1. DScovery

Affiliate Marketing: Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Apa sih affiliate marketing itu? Apa saja keuntungannya?

Istilah affiliate marketing yang satu ini cukup banyak di dunia pemasaran digital. Affiliate marketing bisa dibilang sebagai salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk diterapkan pada saat ini. Selain itu, pemasaran afiliasi ini tidak hanya menguntungkan pebisnis saja, melainkan affiliate marketer juga.

Melalui program ini, kamu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan mudah, hanya dengan memanfaatkan media sosial saja. Nah, kalau kamu senang bermain media sosial dan membuat konten, enggak ada salahnya lho menjadi affiliate marketer. Berikut artikel lebih lengkap mengenai affiliate marketing, disimak ya!

Pengertian Affiliate Marketing

Lalu affiliate marketing itu apa, sih? Affiliate marketing merupakan salah satu program untuk mempromosikan produk atau jasa dari perusahaan. Nantinya, kamu akan mendapatkan komisi jika ada transaksi jual beli.  Nah, kamu akan mendapatkan besaran komisi yang, mengikuti persentase dan harga jual produk. Biasanya komisi dihitung dari penjualan, tapi ada juga yang menghitungnya dari leads, klik ke website, pengguna free trial, dan download aplikasi.

Strategi marketing ini terbilang cukup efektif untuk meningkatkan penjualan produk. Jika kamu membuka kanal Twitter atau TikTok, pasti kamu bisa menemukan strategi marketing jenis ini dengan mudah. Tentu saja kamu juga bisa menjadi affiliate marketer. Jangan khawatir, menjadi affiliate marketer tidak mengharuskanmu memiliki banyak followers di media sosial, kok.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Cara kerja affiliate marketing sebenarnya mudah, hanya membagikan tautan produk ke berbagai media sosial saja. Berikut cara kerja affiliate marketing.

1. Mendaftar Program Afiliasi

Hal pertama yang perlu kamu lakukan jika kamu tertarik menjadi seorang affiliate marketing, yaitu mendaftarkan diri pada program afiliasi. Kamu bisa mendaftar melalui situs web masing-masing perusahaan atau merek suatu produk. Sederhananya, Kamu hanya perlu mengetikkan "affiliate marketing [brand or company]", akan muncul tautan yang mengarah ke halaman pendaftaran afiliasi. Misalnya, Kamu ingin mendaftar Program Afiliasi Shopee, maka Kamu hanya perlu Google kata kunci ini, Kamu akan menemukan situs web untuk mendaftar.

Setelah mendaftar untuk program afiliasi ini, Kamu akan menerima tautan afiliasi. Setelahnya, ada ID afiliasi yang digunakan untuk mencatat semua transaksi yang berasal dari ID ini. Jadi komisi bisa masuk ke akun afiliasi kamu.

2. Bagikan tautan afiliasi

Setelah kamu mendapatkan tautan afiliasi, kamu dapat membagikan tautan tersebut di situs web atau blog, TikTok, Instagram, Twitter, atau jejaring sosial lain yang kamu miliki. Kamu juga bisamembagikan tautan dengan orang-orang terdekat.

Misalnya di aplikasi TikTok, orang sering mengunjungi konten menarik dan menyediakan tautan produk yang mengarah ke e-commerce tertentu atau toko TikTok itu sendiri. Misalnya, aset di OOTD, di akhir video, pemilik konten membagikan tautan untuk membeli celana, tas, atasan, atau sepatu.

3. Melakukan Transaksi

Setelah tautan affiliatemu tersebar di media sosial, biasanya jika orang tertarik pada produknya akan segera klik tautan tersebut. Jika pengunjung membeli produk dari tautanmu, transaksinya akan tercatat oleh jaringan link afiliasi.

4. Menerima Komisi

More Coverage:

Jika proses transaksi jual beli pengguna melalui tautan affiliatemu berhasil, tentu saja kamu akan menerima komisi. Besaran komisi yang kamu terima bisa berbeda-beda mengikuti harga produk yang terjual. Kamu bisa mencairkan komisimu ke rekening secara langsung, namun terdapat jumlah minimal pencairan. Misalnya, komisi bisa dicairkan jika sudah terkumpul sejumlah Rp50.000, maka kamu harus mengumpulkan komisi sampai sejumlah Rp50.000 untuk mencairkannya.

Kelebihan Affiliate Marketing

Affiliate marketing memberikan banyak kelebihan, berikut beberapa kelebihan affiliate marketing.

  • Mudah dilakukan, kamu hanya perlu berfokus pada strategi pemasaran dan tidak terlibat langsung pada penjualan produk termasuk pengiriman produk.
  • Bisa dikerjakan tanpa modal atau gratis.
  • Bisa dijadikan sebagai penghasilan tambahan.
  • Fleksibel, bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun.
  • Bisa mempromosikan banyak produk sekaligus.

Kekurangan Affiliate Marketing

Pada pelaksanaannya, menjadi affiliate marketing juga memiliki banyak tantangan dan kekurangan. Berikut kekurangan affiliate marketing.

  • Besaran komisi tidak bisa diprediksi, sehingga penghasilanmu cenderung berubah dan tidak tetap.
  • Memiliki banyak pesaing, sehingga kamu harus kreatif dalam mempromosikan suatu produk yang kamu tawarkan di media sosial.
  • Memerlukan eros kerja dan kesabaran yang tinggi. Tentu saja kamu harus bersabar, terlebih jika baru memulai merintis karier menjadi seorang affiliate marketing.

Berikut artikel affiliate marketing. Manfaatkan media sosialmu sebaik mungkin untuk mendulang pundi-pundi rupiah dengan cara menjadi affiliate marketing. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again