Digital Marketing

Program Affiliate Lazada VS Shopee, Lebih Baik Gabung Mana?

Program affiliate marketing kini banyak diselenggarakan oleh e-commerce di Indonesia. Program ini marak diikuti oleh masyarakat, sebab dianggap sebagai langkah memperoleh penghasilan tambahan dengan mudah.

Masyarakat yang bergabung sebagai mitra affiliate, bertugas mempromosikan produk kepada konsumen, hingga terjadi transaksi pembelian. Nantinya, mitra affiliate akan diberi sejumlah komisi, sesuai dengan kesepakatan bersama.

Ada pun di antara e-commerce yang memiliki program affiliate ini adalah Lazada dengan “Lazada Affiliate Program”, dan Shopee dengan “Shopee Affiliate Program”.

Mengenal Latar Belakang Kedua Program

Lazada Affiliate Program

Program afiliasi yang diinisiasi Lazada adalah program kerja sama dengan berbagai perusahaan, network dan content creator sebagai mitra affiliate, yang didasarkan atas performa masing-masing.

Alur kerja dari program ini, dimulai dari mitra affiliate mempromosikan penawaran menarik yang ditawarkan Lazada, dengan membagikan tracking link kepada semua orang. Pengunjung yang mengklik link itu akan diarahkan ke halaman produk Lazada.

Ketika pengguna mendaftar akun Lazada, menemukan produk, dan memutuskan membeli, mitra affiliate akan diberikan komisi, dengan catatan pesanan berhasil dan dikirim secara valid.

Sebagai salah satu e-commerce terbesar di Asia Tenggara, Lazada mengklaim, program afiliasinya memiliki komisi tertinggi di industri serupa, tanpa batas maksimal komisi bagi mitranya.

Shopee Affiliate Program

Pada dasarnya, program afiliasi dari Shopee sama-sama mengajak mitra untuk mengiklankan produk-produk pada platform, melalui konten media sosial. Dalam mendorong penjualan pada platformnya, Shopee menggaet para content creator, yang akan beriklan melalui berbagai platform media sosial.

Perbedaan Lazada dan Shopee Affiliate

Meski memiliki latar belakang dan tujuan program yang hampir serupa, kedua program affiliate baik dari Lazada maupun Shopee memiliki perbedaan dalam beberapa segi aspek. Antara lain, sebagai berikut:

  1. Cara Beriklan

Lazada Affiliate Program

Dalam mengiklankan produk-produk Lazada, mitra dibebaskan memilih jenis platform sosial media, dengan jenis konten apa saja. Mitra dapat membuat konten tulisan di laman blog/website atau Facebook, hingga konten video di Instagram, Tiktok, YouTube dan lainnya.

Shopee Affiliate Program

Sedangkan, Shopee cukup mempertegas aturannya terkait cara beriklan bagi mitranya. Untuk diketahui, Shopee sendiri, menyebut mitra affiliate-nya dengan sebutan Shopee Affiliates Team, yang terbagi atas tiga kategori.

Pertama, Shopee Affiliates, yakni, mitra tanpa minimal pengikut (followers/subscribers) di media sosial. Kedua, Influencers, yakni mitra dengan minimal pengikut media sosial 2.000 orang. Keduanya dibebaskan membuat semua jenis konten dalam beriklan.

Lalu yang ketiga, Partners, yakni mitra dengan minimal pengikut media sosial 2.000 orang, yang harus membuat konten original dalam beriklan. Shopee mempertegas, mitra jenis ini dilarang membuat konten yang berisi kumpulan screencapture produk.

  1. Produk yang Dipromosikan

Lazada Affiliate Program

Lazada memberikan tiga opsi yang dapat dipromosikan oleh mitra affiliate. Di antaranya, kampanye Lazada, brand dan seller tertentu, atau setiap produk yang dijual di Lazada.

Lazada sendiri memiliki sekitar 300 juta usaha yang terdaftar di platformnya. Sehingga, mitra affiliate tidak diberikan batas untuk mempromosikan produk.

Namun, Lazada tidak menyarankan mitra affiliate untuk mempromosikan logam mulia/emas dan kebutuhan digital seperti isi ulang atau pembayaran tagihan. Sebab, komisi tidak berlaku untuk kategori tersebut.

Shopee Affiliate Program

Sementara, Shopee merekomendasikan produk yang dapat dipromosikan oleh mitra affiliate adalah produk dari penjual kategori Star, Star Plus dan Mall. Selain itu, Shopee mengaku tidak akan memberi komisi.

Shopee juga memberikan kebebasan bagi mitra affiliate-nya untuk memilih produk yang ingin dipromosikan. Selama, bukan produk seperti rokok, vape, ganja, obat-obatan terlarang, produk dewasa, dan produk tidak original atau palsu.

  1. Besaran Komisi

Lazada Affiliate Program

Pada program ini, Lazada memberikan komisi hingga 15% kepada mitra affiliate-nya. Besaran komisi akan menyesuaikan berdasarkan jenis pengguna yang membeli dan produk yang dibeli, melalui promosi mitra affiliate.

Sebagai informasi, komisi akan ditransfer ke rekening bank mitra affiliate maksimal 21 hari setelah pembelian tiap bulannya. Jumlah minimal komisi yang ditransfer adalah 350 ribu rupiah. Jika belum mencapai itu, komisi akan diakumulasikan pada bulan berikutnya.

Shopee Affiliate Program

Lain dari Lazada, Shopee memberikan komisi mulai dari 2,5% hingga 10% bagi mitra affiliate. Besaran komisi akan menyesuaikan dengan jenis kategori mitra dan jenis pengguna yang membeli produk promosi.

Komisi akan ditransfer pada minggu pertama dan ketiga setiap bulannya, atau setiap dua minggu sekali. Lalu, minimal komisi yang dapat ditransfer jauh lebih rendah dibanding Lazada, yakni mulai 10 ribu rupiah saja.

Dari paparan berbagai perbedaan-perbedaan di atas, calon mitra affiliate dapat menentukan program affiliate mana yang lebih cocok diikuti. Apakah itu Lazada Affiliate Program, Shopee Affiliate Program, atau mungkin keduanya?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter