1. Startup

Adways Bawa Permainan "World of Monster" ke Indonesia

Konsultan media digital Jepang, Adways, mulai bergerak dan menawarkan permainan "World of Monster" dalam bahasa Inggris untuk penggemar permainan di platform mobile. World of Monster sementara ini di Indonesia hadir untuk platform Android, sementara versi iPhone-nya menyusul. Permainan yang memiliki nama asli "Kaibutsu Chronicle" tersedia secara gratis di Android Market dan disyaratkan hanya bisa diunduh oleh ponsel Android dengan Sistem Operasi 2.1 ke atas. Jika Anda cek, porting ini memang khusus ditujukan untuk pengguna ponsel (Android) di Indonesia.

Seperti yang disebutkan dalam rilisnya, World of Monster sendiri bergenre Social RPG dan dapat dimainkan secara bersama-sama dengan teman. Model permainan dengan genre tersebut memang cukup populer belakangan ini, terutama yang bersifat online. Ini mungkin adalah langkah besar bagi Adways untuk menembus pasar mobile Indonesia. Adways sendiri baru membuka kantor di Jakarta akhir September lalu.

Adways sendiri selaku konsultan media digital nampaknya memiliki portofolio yang cukup luas. Masih ada tiga jenis permainan lagi yang masih menunggu untuk di-porting bagi penikmat permainan mobile yang tidak mengerti bahasa Jepang, yaitu World of Ninjas, Beauty Salon, dan Hero. Selain itu Adways juga memiliki layanan yang berkaitan dengan pengelolaan akun media sosial (Facebook dan Twitter) dan berbagai strategi optimalisasi suatu situs.

Setahun terakhir ini memang Indonesia kebanjiran hadirnya layanan yang berkaitan dengan media digital, venture capitals, dan inkubasi dari Jepang. Ini bisa diekspektasikan bahwa Indonesia adalah pasar yang sangat menarik bagi investor Jepang. Meskipun demikian, kita tidak boleh terlena karena PR untuk mengembangkan ekosistem startup teknologi di Indonesia masih panjang dan terjal. Semoga kehadirannya memberikan manfaat bagi startup dan layanan media digital di tanah air.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again