Kami memperoleh konfirmasi bahwa ajang kompetisi startup Seedstars World akan menyambangi Indonesia tahun 2014 ini. Seedstars World adalah ajang kompetisi startup global yang fokus di negara-negara berkembang. Sebelumnya di tahun 2013 Seedstars World hadir di sejumlah kota di Asia, yaitu Bangalore, Singapura, Bangkok, Hong Kong, Beijing, Tokyo, dan Seoul. Final Seedstars World untuk periode yang sekarang bakal diadakan 4 Februari mendatang di Jenewa.

Berbeda dengan berbagai ajang kompetisi startup yang lain, Seedstars World bersifat eksklusif. Hanya startup yang diundang saja yang bisa mengikuti acara ini. Ada sejumlah persyaratan yang diberikan supaya sebuah startup bisa mengikuti acara ini, di antaranya: maksimal berusia 2 tahun sejak pendirian, maksimal hanya memperoleh pendanaan $500 ribu, dan telah membukukan keuntungan. Nantinya pemenang di setiap event regional akan mengikuti tahap grand. Pemenang kompetisi ini akan memperoleh pendanaan (hingga $500 ribu), coaching, dan berbagai dukungan untuk operasional startup.

Dalam kunjungannya ke berbagai kota di Asia, berikut adalah pendapat tim Seedstars World dengan kaitannya terhadap pengembangan startup:

Two general comments that apply for the whole region that are interrelated:

  • There is a lot of copycats across Asia.  True. But the innovation is about how they localize it smartly to their country and culture.
  • In Asia, we find a distinct digital culture that is clashing with our user behavior in the West.

Menurut tim Seedstars World, Singapura adalah kota dengan ekosistem startup terbaik di Asia (dari berbagai kota yang mereka kunjungi) karena memiliki kombinasi komponen-komponen startup yang bagus, pendanaan yang cukup, ekosistem yang super aktif dengan jumlah coworking space, accelerator, incubator, dan kompetisi yang tak terhitung. Kami tak sabar mendengarkan pendapat mereka tentang iklim startup di Indonesia secara umum.

Sebagai gambaran seperti apa pemenang yang diharapkan oleh event ini, Vimantra adalah pemenang ajang Seedstars World 2013 untuk wilayah Hong Kong. Vimantra adalah startup yang bergelut dengan cloud video platform dan memperoleh pendapatan dari storage dan streaming. Di regional Singapura, pemenangnya adalah DockPHP yang mengembangkan editor untuk membuat situs yang mudah digunakan. Adakah startup yang lebih baik di bidang ini dari Indonesia? Jika iya berarti ada kesempatan bagi startup-startup kita untuk berjaya di ajang seperti ini.

Tak sabar memperoleh informasi lebih lanjut tentang kehadiran kompetisi Seedstars World di Indonesia? Tunggu kabar selanjutnya dari kami.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.