakukan proses check out dan pembayaran. Akan tetapi fitur tersebut belum dapat dilakukan di Indonesia.

Cara Download Video IG di Akun Instagram Sendiri

Ilustrasi cara downlaod video IG | Pexels

Pernahkah kamu membuat story Instagram dan momen dalam story tersebut ternyata ingin kamu abadikan dalam ponselmu? Sebenarnya, Instagram memungkinkan user-nya untuk menyimpan foto maupun video dari feed dan story mereka. Pengguna hanya perlu untuk mengaktifkan pengaturan untuk dapat menyimpan foto maupun video secara otomatis. Berikut adalah cara agar Instagram kamu dapat download video maupun foto di akun kamu ke perangkat kamu.

  1. Akses aplikasi Instagram kamu.
  2. Klik pada kamera InstaStory pada pojok kiri atas layar perangkatmu.
  3. Pilih simbol roda gigi pada kiri atas layar.
  4. Kamu perlu mengaktifkan opsi Simpan ke Rol Kamera.

Melalui pengaturan tersebut, kamu dapat menyimpan media secara langsung ke perangkat kamu. Jika kamu ingin melakukan download pada Story Instagram kamu secara mandiri pada saat ini, berikut adalah langkahnya.

  1. Buka aplikasi Instagram
  2. Akses Story yang ingin kamu simpan
  3. Pilih tombol Lainnya yang ada pada kanan bawah layar
  4. Klik Simpan > Simpan Video

Cara Download Video Feed, Story, Reels dan IGTV Tanpa Aplikasi

Selain mengunduh video instagram sendiri tentunya banyak dari kamu yang ingin download video-video menarik dari media sosial populer ini. Berikut ini adalah cara disertai rekomendasi situs yang dapat kamu gunakan untuk download video Instagram dengan mudah tanpa memakai aplikasi.

Ilustrasi cara unduh video Instragram | Pixabay

Download Video Instagram melalui SaveFrom.net

Situs SaveFrom merupakan salah satu website yang dapat digunakan untuk download video dari berbagai macam platform. Website yang cukup powerful ini memungkinkan penggunanya untuk mengunduh video dari Instagram, YouTube, dailymotion, dan lain sebagainya. Berikut adalah kiat untuk download video IG melalui SaveFrom.

  1. Salin tautan video yang ingin kamu unduh.
  2. Buka situs SaveFrom yaitu https://savefrom.net/.
  3. Tempelkan link yang sebelumnya sudah ter-copy dari clipboard kamu.
  4. Pilih Download serta tunggu informasi file yang ingin kamu unduh muncul pada website ini.
  5. Ketika file sudah muncul pada layar perangkatmu, kamu dapat klik opsi Download MP4.
  6. Hati-hati dengan iklan pop-up yang mungkin muncul.
  7. Tunggu hingga proses unduh selesai dan selamat! Video kamu sudah dapat terunduh.

Download Video Instagram melalui SnapInsta.app

Situs lainnya yang dapat digunakan untuk mengunduh video Instagram adalah SnapInsta.Berikut adalah cara untuk mengunduh video IG melalui SnapInsta.

  1. Jangan lupa untuk copy tautan dari video yang ingin kamu unduh.
  2. Buka website SnapInsta yakni https://snapinsta.app/.
  3. Pilih jenis video maupun foto yang ingin kamu unduh pada misalnya video, foto, Reels, Story, dan IGTV.
  4. Tempelkan tautan video yang telah di-copy tadi.
  5. Lalu, klik opsi Download dan tunggu hingga muncul informasi file video.
  6. Ketika video sudah muncul, klik Download Video.
  7. Kamu akan langsung melihat proses download video dan file akan ada perangkat kamu setelahnya.

Download Video Instagram melalui Inflact.com

Cara untuk download video Instagram selanjutnya adalah melalui situs Inflact. Cara dalam mengunduh video dengan Inflact memiliki langkah yang mirip dengan penggunaan SnapInsta. Berikut ini adalah langkah lengkapnya.

  1. Copy tautan dari video yang ingin kamu unduh.
  2. Buka website Inflact yaitu https://inflact.com/downloader/instagram/
  3. Pilih jenis video maupun foto yang ingin kamu unduh pada misalnya video, foto dan Reels.
  4. Paste tautan video yang telah di-copy 
  5. Klik pilihan Download dan tunggu hingga muncul informasi video.
  6. Ketika video sudah muncul, klik Download Video.
  7. Video akan otomatis terunduh
  8. Kamu juga dapat mengunduh video IGTV dan Story dengan memasukkan username akun orang yang mengunggah video (akun harus bersifat publik).

Download Video Instagram melalui Storysaver.net

Sesuai dengan namanya, Storysaver memiliki strategi branding untuk untuk menjadi platform downloader Instagram Story. Berikut ini cara kerja dari platform ini.

  1. Akses website Storysaver yaitu https://www.storysaver.net/ 
  2. Ketikkan nama akun yang mengunggah story dan videonya ingin kamu download
  3. Klik opsi Download
  4. Centang pada Captcha yang muncul, pilih I’m not a Robot
  5. Pilih story yang ingin diunduh
  6. Klik pilihan Save as Video
  7. Untuk melakukan download highlight, klik Show#Highlight
  8. Pilih highlight yang ingin diunduh
  9. Klik Save as Video
  10. Kamu juga dapat download video IG Feed melalui Storysaver melalui linkhttps://www.storysaver.net/download-instagram-videos/

Download Video Instagram melalui Downloadgram.org

Situs downloader video instagram selanjutnya adalah Downloadgram. Cara untuk download video Instagram dengan situs ini cukup mudah. Berikut cara untuk mengunduh video IG melalui platform ini.

  1. Salin tautan video instagram yang ingin diunduh
  2. Buka situs Downloadgram.org yaitu https://downloadgram.org/
  3. Paste tautan video yang telah di-copy 
  4. Klik Download tunggu hingga muncul informasi video.
  5. Ketika video sudah muncul, klik Download Video.
  6. Video akan otomatis terunduh
Gambaran cara unduh video Instagram | Pexels

Download Video Instagram melalui FastSave

Situs yang dapat kamu coba untuk dapat download video IG lainnya adalah FasSave. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Salin link dari video yang ingin diunduh.
  2. Buka website FastSave yaitu http://fastsaveapp.com/
  3. Tempelkan tautan video yang telah disalin
  4. Klik pilihan Download dan tunggu hingga muncul informasi video.
  5. Ketika video sudah muncul, klik Download Video.
  6. Video akan otomatis terunduh

Download Video Instagram melalui Gramsaver.com

Website yang mungkin ingin kamu coba lainnya untuk mengunduh video Instagram adalah Gramsaver. Cara untuk mengunduh video IG melalui platform ini cukup mudah. Simak kiat-kiat berikut.

  1. Salin tautan video yang ingin diunduh.
  2. Buka website Gramsaver yaitu https://gramsaver.com/
  3. Tempelkan link video yang tadi telah disalin
  4. Klik pilihan Download dan tunggu hingga muncul informasi video.
  5. Ketika video telah muncul, klik kotak Download yang menampilkan resolusi dan ukuran video yang akan diunduh.
  6. Video akan terunduh pada perangkatmu

Download Video Instagram melalui Igdownloader.com

Cara lain yang mungkin dapat kamu lakukan untuk download video Instagram adalah dengan menggunakan Igdownloader. Langkahnya di antaranya adalah berikut ini

  1. Copy link dari video yang ingin diunduh.
  2. Buka website Igdownloader.com yaitu https://igdownloader.com/ 
  3. Pilih jenis video maupun foto yang ingin kamu unduh pada misalnya video, foto dan Reels.
  4. Tempelkan tautan video yang telah disalin
  5. Pilih opsi Download dan tunggu hingga muncul informasi video.
  6. Ketika info video sudah muncul, klik Download Video.
  7. Video akan terunduh pada perangkatmu
  8. Kamu juga dapat mengunduh video IGTV dan Story dengan memasukkan username akun orang yang mengunggah video (dengan catatan akun uploader harus bersifat publik).

Instagram setiap harinya menyajikan berbagai hiburan menarik yang mungkin membuat kamu ingin menyimpan beberapa momen langka ke galeri kamu. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk mengunduh video kesukaan kamu ya!

Sumber gambar header: Pexels

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again