1. Startup

About.me: Layanan Untuk Membuat Halaman Profil Secara Online

Layanan online seperti jejaring sosial, layanan penyimpan foto, blog dan berbagai layanan lain salah satunya fungsinya bisa digunakan untuk menyimpan data pribadi atau sebagai sarana online presence dan berjejaring. namun biasanya berbagai layanan ini terpisah-pisah menjadi layanan yang berdiri sendiri.

Di dunia internet telah ada beberapa layanan untuk menyatukan semua alamat online yang dimiliki oleh pengguna pada satu tempat, semacam aggregator atau kartu nama online. Salah satu layanan yang pernah dibahas di DailySocial adalah layanan Flavors.me, yang secara sederhana bisa dikatakan sebagai aggregator yang memberikan layanan untuk mengumpulkan berbagai akun yang dipunyai oleh pengguna, mulai dari blog sampai jejaring sosial dan menyatukannnya di satu tempat. Flavors.me juga menyediakan fasilitas, di mana pengguna bisa menambahkan sentuhan artistik, baik berupa foto atau desain lain, tanpa harus memiliki atau membangun web sendiri.

Kini bertambah lagi layanan yang hampir mirip dengan Flavors.me namun dengan beberapa fasilitas pembeda yang dimilikinya, layanan itu adalah About.me. Saat ini layanan About.me masih bersifat private beta, tetapi kemarin saya telah mendapatkan undangan untuk mencoba layanan ini (terima kasih untuk artikel TheNextWeb), dan ingin membagi pengalaman awal saya dalam menggunakan layanan About.me.

Seperti pada layanan Flavors.me, di About.me Anda bisa membuat halaman pribadi semacam kartu nama online di mana Anda bisa mencantumkan berbagai layanan online yang Anda miliki seperti blog, jejaring sosial atau URL dan RSS dalam satu tempat, yang memudahkan orang lain mengenal atau melakukan kontan dengan Anda.

Untuk mulai menggunakan About.me, setelah melakukan pendaftaran dan menentukan nama akun Anda, langkah pertama yang bisa dipilih adalah menyiapkan background dari tampilan halaman About.me, ada beberapa pilihan yang telah disediakan atau Anda juga bisa mengunggah pilihan gambar Anda sendiri dengan format JPG, GIF dan PNG dengan ukuran maksimum 5MB. Jika Anda menyukai tampilan polos dan minimalis, pilihan tanpa backround juga tersedia.

Setelah itu, Anda bisa mengisi keterangan biografi dari halaman About.me Anda seperti nama, headline dari halaman Anda, serta keterangan singkat untuk menggambarkan diri Anda. Tersedia juga pilihan untuk menambahkan avatar. Untuk menuliskan biografi, About.me menyediakan fasilitas editor sederhana yang berisi fasilitas untuk cetak tebal dan miring, garis bawah, bullet/numbering, serta fasilitas untuk membuat tautan.

Fasilitas lain yang disediakan yaitu fasilitas untuk mengganti warna background, termasuk beberapa elemen desain tampilan, seperti warna teks untuk nama, headline, serta teks biografi dan tautan. Untuk huruf, About.me juga menyediakan pilihan untuk mengganti font serta mengatur ukurannya.

Setelah semuanya selesai, kini salah satu bagian terpenting dari layanan seperti About.me adalah menambahkan berbagai layanan online ke halaman About.me. Pengguna bisa menambahkan akun dari berbagai layanan online seperti dari Twitter, Facebook, LinkedIn, Tumblr, WordPress, Blogger, Posterous, Flickr, TypePad, Foursquare. Pengguna juga bisa menambahkan URL atau RSS secara manual.

Selain dari tampilan kosmetik atau yang berguna mempercantik halaman profil, About.me juga menyediakan layanan dashboard, di mana pengguna bisa melihat data statistik dari halaman profil masing-masing. Di fasilitas ini, Anda bisa melihat jumlah view, jumlah klik, jumlah link yang merujuk ke halaman profil Anda. Terdapat juga historical statistics yang berisi jumlah rata-rata pengunjung di halaman profil pengguna, jumlah visitor baru serta jumlah total view.

Dashboard di layanan About.me juga menyediakan data dari aktivitas yang telah dilakukan oleh Anda sendiri, seperti misalnya jika Anda mengintegrasikan akun Twitter di About.me, Anda bisa melihat jumlah Tweet, jumlah follower, dan jika Anda menambahkan akun LinkedIn, Anda juga bisa melihat jumlah kontak yang telah ada di akun LinkedIn Anda.

Untuk membantu mempromosikan halaman profil, About.me juga menyediakan fasilitas promote, di mana terdapat fasilitas untuk meng-embed tautan halaman profil, membuat email signature, serta pilihan untuk membagikan tautan halaman profil di social web, seperti Twitter atau Facebook.

Selain dari layanan yang dimiliki oleh About.me, hal lain yang cukup menarik dari About.me yang terdiri tim berisikan 11 orang ini adalah, mereka telah mendapatkan investasi, antara lain dari True Ventures, Radar Partners, Freestyle Capital, Scott Kurnit, AOL Ventures, David Mahoney, Founder Collective, & Ron Conway. Serta memiliki penasihat yang terdiri dari, Chris Sacca, Om Malik (GigaOm0), Dick Costolo, dan beberapa penasihat lain.

Kalau melihat layanan yang tersedia untuk ditambahkan di About.me memang lebih sedikit dari yang ditawarkan oleh Flavors.me yang memberikan fasilitas lebih untuk menambahkan berbagai layanan di masing-masing segmen, Twitter, Facebook, Tumblr, Posterous, Blogger, Wordpress, LinkedIn, Goodreads, Netflix, Last.fm, YouTube, Flickr, Foursquare, Etsy, Vimeo, Picasa, Delicious, TypePad, Soundcloud, Digg, Formspring, Github, Tripit, Gowalla, Behance, atau menambahkan RSS secara manual. Namun About.me juga berencana untuk menambahkan layanan lain seperti YouTube, Vimeo, Pandora dan Fromspirng.

Seperti yang dituliskan oleh TheNextWeb, About.me juga direncanakan akan tetap gratis namun akan berjalan menuju model freemium, dengan beberapa rencana fasilitas berbayar seperti fasilitas analisis perilaku media sosial, domain name management serta fasilitas alamat email About.me.

Hal ini mirip yang juga dijalankan oleh Flavors.me yang juga menjalankan sistem freemiun, dengan pendaftaran gratis, namun untuk mendapatkan fasilitas lebih, seperti fasilitas nama domain yang personal, statistik serta direktori, penguna harus meng-upgrade ke layanan berbayar.

Well, bisa dibilang akan hampir selalu ada 'clone' untuk setiap layanan, demikian juga dengan Flavors.me dengan About.me, tetapi untuk urusan nama sepertinya layanan About.me lebih menarik karena merujuk pada nama pribadi pengguna, misalnya halaman profil saya beralamat di About.me/wikupedia.

Salah satu fitur favorit saya yaitu, tautan email yang memungkinkan penggunjung halaman profil saya untuk secara langsung mengirimkan email, cukup klik tautan 'email me', isi keterangan email secara lengkap, klik send dan email akan terkirim ke alamat email yang telah saya atur para awal pendaftaran akun.

Selain rencana menyediakan fasilitas statistik secara gratis, penasihat serta investor dibelakang About.me juga diisi oleh beberapa nama yang berpengalaman di bidang dotcom, kita lihat fitur serta fasilitas apa yang akan diluncurkan berikutnya. Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan About.me, Anda memang harus sedikit bersabar, namun sambil menunggu undangan dari About.me, Anda bisa booking lebih dulu nama akun yang Anda inginkan, untuk menjaga agar nama Anda tidak diambil orang lain. Anda bisa melakukannya dengan menuju tautan ini.

Berikut beberapa tautan contoh halaman profil dari tim About.me: Ryan Chris, Tony Conrad, Jake Alheid.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again