Categories

Gadget

Acer Perkenalkan Keluarga Laptop ConceptD Baru: ConceptD 7 SpatialLabs dan 4 Varian ConceptD 3

Laptop yang dapat menampilkan konten 3D tanpa kacamata khusus hadir untuk para desainer dan developer. Dengan spesifikasi yang sangat tinggi, berapa harga dari laptop-laptop ini?

Dimas Galih W. - 19 October 2021

Acer kali ini memperkenalkan laptop mereka yang berbeda dari yang biasa ada di pasaran. Laptop bernama ConceptD 7 SpatialLabs Edition (CN715-73G) bisa menampilkan visual teknologi 3D Stereoscopic yang tidak memerlukan kacamata khusus. Pasar yang ingin mereka capai adalah para desainer, developer, serta pembuat konten.

“Acer senantiasa berusaha mendobrak batasan antara manusia dan teknologi. SpatialLabs merupakan contoh yang kami lakukan untuk mendobrak batasan tersebut. Mulai dari produk dan arsitektur CAD hingga proyek grafis 3D, kini para konten kreator dapat melihat desain 3D mereka selama proses berjalan. Dengan begitu, para kreator mampu melakukan preview desain 3D mereka sebelum proses rendering selesai agar hasil desainnya lebih maksimal. Melalui laptop ConceptD 7 SpatialLabs Edition, para kreator lebih bebas berkreasi dalam membuat desain ataupun video animasi 3D,” ujar Jerry Kao, Co-COO, Acer Inc.

Laptop ConceptD 7 SpatialLabs Edition ini menggunakan prosesor Intel Core i7 Generasi ke-11 serta memakai GPU NVIDIA GeForce RTX 3080. Acer juga membenamkan RAM DDR4 berkapasitas 64 GB dan SSD NVMe PCIe sebesar 2TB. Layar dari ConceptD 7 ini memakai resolusi UHD 4K bersertifikasi PANTONE yang mencakup 100% gamut warna Adobe RGB dan tingkat akurasi warna Delta E<2.

Di atas layarnya, Acer menempatkan satu set kamera stereo yang dapat melacak posisi mata, pergerakan mata, dan kepala pengguna untuk menampilkan gambar dalam 3D stereoskopik. Kamera ini dapat memproyeksikan dua gambar dengan perbedaan tipis melalui lensa optik yang telah direkatkan ke panel layar. Gambar tersebut kemudian masing-masing dibiaskan ke mata yang berbeda.

Teknologi rendering real time ini bekerja jika pengguna memutar kepala, maka gambar 3D stereoskopik akan menyesuaikan posisi kepala, seolah-olah pengguna melihat sekelilingnya. Dengan serangkaian teknologi AI, laptop ini mampu menghasilkan stereo image generation sehingga memungkinkan pengguna untuk mengubah konten 2D standar menjadi konten 3D stereoskopik.

Agar bisa menampilkan konten ke dalam format 3D, Acer juga menyediakan sebuah software yang bernama SpatialLabs Model Viewer pada laptop ini yang mendukung file 3D dari beberapa software.  Add-on SpatialLabs Model Viewer juga tersedia untuk beberapa 3D software, seperti Autodesk Fusion 360, Rhinoceros, dan Zbrush. Untuk para kreator gaming, Acer juga telah meluncurkan program SpatialLabs untuk Unreal Engine.

Selain ConceptD 7 SpatialLabs Edition, Acer juga memperkenalkan versi baru ConceptD 3 Ezel 15,6 inci dan versi 16:10 dari ConceptD 3. Acer juga memperluas lini ConceptD 3 dengan beberapa model baru, seperti model clamshell 16 inci baru (CN316-73G) yang menampilkan layar rasio aspek 16:10 dan model convertible 15,6 inci baru (CC315-73G) dengan pen Wacom EMR. Acer juga merilis ConceptD 3 Pro (CN316-73P) dan ConceptD3 Ezel Pro (CC315-73P) dengan prosesor Intel Core i7 dengan 4,6 GHz dan GPU NVIDIA T1200.

Harga dari ketiga laptop ini tentu saja tidaklah murah, mengingat spesifikasi yang diberikan memang sangat tinggi. ConceptD 7 SpatialLabs Edition akan memiliki harga sekitar $4.160 (sekitar 58 jutaan rupiah) saat diluncurkan di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika pada bulan Desember. Untuk ConceptD 3 dan ConceptD 3 Pro 16 inci nantinya akan memiliki harga $1.699,99 (sekitar 24 jutaan rupiah) dan $1.899.99 (sekitar 28 jutaan rupiah). ConceptD 3 Ezel dan ConceptD 3 Ezel Pro akan memiliki harga $1.899,99 (sekitar 28 jutaan rupiah) dan $1.999,99 (sekitar 29 jutaan rupiah).

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter