1. Lifestyle

Ada Lebih Dari 8 Juta Orang Mengakses Steam Bersamaan di Hari Terakhir Summer Sale

Dengan Steam Summer Sale, para gamer pria akhirnya bisa mengerti mengapa wanita bersikeras untuk tetap berbelanja saat ada sale atau diskon, walaupun mereka tak terlalu membutuhkan barang tersebut. "Untuk persediaan di lain waktu, mumpung harganya sedang murah," alasan inilah yang digunakan jutaan gamer saat membelanjakan uangnya di Steam.

Steam Summer Sale 2014 baru saja berakhir pada tanggal 30 Juni kemarin setelah berlangsung selama 11 hari semenjak 19 Juni 2014. Dalam periode itu, Valve menawarkan diskon untuk berbagai game yang berbeda-beda. Dan tampaknya, hari terakhir Summer Sale juga menjadi puncak traffic layanan distribusi aplikasi dan permainan mereka itu. Terhitung lebih dari delapan juta orang mengakses Steam bersamaan.

Dengan begitu, angka tersebut merupakan rekor terbaru yang dicetak oleh Steam - mengalahkan jumlah concurrent user sebelumnya yang baru mencapai 7 juta pengguna. Hal ini bisa dipahami karena Steam Summer Sale sendiri sangat menggoda. Tiap harinya Valve menawarkan beberapa promo berbeda: Dealy Deals, Flash Sales hingga Community's Choice.

 

Info menarik: Valve Kembali Sajikan Diskon Game Besar-Besaran dalam Steam Summer Sale

 

Promo-promo ini menyajikan potongan harga 'masuk akal' dari mulai 33 persen hingga 'gila-gilaan' mencapai 90 persen. Dalam Summer Sale, beberapa judul game bahkan ditawarkan dengan harga US$ 5 hingga US$ 1,5 - lalu diskon juga berlaku untuk pre-order permainan yang belum dirilis, seperti contohnya versi PC Dead Rising 3 dan juga The Witcher 3: Wild Hunt.

Pada rekor jumlah user Steam sebelumnya, sekitar setengah juta orang mengakses Dota 2 secara bersamaan. Lalu pada awal 2014, Valve mengabarkan bahwa terdapat peningkatan pengguna sebanyak 10 juta pengguna hanya dalam waktu tiga bulan: 65 juta pengguna di bulan Oktober, menjadi 75 juta di bulan Januari.

Untuk sekarang hanya Valve yang tahu info detail total pengguna Steam. Hal terakhir yang mereka ungkapkan adalah jumlah penjualan game pada periode 2014 lebih tinggi daripada penjualan di tahun 2012 ditambah 2013. Hal tersebut memberikan kita gambaran betapa sehatnya ekosistem PC gaming dan juga potensi perkembangan layanan distribusi digital di waktu yang akan datang.

 

Info menarik: 7 Juta Lebih Pengguna Mengakses Steam Bersamaan, Setengah Juta Bermain Dota 2

 

Tapi kita juga harus mengerti bahwa concurrent user tidak sama dengan concurrent player. Belum tentu seluruh delapan juta pengguna tersebut juga mengakses game. Mungkin seperti saya, mereka membiarkan Steam tetap menyala sambil mem-browsing judul game yang sedang promo, atau menanti diskon Flash Sales berikutnya.

Untuk hari ini, Dota 2 masih tetap menjadi permainan dengan jumlah pemain terbanyak, mencapai 775.000 orang lebih, disusul oleh Counter-Strike: Global Offensive di posisi kedua, Team Fortress 2 di urutan ketiga dan Sid Meier's Civilization V di tempat keempat.

Via DualShockers. Gambar header: The-Ripple.co.uk.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again