19 March 2015

by Glenn Kaonang

Adobe Document Cloud Ingin Merevolusi Cara Kita Menghadapi Dokumen

Di era serba digital ini, rupanya kita masih harus sering dihadapkan dengan dokumen-dokumen fisik pada berbagai kesempatan sehari-harinya. Baik di lingkungan kerja maupun birokrasi, kertas masih mendominasi, dan pengadopsian format digital (PDF) masih belum begitu merata.

Pada titik ini, Adobe ingin mengubah cara kita berhadapan dengan segudang dokumen sehari-harinya. Mereka meluncurkan layanan berlangganan Adobe Document Cloud, mendampingi Creative Cloud dan Marketing Cloud yang sudah lebih dulu menjalani karirnya.

Bagian pertama dari Adobe Document Cloud adalah Acrobat DC, software PDF manager yang akan menggantikan Acrobat XI secara penuh. Dengan Acrobat DC, pengguna kini bisa mengonversikan dokumen fisik menjadi PDF menggunakan kamera milik perangkatnya masing-masing, baik yang berjalan di platform Android, iOS atau Windows.

Info menarik: Saingi Google Docs, Apple iWork Kini Bisa Diakses Siapapun dengan Web Browser

Fitur semacam ini memang sudah banyak ditawarkan aplikasi lain, akan tetapi Acrobat DC telah membawa ‘talenta’ Photoshop untuk mengoptimalkan tampilan PDF yang dibuat, plus teknologi OCR (optical character recognition) untuk mengenali teks. Lebih lanjut, Acrobat DC dapat mengenali kolom maupun baris isian pada formulir sehingga Anda bisa meng-input data secara langsung.

Dengan berlangganan Adobe Document Cloud – $15 per bulan – Anda juga dapat mengakses seluruh dokumen digital milik Anda yang tersebar di beberapa perangkat sekaligus. Tidak hanya itu, file yang tersimpan di Creative Cloud dan bahkan Microsoft Office 365 juga bisa Anda akses dari satu sumber terpusat.

Adobe Document Cloud juga membawa fitur bernama Mobile Link. Fitur ini sejatinya mirip dengan fitur Handoff yang diperkenalkan iOS 8. Contohnya, saat Anda membuka sebuah dokumen di tablet, dokumen tersebut akan otomatis terbuka saat Anda mengakses Acrobat DC melalui PC atau Mac.

Info menarik: Dropbox for Gmail Adalah Extension Google Chrome untuk Mempermudah Melampirkan File di Gmail

Sejauh ini mungkin Acrobat DC terkesan lebih ditujukan untuk segmen enterprise, terlebih jika melihat tarif bulanannya yang cukup tinggi. Untuk itu, Adobe telah menyiapkan aplikasi Android dan iOS yang bisa digunakan konsumen rumahan secara cuma-cuma.

Aplikasi tersebut bernama Adobe Fill & Sign. Sesuai namanya, ia dirancang untuk menyulap dokumen fisik menjadi format digital (PDF) sekaligus mempermudah pengisian formulir dan pembubuhan tanda tangan pada dokumen tersebut. Semuanya tanpa dipungut biaya.

Baik Adobe Document Cloud dan Acrobat DC (desktop + mobile) akan tersedia dalam sekitar 30 hari ke depan. Adobe Fill & Sign untuk iPad sudah bisa Anda unduh dari App Store hari ini juga. Versi Android-nya akan segera hadir di bulan April menurut situs Android Police.

Sumber: Adobe Blog via Mashable.